Loading...
Perawatan

Cara Membedakan Burung Kenari Merah Wortel Asli dengan yang Palsu

Burung kenari memang sangat familiar ditengah para pecinta burung, selain cara memeliharanya yang simpel dan tak ribet, burung kenari juga merupakan burung yang bersahabat , harganya tak begitu mahal apalagi yang Lokal dan Kenari Bond , namun ada pula kenari yang agak mahal seperti kenari merah wortel.


Kenari merah wortel ini merupakan kenari yang banyak dicari dan memang harganya agak mahal di karenakan warnanya yang berbeda dari kenari biasanya, ditengah kondisi tersebut kita wajib berhati-hati saat ingin membeli burung kenari yang merah wortel ini, di karenakan ada juga para pedagang yang memanfaatkan kondisi tersebut dengan cara mencurangi pembeli .Cara curang pedagang nakal ini merupakan dengan membagikan pigmen racikan yang dicampur di makanan sehingga bulu kenari yang bukan wortel akan berubah menjadi merah wortel, jangan terkecoh dengan warna ini, ada juga cara lain yang digunakan yaitu dengan memandikan kenari target dengan cairan warna merah dengan cara berulang-ulang sehingga bulu akan ditumbuhi warna merah,  supaya tak menjadi korban penipuan  sebaiknya kita lakukan hal berikut dibawah ini sebelum membeli kenari merah wortel :


Lihatlah ring di kaki kenari : penjual yang jujur biasanya memasangi kenarinya dengan ring yang ditujukan sebagai identitas burung , hasil persilangan dan keturuan kenari mana burung tersebut.


Periksa bagian bulu , kaki , dan paruhnya : apabila warnanya terlalu mencolok dan terlihat luntur saat makan , besar kemungkinan kenari itu merupakan palsu.


Cabutlah  bulu di bagian dada : cara ini sebenarnya lebih di kesabaran , di karenakan kita dituntut menunggu hingga bulu baru tumbuh, sehingga kelihatan bulu aslinya itu bagaimana, namun cara ini cukup sulit di karenakan penjual pasti melarangnya, untuk itu kita wajib betul-betul mengenali kredibilitas sang penjual, bila dia sudah dikenal jujur dan profesional maka kita tak usah ragu lagi.

About the author

Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Comment