Cara Budidaya Merpati yang Baik dan Benar Agar Sukses

Cara budidaya Merpati menjadi peluang bisnis yang bisa ditekuni oleh setiap orang. Terutama bagi mereka yang memiliki hobi memelihara burung.

Secara ekonomis, Merpati sendiri memiliki harga jual yang cukup tinggi. Mengingat karakteristiknya yang unik, tak heran bila Merpati memiliki banyak peminat.

Cara Budidaya Merpati yang Baik dan Benar Agar Suksesberitagar.id

Sudah banyak kita jumpai, berbagai jenis Merpati ditawarkan di pasaran untuk dijualbelikan. Bukan hanya bentuk tubuh dan warna bulunya yang unik, Merpati juga memiliki suara khas yang menarik untuk didengar.

Pemeliharaan burung ini pun sangatlah mudah, tidak perlu membutuhkan perawatan yang mahal. Begitu pula cara membudidayakannya, cukup simpel, dan tak butuh waktu lama.

Sebelum mengawali tahapan budidayanya, maka yang perlu kita ketahui adalah perbedaan Merpati jantan dan betina terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk memberikan tingkatan keberhasilan dalam tahap budidaya yang dilakukan.

Membedakan ciri jantan dan betinanya pun juga tidaklah sulit. Merpati jantan memiliki ciri paruh yang tebal, kepala besar dan panjang, serta memiliki leher yang besar.

Sedangkan untuk Merpati betina, memiliki leher yang lebih kecil, tulang kaki lebih ramping dengan jari kaki yang lebih pendek, dan bentuk kepala rata serta halus.

Setelah mengetahui ciri Merpati jantan dan betina dengan pasti dan benar, maka cara budidaya Merpati siap untuk dimulai.

Langkah awal yang harus anda lakukan untuk membudidayakan Merpati adalah persiapan bibit. Dalam tahapan ini, kita harus mencari bibit yang unggul dan sehat.

Semakin baik kualitas dari calon indukan Merpati, maka akan menghasilkan telur serta anakan yang baik pula. Selain itu, juga memberikan keberhasilan budidaya yang lebih tinggi.

Untuk mengetahui ciri-ciri indukan Merpati yang unggul diantaranya tidak cacat, sehat, memiliki bulu yang bagus, di bagian ujung sayapnya tidak turun, apabila ditangkap Merpati jantan maupun betina memiliki respon yang sangat baik untuk melakukan perlawanan.

Cara budidaya Merpati yang berikutnya adalah persiapan kandang. Pada tahapan ini, terdapat 2 persiapan kandang yang dapat digunakan.

Bagi anda yang ingin melakukan budidaya Merpati, maka dapat memilih persiapan kandang yang paling efektif dan efisien untuk digunakan.

Cara Budidaya Merpatifaunadanflora.com

Sistem kandang kurung merupakan cara membudidyakan Merpati dengan tidak melepasnya dari dalam sangkar. Sistem ini dapat anda lakukan, pada dasarnya cara ini dapat berhasil tetapi efek yang ditimbulkan kurang bagus.

Merpati tidak memiliki pergerakan yang leluasa, atau dengan kata lain sistem kandang kurung ini dapat menghambat pergerakan Merpati sendiri. Sehingga mempengaruhi perkembangannya

Jenis persiapan kandang selanjutnya adalah sistem lepas kandang. Dari istilahnya saja kita sudah mengetahui maksud dari sistem ini.

Merpati dibiarkan lepas dari kandangnya begitu saja. Meskipun baik untuk Merpati, tetapi sistem ini juga memiliki kekurangan, yaitu anda akan kesulitan untuk mengenali karakter Merpati yang akan dibudidayakan.

Cara budidaya Merpati selanjutnya, yaitu pada tahapan perawatan. Perawatan ini terdiri dari pembersihan kandang yang rutin, pemberian makanan yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi Merpati, Merpati rajin dimandikan dan dilakukan penjemuran.

Dalam tahapan penjodohan ini, Merpati jantan maupun betina saling didekatkan dengan cara dimasukkan ke dalam kandang yang sama. Jika keduanya memiliki kecocokan, maka masing-masing Merpati jantan dan betina akan mengepakkan sayapnya.

Tujuan dari penjodohan ini agar Merpati jantan dan betina saling mengenal satu sama lain untuk memperlancar proses perkawinan.

Cara budidaya Merpati akan masuk ke tahap selanjutnya yaitu proses perkawinan. Setelah proses perkawinan berlangsung, tak selang waktu lama, Merpati betina akan mengeluarkan telur.

About dr.gaplek

Check Also

Cara Menangkarkan Burung Gelatik Jawa yang Hasil Anakannya Bagus

Home | Burung Gelatik | Cara Menangkarkan Burung Gelatik Jawa yang Hasil Anakannya BagusCara menangkarkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *