Loading...
Perawatan

Cara Ampuh supaya Lovebird Betina Cepat Bertelur

Cara membuat lovebird cepat bertelur sangatlah banyak, untuk kalian yang sedang mengembangbiakan burung pasti tahu bagaimana cara membuat sang betina mau bertelur. Akan akan tetapi ada saatnya dimana birahi betina turun, hal ini yang akan mempengaruhi lamanya proses pengembangbiakan.

Untuk mengatasi ini sebaiknya kalian membagikan makanan yang berfungsi untuk merangsang birahi betina supaya kembali meninggi, makanan tersebut Bisa berupa:

lovebird betina bertelur, lovebird bertelur, lovebird betina

a. Kangkung
b. Biji bunga matahari
c. Jagung muda

Makanan di atas memang dipercaya ampuh untuk melonjakkan birahi lovebird (baca juga: cara membuat lovebird cepat birahi). Namun selain melonjakkan birahi betina, kalian juga wajib membuat sang betina nyaman dan siap untuk bertelur. Lalu bagaimana caranya untuk membuatnya nyaman? Berikut ulasannya.

Cara Membuat Betina Mau untuk Bertelur 
Selain membuat birahi betina meningkat, ternyata ada hal lain yang wajib kalian lakukan untuk membuat betina mau dan siap untuk bertelur (baca juga: penyebab lovebird sulit bertelur). Nah adapun cara-cara tersebut yaitu:

1. Tempatkan pasangan lain di suatu tempat yang sama 
kalian Bisa meletakan burung yang sedang mengerami telur di dekat indukan betina yang belum bertelur. Kenapa hal ini dilakukan? Tujuannya untuk memancing indukan tersebut supaya mau untuk bertelur, suara erangan dari betina yang sedang mengerami telur akan membuat betina yang belum bertelur menjadi ingin bertelur. Akan akan tetapi wajib kalian ingat, jangan satukan kedua pasangan ini dalam satu sangkar yang sama.

2. Gunakanlah lampu full spektrum
Lampu ini akan mempercepat proses bertelur si betina, kenapa demikian? di karenakan lampu ini mempunyai suhu warna sekitar 5500, jadi Bisa dibilang sangat tenang dan sejuk untuk proses bertelur. Sebaiknya selalu gunakan lampu full spektrum di kandang lovebird, dengan tujuan supaya sang betina mau untuk bertelur dengan kondisi yang nyaman. bila wajib kalian juga Bisa memakai timer di lampu tersebut, supaya bila malam hari lampu tersebut mati dan burung kalian pun lebih nyaman untuk beristirahat.

3. Atur menu makanan 
bila kalian ingin sang betina cepat bertelur maka gantilah menu makanannya dengan menu makanan yang Bisa merangsang proses bertelur. Makanan tersebut Bisa berupa tauge, kangkung, kwaci. Jagung muda, atau tulang sotong. Makanan di atas sangat ampuh untuk melonjakkan peluang bertelur lovebird, jadi bila ingin burung kalian cepat bertelur maka cobalah untuk memakai pakan di atas (baca juga: makanan terbaik untuk lovebird).

4. Pemasangan kotak sarang yang tepat 
supaya proses bertelur dan pengeraman lancar sebaiknya kalian buatkan kotak sarang yang tepat. Gunakan kotak sarang yang tak terlalu besar dan tak pula terlalu kecil, untuk pintunya sesuaikan dengan ukuruan tubuh burung kalian. Selain itu kalian juga wajib menyiapkan serutan Ebonit setebal 2,5 cm untuk sarang burung di dalam kotak (baca juga: bahan untuk sarang lovebird).

5. Pemberian suplemen untuk burung 
Suplemen akan melonjakkan peluang bertelur lovebird, jadi bila kalian ingin burung ini cepat betelur maka cobalah untuk membagikan suplemen untuk merangsang proses bertelur. Tapi ingat, sebaiknya gunakan suplemen yang sudah terpercaya, Disorientasi satunya yaitu OrBird. Hal ini untuk menghindari hal yang tak diinginkan di burung kalian, selain itu pemberian suplemen yang kurang tepat kemungkinan akan mengakibatkan penurunan kesehatan di burung (baca juga: tips supaya lovebird tetap sehat).

Demikianlah cara membuat betina lovebird cepat bertelur, jadi bila kalian ingin burung kalian cepat berkembangbiak maka cobalah untuk memakai cara-cara di atas. Selain cara di atas kalian juga wajib bijak dalam memilih indukan yang kalian kawinkan, pilihlah indukan yang bagus dan bagus supaya menghasilkan keturunan yang bagus pula.

About the author

Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Comment