Cara Ampuh Agar Pleci Cepat Gacor dan Ngalas

Posted on

Master-Ngekek – Pleci merupakan jenis burung yang memiliki ukuran tubuh mungil. Walau burung pleci memiliki tubuh mungil, ia termasuk kedalam kategori burung cerdas yang mampu menirukan suara-suara burung kicauan lain nya. Suara nya yang merdu dan lantang, merupakan salah satu alasan pecinta pleci mania. Tingkat variasi lagu yang dikicaukan burung pleci ini sangat lah banyak. Itu merupakan bukti bahwa burung pleci ini adalah burung cerdas. Banyak diminati pecinta pleci ini yang memiliki pleci berjenis kelamin jantan.

Burung Pleci

Burung pleci ini termasuk salah satu jenis burung yang sering diikutsertakan dalam perlombaan. Seperti hal nya burung murai batu, kacer, lovebird, kenari dan lain sebagainya.

Jenis kelamin yang banyak diminati para pleci mania dan kicau mania adalah berjenis kelamin jantan. Karna burung pleci yang berjenis kelamin jantan memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi dibanding pleci betina. Memiliki jiwa tarung yang tinggi dan variasi lagu yang dibawakan pleci jantan ini sangat bervariasi.

Burung Pleci

Memoles pleci agar gacor dan ngalas tidak lah mudah seperti yang dibayangkan. Diperlukan perawatan yang lebih intensif. Selain itu, untuk menggacorkan burung pleci ini diperlukan pemberian makanan yang terbaik yang sangat disukai burung pleci.

Ada beberapa cara agar burung pleci cepat gacor dan ngalas:

1. Memandikan dan Menjemur pleci

Memandikan burung pleci adalah hal yang mudah. Biasanya burung pleci akan mandi sendiri tergantung kebiasaan nya. Kita hanya cukup menyediakan tempat mandi/cepuk yang agak besar. Biasanya pleci dimandikan pada pagi hari.

Selesai burung pleci mandi segera lakukan penjemuran agar bulu burung cepat kering. Durasi penjemuran tidak lah terlalu lama, hanya dibutuhkan waktu 10-15 menit saja.

Kebersihan kandang sangat perlu kita perhatikan. Agar burung terhindar dari penyakit dan kutu yang dapat menyerang. Lakukan pembersihan kandang minimal 2 hari sekali.

2. Pemasteran

Perdengarkan suara-suara burung lain seperti cililin, kapas tembak, kenari dan lain sebagainya. Disaran kan pada tahap pemasteran, suara yang diperdengarkan hanyalah 3 jenis burung yang diputar secara bergantian.

3. Menggantungkan pleci

Disarankan menggantangkan burung pleci diantara pleci pleci lain nya. Burung pleci merupakan jenis burung koloni, sehingga dengan mudah merangsang pleci mengeluarkan suara dihadapan pleci-pleci lain nya.

4. Pemberian Makanan dan Minuman

Burung pleci sangat menyukai buah dan sayur segar seperti mentimu, gambas, tomat dan wortel. Makanan ini membantu menguatkan dan menyehatkan bulu.

Buah yang juga sangat disukai burung pleci adalah pisang, pepaya, apel, jeruk dan lain sebagainya. Buah sebelum disajikan sebaiknya dicuci terlebih dahulu. Pemberian buah perlu diganti setiap hari agar buah selalu segar.

Berikan juga EF tambahan seperti ulat hongkong dan ulat kandang. Berikan pada takaran yang tepat agar pleci menjadi lebih rajin bunyi dan buka paruh. Pemberian porsi EF yang berlebih akan berdampak pada pleci macet bunyi atau enggan buka paruh.

Pada minuman burung pleci diberikan air mentah yang di campur dengan cuka apel. Karen air mentah mengandung tingkat keasaman yang tinggi dan cuka apel berguna untuk menurunkan pH air.

Anda juga bisa memberikan larutan penyegar guna mengatasi gangguan suara serak pada burung kicau. Pemberian yang berlebihan juga tidak baik. Disaran kan pemberian larutan penyegar seminggu sekali saja.

5. Minuman Racikan

Minuman racikan bahan bawang putih ini begitu popular dan banyak dipakai pleci mania di Indonesia.

Racikan minuman ini diracik dengan memanfaatkan
bahan-bahan seperti bawang putih 1 siung, 2 buah jeruk nipis, 3 potong
kecil gula merah dan juga 4 sendok teh madu.

Proses pembuatan:

Bawang putih dibersihkan, kemudian digeprek dan juga dihaluskan.
Sesudah itu, rebuslah dalam panci yang telah diisi 2 gelas air bersih ukuran sedang.

Selanjutnya
campurkan bawang putih serta gula merah ke dalamnya, kemudian diaduk
sampai larut. Sesudah air mendidih, angkatlah air rebusan lalu dicampur
dengan air perasan jeruk nipis serta 4 sendok teh madu.

Kemudian,
aduk-aduk kembali sampai seluruh bahan tercampur merata. Sesudah dingin,
pindahkan air rebusan di dalam wadah atau botol bersih, dengan memakai
saringan.

Berikanlah minuman racikan ini pada cepuk kecil sesudah
pleci dijemur. Sisanya dapat disimpan ke dalam lemari pendingin untuk
dipakai beberapa hari kemudian.

Demikian tips mengenai Cara Ampuh Agar Pleci Cepat Gacor dan Ngalas. Semoga bermanfaat.

Loading...