Loading...
Liputan

Cara Memelihara dan Merawat Burung Merpati Balap

Memilih burung merpati sebagai salah satu binatang peliharaan sangat penting untuk pecinta burung. Karena burung yang satu ini memiliki keunggulan tersendiri. Burung ini jarang dijadikan sebagai burung kicau yang bisa menghasilkan suara yang merdu, namun seringkali dijadikan sebagai burung yang mampu untuk terbang tinggi dan cocok dijadikan peliharaan sebagai burung untuk balapan.  Merpati merupakan sejenis burung yang memiliki bentuk yang cantik dan jinak, sehingga sangat mudah untuk memeliharanya. Burung merpati juga termasuk burung yang sangat setia kepada lawan jenisnya. Untuk memancing burung merpati yang jantan, Anda cukup membuat burung merpati betina untuk mengepakkan sayapnya. Sehingga burung merpati jantan pun dapat menghampirinya.

melatih merpati balap
melatih merpati balap


Bagi Anda yang gemar memelihara merpati sebagai burung balapan, tentu harus merawatnya dengan baik agar merpati bisa mengepakkan sayapnya dan menjadi pembalap terbaik. Ada beberapa hal yang perlu Anda ikuti dalam merawat burung merpati balap ini. Anda harus selalu memperhatikan gizi yang terkandung dalam makanan burung merpati kesayangan Anda ini. Dengan pemenuhan gizi yang tepat, maka burung merpati pun akan sanggup terbang dengan ketinggian yang sangat unggul. Adapun beberapa kandungan gizi yang penting untuk merpati adalah karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan juga mineral. Biasanya kandungan lemak dan karbohidrat bagi butung merpati ini terkandung dalam pakannya yang berupa beras merah ditambah dengan sedikit kedelai dan beras krosok.


Untuk menjaga kesehatan burung merpati sendiri, Anda juga harus rutin membersihkan sangkar merpati. Selain itu, sangkar merupakan tempat atau media burung menuju arena balapan. Bagi Anda yang ingin menjadikan burung merpati sebagai salah satu burung balapan. Maka sangkarnya harus memenuhi kriteria yang cocok agar burung bisa bebas mengepakkan sayapnya saat ia dikeluarkan dari dalam sangkarnya. Bentuk sangkar dari burung merpati ini jangan terlalu besar dan juga jangan terlalu berat. Sebaiknya buat sangkar burung dengan material yang paling ringan. Usahakan juga agar sangkar selalu bersih tanpa adanya benda-benda yang bisa membuat burung merasa tidak nyaman. Sangkar burung juga sebaiknya harus dibuat dengan bentuk bersap dua, terdiri dari bagian bawah dan atas.

memberi pakan merpati balap memberi pakan merpati balap


Dengan merawat burung merpati ini, baik dengan memperhatikan bentuk asupan gizi yang terdapat di dalamnya maupun bentuk sangkar untuk membuat merpati lebih unggul ketika terbang dan mengepakkan sayapnya. Untuk memelihara burung ini sebagai burung balapan, tentu Anda harus selalu melatih burung merpati agar terbiasa sehingga membuat merpati bisa melampaui ketinggian terbang dari burung lainnya. Cara ini juga harus diimbangi dengan pemberian makanan yang benar-benar berkualitas dan bagus untuk memberikan stamina yang kuat pada burung merpati. Jika Anda sudah mahir untuk merawat burung yang satu ini, maka Anda juga bisa berbisnis jual beli merpati balapan.

Trending artikel yang sedang hits:
  1. suara burung dara

About the author

Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Comment