Loading...
Pengetahuan

Cara melatih kenari agar bersuara panjang

kenari bersuara panjangBurung kenari yang mampu berkicau dengan suara yang panjang tentu bisa membanggakan pemiliknya. Selain bisa menarik perhatian ketika dilombakan , kenari dengan suara yang panjang juga banyak dicari terutama untuk dimanfaatkan sebagai burung masteran bagi burung peliharaan jenis lain seperti cucak hijau, murai batu atau lovebird .

Melatih suara kenari agar bisa menjadi lebih panjang bisa dilakukan dengan cara memberikan pelatihan pernafasan yang teratur pada burung tersebut. Namun bagaimanapun semua tergantung dari karater atau volume suara yang dimiliki loleh kenari tersebut, kalau kenari pada dasarnya mempunyai volume suara yang kecil maka melatihnya tentu tidak akan mempengaruhi karakter atau volume suara kicauannya. 


Berikut bagaimana melatih kenari agar memiliki suara yang lebih panjang:

Melatih suara kenari dilakukan dengan melatih pernafasannya secara teratur, dan hal itu bisa dilakukan dengan menyediakan kandang umbaran dengan ukuran minimal 2×1 meter yang dilengkapi dengan dua buah tenggeran yang dipasangkan dari ujung ke ujung (berjauhan). 

Selama melatih dalam kandang umbaran bisa juga dilakukan sambil menjemur burung, namun penjemuran dengan kandang umbaran biasanya berlangsung tidak terlalu lama atau cukup selama 15 – 20 menit saja, setelah itu kandang umbaran dipindahkan ke tempat teduh atau bagian atapnya diberi peneduh. 

Pelatihan sebaiknya berlangsung rutin setiap hari dan dilakukan pada pagi dan sore hari dengan durasi pelatihan selama 1 – 2 jam.

Selama pelatihannya itu makanan biji-bijiannya sebaiknya tidak disediakan, tetapi anda bisa memberikan burung tersebut daun mengkudu muda atau oyong, sedangkan untuk air minum yang diberikan adalah air larutan yang diberikan setelah burung kenari tersebut di jemur dan diberikan hanya ketika burung tersebut sedang berada dalam kandang umbarannya saja ( setelah berada dalam sangkar hariannya air minum yang diberikan adalah air biasa).  

Selain melatih pernafasan burung melalui kandang umbaran, melatih agar burung bersuara panjang juga bisa dilakukan dengan melakukan pemasteran dengan suara kenari yang mempunyai suara yang panjang. 

Video suara kicauan burung kenari 



Namun faktor terpenting dalam melatih burung kenari agar bersuara panjang adalah menyediakan dan melengkapi kebutuhan burung akan nutrisi yang bisa diperolehnya dari pakan harian dan tambahannya. 

Semoga bermanfaat

About the author

Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Comment