Loading...
Perawatan

Cara Membedakan Ciri-ciri Jalak Suren Jantan dan Betina

Cara membedakan ciri-ciri Jalak Suren jantan dan betina memang terbilang mudah, namun bagi anda yang kurang memahaminya jelas menjadi sulit. Maka dari itu kami ingin berbagi informasi mengenai hal tersebut untuk anda semua. Namun sebelumnya kami ingin mengenalkan terlebih dahulu burung jalak suren yang satu ini.


Dimana memang Jalak Suren sangat dikenal di komunitas kicau mania dengan kicauannya yang khas. Bahkan burung yang satu ini memiliki kemampuan layaknya burung beo. Dengan gaya yang menirukan kicauan burung lain atau bahkan suara manusia membuat banyak orang menyukai burung yang mungil ini. Maka sangat tidak mengherankan jika banyak kicau mania tanah air maupun manca Negara mengincar burung burung ini.


Dan perlu anda ketahui juga bahwa burung ini merupakan pembantu para petani, dimana burung ini memiliki paruh lancip. Yang kerap membasmi serangga serangga yang menjadi perusak hasil panen. Dengan kicauan yang mampu memanggil kelompoknya membuat burung ini sangat dicintai oleh para petani hingga saat ini.


Akan tetapi tentu kicauan antara Jalak Suren jantan dan betina berbeda, dan sebagai pecinta burung anda harus bisa membedakannya. Oleh karenanya, dalam menambah wawasan anda akan lebih baik untuk mengetahuinya. Dan berikut cara membedakan ciri-ciri Jalak Suren jantan dan betina yang sudah kami rangkumkan.


membedakan-jalak-suren-jantan-dan-betina


membedakan-jalak-suren-jantan-dan-betina


Postur tubuh yang cenderung lebih besarTubuh nya memiliki bentuk yang terlihat lonjong dan panjangUkuran kepala yang cenderung lebih besarJemari kaki yang terlihat lebih kokohWarna bulu yang terdapat pada bagian kepala, dada, serta punggung umumnya hitam mengkilapNamun warna dibagian atas mata umumnya lebih cerahBulu putih dibagian bawah terlihat lebih bersihEkor cenderung lebih panjang dan bulu menyatuDisaat Jambul mengembang terlihat lebih besar dan lebarPostur yang relative lebih kecilBentuk tubuh yang cenderung lebih membulat dan relative pendekKepala terlihat lebih rampingSisi paruh yang lebih pendek dari jantanWarna bulu hitam dan putih pada bagian tubuh cenderung lebih kusam dan memudarBulu pada ekor cenderung lebih pendek dan halusJari jemari yang lebih pendekJambul pun tidak terlelu lebar dan pendek

Yang memang untuk para pemula terkadang sulit untuk menerapkan ciri ciri diatas. Akan tetapi jika anda perhatikan dengan baik, seiringnya dengan waktu anda bisa melihatnya degan cukup jelas. Dan ada beberapa cara lain untuk bisa membedakan jenis kelamin dari burung ini. Seperti memerhatikan kulit di area dubur, dimana jika berwarna gelap umumnya jantan. Ada pula cara membedakan ciri-ciri Jalak Suren jantan dan betina dari gerakannya, yang mana jika jantan akan lebih agresif.

About the author

Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Comment