Cara Budidaya Angsa Putih, Cocok Sebagai Peluang Usaha

Mengetahui cara budidaya Angsa Putih dapat memberikan peluang usaha sekaligus keuntungan yang cukup besar. Mengingat banyaknya minat masyarakat yang tinggi terhadap Angsa Putih, baik daging atau telurnya, membuat unggas sekaligus burung air ini marak dibudidayakan.

Harga jualnya pun terbilang cukup mahal, sehingga memudahkan bagi para peternak Angsa Putih untuk meraup keuntungan yang sebanyak-banyaknya.

Bukan hanya itu saja, cara membudidayakan Angsa Putih juga terbilang sangat mudah. Tak perlu membutuhkan modal yang banyak, tetapi pemasukan yang didapatkan cukup lumayan.

Cara Budidaya Angsa Putih
berwirausaha.net

Angsa Putih sendiri merupakan salah satu jenis burung air dengan ukurannya yang besar serta memiliki kemampuan untuk terbang. Pada umumnya, Angsa Putih tinggal dan hidup di iklim sedang.

Dengan segala kemampuannya, Angsa Putih dapat mencari makanannya di darat maupun di air. Dapat memangsa hewan kecil, bahkan terkadang dapat memanfaatkan tumbuhan di sekitarnya, seperti akar-akaran, daun tanaman air, atau batangnya.

Meskipun demikian, Angsa Putih ini sangat mudah dibudidayakan, mempunyai daya tahan tubuh yang sangat baik, serta tidak mudah terserang penyakit. Agar memudahkan usaha anda untuk membudidayakan Angsa Putih ini, maka tak ada salahnya untuk menyimak ulasan berikut ini tentang cara budidaya Angsa Putih.

Langkah awal yang perlu diperhatikan ketika hendak membudidayakan Angsa Putih, maka pemilihan kandang yang tepat menjadi faktor yang penting untuk diperhatikan. Biasanya, kandang tersebut harus diletakkan pada lokasi yang baik dan juga strategis.

Mengingat Angsa Putih memiliki kebiasaan ribut setiap merasa terganggu, ada baiknya memilih lokasi yang jauh dari kondisi yang sekiranya dapat mengganggu kenyamanan Angsa Putih tersebut. Terkadang lokasi yang paling umum digunakan adalah di belakang rumah atau di samping rumah.

Jarak yang dekat dengan rumah anda, juga memberikan kemudahan untuk memelihara dan mengurusnya. Pastikan kandang yang akan dibuat berukuran besar. Hal ini dilakukan agar dapat menyesuaikan dengan ukuran tubuh Angsa Putih.

Cara budidaya Angsa Putih yang tak kalah pentingnya untuk dilakukan adalah dengan memilih bibit Angsa Putih yang ingin dijadikan bakal calon indukan yang unggul dan berkualitas. Bibit yang unggul memiliki beberapa ciri-ciri khusus yang dapat diperhatikan. 

Diantaranya adalah memiliki silsilah keturunan yang baik, tampak sehat, tidak terserang penyakit, dan bertubuh lengkap atau tidak cacat. Selain itu, juga memiliki respon yang sangat baik.

Berawal dari bibit Angsa Putih yang unggul tentu saja akan menghasilkan anakan yang sama berkualitas. Selain itu, juga dapat menghasilkan jumlah telur yang lebih banyak.

Cara Budidaya Angsa Putihternakangsa2u.blogspot.com

Cara budidaya Angsa putih selanjutnya adalah dengan memberi pakan yang bernutrisi tinggi. Dengan makanan yang bernutrisi tinggi ini, tentu saja akan membuat indukan Angsa Putih tetap sehat selama proses perkawinannya berlangsung.

Pada dasarnya, jenis makanan Angsa Putih tidak jauh berbeda dengan unggas pada umumnya. Sehingga dalam mendapatkannya terbilang sangat mudah.

Diantaranya berbagai jenis tumbuhan, hewan kecil, atau dedak beras. Untuk mendapatkan pertumbuhan indukan yang bagus, pemberian pakannya dilakukan sebanyak dua kali dalam sehari, yaitu pada pagi dan sore hari. Ketika siang hari, Angsa Putih ini dapat dilepas untuk mencari dan menemukan jenis makanannya sendiri.

Dalam proses perkawinan Angsa Putih, pemilihan pasangan yang tepat dapat dilakukan dengan sendirinya, yaitu cukup masukkan Angsa Putih, baik jantan maupun betina di kandang yang sama. Selang beberapa waktu, Angsa Putih akan menemukan pasangannya dan segera birahi untuk melakukan perkawinan.

Sebagai tahapan terakhir cara budidaya Angsa Putih, setelah proses perkawinan selesai, Angsa Putih betina akan mengeluarkan telur dan mengeraminya. Jika anda ingin memanen telurnya, dapat langsung diambil, akan tetapi jika ingin memanen anakannya, tunggu sampai indukan selesai mengerami hingga telur menetas.

About dr.gaplek

Check Also

Cara Menangkarkan Burung Gelatik Jawa yang Hasil Anakannya Bagus

Home | Burung Gelatik | Cara Menangkarkan Burung Gelatik Jawa yang Hasil Anakannya BagusCara menangkarkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *