Loading...
Perawatan

Cara Membedakan Burung Kacer Jantan dan Betina, Ciri Fisik dan Suara

Kicau mania tentunya harus mengetahui cara membedakan burung kacer jantan dan betina, ciri fisik dan juga suara nya. Pasalnya dengan begitu anda bisa melakukan banyak hal dan sangat berpengaruh pada kualtas dari kiacauannya. Dan mungkin akan berpengaruh juga pada isi dompet anda, yang mana ada perbedaan harga antara burung kacer jantan dan betina.


Burung yang satu ini merupakan salah satu burung yang memiliki kekerabatan dari sisi genus dengan Murai Batu. Dimana Murai batu memiliki genus yang sama yakni genus Copsycus. Cirinya yang khas dan unik membuat banyak yang menyukai burung tersebut. Dari gaya sewaktu bertengger, gaya khasnya sewaktu bernyanyi dan lain sebagainya. Dan burung ini memang berkembang di kawasan asia tenggara yang memiliki ketinggian tidak lebih dari 1000 meter.


cara-membedakan-burung-kacer-jantan-dan-betina

Cara Membedakan Burung Kacer Jantan dan Betina


Di tanah air ini, burung kacer merupakan salah satu burung yang diminati karena kicauannya. Maka sangat tidak mengherankan jika dibeberapa forum komunitas kicau mania burung ini selalu ada diperbincangkan. Maka dari itu, jika anda baru saja menjadi penikmat kicauan brung yang satu ini, anda harus mengetahuinya. Lalu bagaimana cara membedakan burung Kacer jantan dan betina, ciri fisik dan suara nya? Simak ulasannya berikut.


Kacer Jantan

Memiliki bentuk tubuh yang lebih rampingDada yang tidak terlalu membusung atau dikenal juga dengan merata dan datarPosisi berdiri yang terlihat lebih tegapUmumnya terdapat bintik di lidahnya (1-2 bintik)Bentuk kepala yang cenderung persegi panjang, dan sisi atasnya datarWarna paruh yang umumnya ada bagian hitamnya, dan cenderung lebih pendekWarna bulu sayap dan punggung yang cenderung hitam legam

Kacer Betina

Postur tubuh yang cenderung lebih bulatDada yang lebih membusung atau ada penonjolanPosisi berdiri yang tidak terlalu tegap, cenderung lebih bungkukBentuk kepala yang lebih bulat lonjongUmumnya paruh cenderung lebih panjangWarna bulu dibagian punggung cenderung keabu-abuan

Yang tentunya metode diatas bisa terblang akan lebih mudah jika dilakukan saat kacer sudah lebih dewasa. Yang mana cukup dengan memperhatikan bulu dibagian kepalanya. Jika memiliki warna hitam legam mengkilat bisa dipastikan sebagai kacer jantan. Hanya memang pengetahuan akan membedakan burung kacer ini bisa saja diperlukan saat burung masih anakan atau dikenal juga dengan sebutan trotol.


Demikianlah informasi yang bisa kami hadirkan pada kesempatan ini. Yang tentunya dengan harapan bahwa cara membedakan burung Kacer jantan dan betina, ciri fisik dan suara yang kami hadirkan bisa membantu dan bermanfaat.

Trending artikel yang sedang hits:
  1. sikatan sisi gelap gacor

About the author

Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Comment