Home / Perawatan / Cara Membedakan Burung Parkit Jantan Dan Betina Akurat

Cara Membedakan Burung Parkit Jantan Dan Betina Akurat

untuk kita yang hendak membeli dan memelihara Burung Parkit sebaiknya wajib tahu ciri-ciri perbedaan parkit jantan dan betina. Dengan mengetahui jenis kelaminnya tentunya hal ini menjadi keuntungan kita sendiri. Jikalau kita Bisa mendeteksi apakah burung parkit berjenis kelamin jantan atau betina akan memudahkan kita saat hendak ingin beternak burung paruh bengkok cantik yang dikenal dengan nama Parkit ini.

cara membedakan burung parkit jantan dan betina


Dalam penangkaran burung tentunya peternak wajib menyiapkan sepasang parkit jantan dan betina. Namun terkadang di karenakan ketidaktahuan penangkar burung parkit yang diternak tersebut sama-sama jantan ataupun sebaliknya. Dengan begitu burung parkit yang diternak tak akan pernah menghasilkan anakan, ya di karenakan kedua indukan berjenis kelamin sama. Simak beberapa poin berikut mengenai tips membedakan parkit jantan dan betina yang akurat.


Cara Membedakan Parkit Jantan Dan Betina


1. Warna cere


perbedaan burung parkit jantan dan betina


Warna cere atau suatu warna khas yang dimiliki parkit jantan dan betina. Dimana warna cere ini terletak di bagian atas paruh atau sekitar di lubang hidung. Adapun Parkit Jantan mempunyai cere berwarna biru sedangkan Parkit Betina mempunyai cere berwarna putih, coklat muda bahkan terkadang warnanya krem. Asterik ini menjadi Disorientasi satu cara akurat dan ampuh dalam menentukan jenis kelamin di burung parkit.


2. Suara kicauan
Umumnya suara parkit jantan terdengar lebih aktif dan lebih kencang sementara parkit betina biasanya cendrung lebih pasif dan volume suaranya lebih lirih. Sehingga hal ini juga Bisa menjadi Asterik dalam menentukan jenis kelamin Parkit. Tapi pastikan usianya sudah cukup dewasa, sebab apabila dewasa normalnya sudah Bisa berbunyi.


3. Birahi
di usia sekitar 8 bulanan maka antara parkit pejantan dan juga betina akan menunjukan beberapa ciri birahinya seperti pejantan akan meloloh atau menyuapinya di burung betina, sedangkan si betina hanya akan mau disuapi. Hal ini akan terjadi bila kedua burung disatukan dalam satu sangkar.


Sebenarnya cara membedakan parkit jantan dan betina agak sulit bila usianya masih muda atau anakan, sedangkan bila usianya sudah dewasa pastinya akan lebih mudah lagi. di karenakan kondisinya sudah matang kelamin, sehingga ciri-ciri khas di parkit betina dan jantan terlihat lebih jelas seperti Asterik di warna cere atau warna di bagian lubang di hidungnya. 

Loading...

About Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pasang Iklan anda. Hubungi SMS 087888327888