Loading...
Pengetahuan

Cantik Dengan Air Liur Walet, Amankah?


Gudang Burung – Krim wajah dari air liur burung walet belakangan populer di Indonesia. Wanita tergoda untuk memakai produk kecantikan ini karena memang khasiatnya cepat terlihat. Hanya dalam waktu beberapa minggu, kosumen krim walet ini mengaku sudah mendapatkan wajah cerah dan bebas jerawat.

Apakah memang krim walet ini aman? Para produsen krim walet mengklaim produk mereka tidak berbahaya. Kandungan dalam krim walet yang dijual di pasaran di antaranya, air liur burung walet, dermawhite, berbagai campuran bahan herbal, vitamin C dan E serta SPF30.

Bagaimana kenyataannya? dr. Eddy Karta, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin RSCM, mengatakan burung walet memang memiliki khasiat untuk kecantikan kulit. Burung walet tersebut mengandung vitamin B dan beberapa senyawa seperti phospat dan glyco protein.

“Walaupun lebih banyak dalam produk minuman atau makanan, obat oles dipercaya masih bisa mempunyai pengaruh,” jelasnya dalam wawancara melalui email kepada wolipop, Kamis (24/10/2013).

Meski krim walet tersebut dipercaya bisa memiliki pengaruh untuk kecantikan kulit, bukan berarti aman. Menurut dr. Eddy Karta perawatan apapun dari ekstrak hewan bisa dikatakan aman jika sudah diujicoba melalui penelitian yang benar. “Pengobatan ini jika ada adalah pengobatan alternatif yang belum terstandardisasi,” ujarnya.

Dari sisi keamanan yang juga perlu diwaspadai ketika memilih memakai krim walet adalah kandungannya. Meskipun banyak produsen krim tersebut mengklaim tidak memakai merkuri dan hidrokinon, kenyataan di lapangan masih ditemukan kandungan berbahaya tersebut.

Pada pertengahan 2013 lalu, Badan POM mengumumkan ditemukan adanya kosmetik berbahaya yang terbuat dari walet. Krim-krim walet tersebut mengandung merkuri dan hidrokinon yang dapat membuat kulit rusak. Dampaknya pun bukan hanya pada kulit tapi juga tubuh seperti seperti sesak nafas dan sakit ginjal.

Loading...

About the author

Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Comment