Cara Ampuh Murai Batu Bongkar Isian Saat Lomba

Posted on

Cara Ampuh Murai Batu Bongkar Isian Saat Lomba

Master Ngekek – Murai batu merupakan jenis burung yang memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi dan memiliki ciri khas gaya yang unik. Biasanya burung murai batu dengan sangat mudah menirukan suara-suara burung masteran atau burung kicau lain nya. Biasanya burung murai batu menyimpan pada memori otak nya apa yang Ia dengar dari suara burung-burung kicau lain nya. akan tetapi burung murai batu ini jarang sekali mengeluarkan suara dari burung lain pada saat dirumah. Mungkin hanya sesekali dikeluarkan, itupun dengan suara lirih/ngeriwik. Akan tetapi, burung yang memiliki ciri ekor panjang ini akan mengeluarkan suara burung lain/isian pada saat bertemu lawan.

Namun begitu, burung murai batu ini tidak selalu mengeluarkan isian pada saat bertemu burung sejenisnya. Tidak mudah membuat murai batu mau mengeluarkan / membongkar isian nya pada saat dilombakan. Tidak semua murai batu mau mengeluarkan materi isiannya, padahal pada saat di trek dengan 2 atau 3 lawan burung ini mau mengeluarkan isian.

Lomba Burung Murai Batu

Hal ini sangat lah memusingkan pecinta murai batu. Bagaimana tidak, pada saat dilombakan burung hanya mengeluarkan beberapa materi isian dan kemudian hanya ngeban-ngeban saja. Bahkan banyak burung murai batu pada saat dilombakan hanya ngekluk dan ngeban saja. Mungkin ada beberapa faktor penyebab burung murai batu tidak mau mengeluarkan materi isian nya. Maka dari itu, diperlukan upaya dan perhatian khusus beberapa hal berikut ini.

Baca Juga : Rahasia Rawatan Lovebird Juara

1. Perawatan Yang Tepat 

Kunci utama kerja bagus atau tidak nya burung ditentukan oleh peratawan hariannya. Semakin baik dan benar perawatanya, maka kerja burung juga akan masimal. Pada dasarnya, perawatan burung harian adalah kekonsistenan kita. Artinya, pada setiap harinya burung dipelakukan sama dengan hari sebelum nya. Misal nya pada hari ini burung diberikan EF Jangkrik 3 ekor pada pagi hari dan 3 ekor pada sore hari. Lakukan hal ini secara terus menerus setiap hari. Memandikan murai batu lakukan 2 hari sekali setiap pagi. Burung murai batu setiap pagi dilakukan pengembunan pada pagi hari secara rutin untuk  menjaga kesetabilan birahinya. Usahakan perawatan harus konsisten agar sesuai apa yang kita harapkan.

2. Pahami Karakter Burung

Selain melakukan perawatan yang benar, kita perlu memahami karakter burung itu sendiri. Memahami karakter burung ini memerlukan dan memakan waktu yang lama. Setidak nya 2 sampai 3 bulan untuk mendalami kemauan  dan karakter burung itu sendiri. Diharapkan dalam waktu yang lama ini kita bisa menemukan kelemahan dan kekurangan burung kita dengan maksimal.

3. Sering Berlatih Kelapangan

Jangan ragu-ragu untuk membawa burung anda ke arena perlombaan. Tidak perlu mengikuti lomba, burung anda digantangkan dipinggir dekat keramaian burung-burung lain nya agar burung anda terbiasa dengan suasana lomba. Hal ini dilakukan kerapkali membantu burung murai batu anda bongkar isian. Sesekali ikut sertakan burung ada di perlombaan kecil/latberan. Adaptasi dengan lingkungan lomba dengan lingkungan sehingga burung anda tidak segan untuk mengeluarkan materi isian nya ketika berhadapan dengan lawan.

4. Persiapan Sebelum Kelapangan

Pada dasarnya, pengkondisian burung murai batu dilakukan 2-3 hari sebelum akan dilombakan. H-3 sebelum lomba, lakukan perawatan secara intensif. Kerodongkan burung sejak H-3, agar burung menyimpan banyak tenaga. Pada H-1, berikan murai batu full EF kroto sampai dengan hari H.

Semoga dengan ringkasan ini dapat membantu anda dari masalah murai batu yang tidak mau bongkar isian pada saat lomba. Demikian informasi Cara Ampuh Murai Batu Bongkar Isian Saat Lomba semoga bermanfaat. Terimakasih Kunjungan nya. Salam Kicau Mania.

Loading...