Cara Membuat Napas Merpati Kuat dan Panjang saat Dilombakan

Home | Burung Merpati | Cara Membuat Napas Merpati Kuat dan Panjang saat Dilombakan

Burung merpati merupakan jenis burung yang banyak dipelihara di rumah. Burung ini menjadi salah satu burung yang sering diperlombakan. Namun bagaimana cara membuat napas merpati kuat dan panjang saat lomba?

Ada cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya. Dibutuhkan cara tersebut agar merpati bisa menang saat lomba.

Burung merpati harus memiliki napas yang panjang agar mampu terbang tinggi. Jika napasnya kuat, burung tersebut juga tidak mudah lelah.

Merpati saat perlombaan akan memiliki performa yang bagus dan bisa menang. Jika burung tidak memiliki napas panjang bisa berakibat fatal. Burung bisa mengalami pingsan, jatuh, menabrak, hingga stres.

Berbagai Cara Membuat Napas Merpati Kuat dan Panjang saat Dilombakan

Nafas bagi makhluk hidup untuk pembakaran energi dalam tubuh. Semakin lancar pernafasan, semakin besar energi yang dihasilkan.

Begitu juga dengan merpati. Melatih pernafasan merpati agar lebih kuat adalah salah satu tips agar dapat memenangkan perlombaan. Pasalnya, saat terbang, burung ini tentu membutuhkan banyak energi.

Ada beberapa cara agar napas merpati lebih kuat dan panjang. Anda bisa menggunakan cara ini untuk melatih napas merpati saat ingin ikut lomba. Cara tersebut diantaranya:

Burung merpati akan menjadi sehat dan kuat dengan cara dijemur. Penjemuran merpati bisa dilakukan mulai pukul 8-10 pagi.

Cara ini dapat dipercaya mampu membuat burung merpati memiliki napas yang kuat. Sinar matahari banyak mengandung vitamin D. Vitamin D merupakan vitamin yang bagus untuk tubuh.

Cara melatih napas burung merpati selanjutnya yaitu dengan latihan fisik. Anda bisa melakukan latihan dengan menerbangkan merpati dengan jarak yang cukup jauh.

Lakukan dengan bertahap. Latihan harus ditingkatkan untuk melatih nafasnya. Jangan sampai latihan ini justru menurun. Saat melakukan kegiatan latihan fisik imbangi dengan istirahat.

Berikan waktu untuk istirahat yang cukup. Setelah selesai latihan, berikan waktu untuk merpati beristirahat. Jika tidak diimbangi istirahat yang cukup, burung akan drop. Sehingga saat dilombakan akan kelelahan.

Selain cara di atas, ada juga racikan untuk merpati. Racikan ini cukup digunakan agar merpati memiliki napas yang bagus.

Anda bisa meracik jamu tersebut dengan takaran yang tepat. Berikan racikan jamu tersebut dan biarkan burung beristirahat. Jangan biarkan racikan jamu tersebut bercampur dengan pakan yang memiliki efek panas.

Misalnya saja, jahe, lada, daging dan yang lainnya. Hal ini justru dapat mengganggu konsentrasi saat balapan.

Membuat napas burung merpati agar kuat dan panjang dapat dipengaruhi banyak faktor. Merpati yang sehat kandangnya juga harus bersih.

Hal ini dikarenakan merpati selalu menghabiskan banyak waktu di kandang. Jika kandang kotor dan berjamur tentunya dapat mempengaruhi pernapasannya. Bersihkan kandang secara rutin.

Jangan biarkan kotorannya menjadi bibit penyakit. Kotoran burung yang menjamur dapat berakibat merusak pernapasan burung.

Saat melatih burung merpati, sebaiknya berada di tempat yang sejuk. Bisa melatihnya di sawah, perkebunan, ladang dan lapangan sekalipun.

Jangan biarkan burung merpati berada di area yang ramai agar tidak tertabrak kendaraan. Selain itu, asap kendaraan juga mengganggu pernapasan.

Burung merpati merupakan jenis burung yang dilombakan. Cara membuat napas merpati kuat dan panjang saat lomba bisa anda lakukan sendiri.

Latihan pernapasan ini sangat berguna bagi merpati saat lomba. Memiliki performa yang bagus dan napas yang kuat bisa menghasilkan merpati menang lomba.

About dr.gaplek

Check Also

Beberapa Tips Beternak Burung Lovebird Bagi Pemula yang Menguntungkan

Home | Burung Lovebird | Beberapa Tips Beternak Burung Lovebird Bagi Pemula yang MenguntungkanTernak burung …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *