Loading...
Pijantung

Burung pijantung dan suara kicauan Jantan dan Betina

Selain burung-madu (sunbird), ada beberapa spesies dari keluarga Nectariniidae yang banyak ditemukan di Indonesia, misalnya burung pijantung atau burung cucuk jantung. Burung berparuh panjang melengkung ini terdiri atas beberapa jenis / spesies. Sebagian bisa dijumpai di lingkungan sekitar kita, bahkan ada juga yang memeliharanya. Berikut ini beberapa jenis burung pijantung dan suara kicauannya.

 

Burung pijantung
Burung pijantung

Pijantung merupakan kelompok burung dari genus Arachnothera, dan masih berada dalam keluarga Nectariniidae. Dibandingkan dengan anggota keluarga Nectariniidae lainnya, seperti burung-madu (kerap disalahartikan sebagai kolibri) dan burung isapmadu (honey eater), pijantung memiliki postur tubuh lebih besar, dengan paruh yang panjang.

Panjang tubuh bervariasi mulai dari 13 cm hingga 22 cm, tergantung dari spesiesnya. Ukuran tubuh yang besar dan paruhnya yang panjang melengkung inilah yang membedakan pijantung dari kerabat dekatnya seperti burung-madu dan isapmadu.

 

Berbeda dari burung-madu yang mudah dibedakan jenis kelaminnya, pijantung jantan dan betina memiliki penampilan fisik yang hampir sama. Artinya, tidak mudah untuk melakukan sexing.

 

Dalam literatur perburungan internasional, pijantung disebut sebagai spiderhunter, karena sering makan laba-laba dan serangga kecil lainnya. Bahkan burung ini memiliki kemampuan mengekstraksi serangga yang terjebak dalam jaring laba-laba.

Selain serangga kecil, pijantung juga menyukai nektar atau sari bunga, yang diisapnya menggunakan lidahnya yang khusus dan panjang. Pijantung juga senang memakan bunga dari tanaman pisang dan jahe-jahean.

Genus Arachnothera terdiri atas 11 spesies, dengan wilayah persebaran di negara-negara Asia Selatan dan Asia Tenggara. Bahkan 8 spesies di antaranya dapat dijumpai di Indonesia, terutama Sumatera, Jawa, dan Kalimantan ).

Burung pijantung di pohon pisang
Berbagai jenis burung pijantung sering terlihat menghisap sari dari jantung atau bunga pohon pisang

Perlu diketahui, seluruh anggota keluarga Nectariniidae di Indonesia termasuk dalam daftar burung yang dilindungi berdasarkan PP No 7 Tahun 1999. Alasan utamanya bukan karena populasinya yang menurun di alam liar, tetapi karena semua burung dari keluarga Nectariniidae sangat berperan dalam penyerbukan alami tanaman-taman di hutan dan areal perkebunan.

Mengganggu kelestarian mereka, berarti kita telah dengan sengaja turut mengganggu kelestarian hutan, yang bisa berdampak pada erosi, tanah longsor, banjir bandang, dan sejenisnya.

Berikut ini delapan jenis burung pijantung yang ada di Indonesia.

1. Pijantung kecil ( Arachnothera longirostra )

Pijantung kecil (Arachnothera longirostra)
Burung pijantung kecil (Arachnothera longirostra).

Pijantung kecil /little spiderhunter (Arachnothera longirostra) termasuk jenis burung pijantung bertubuh kecil, dengan panjang tubuh sekitar 15 cm. Tubuh bagian atas berwarna hijau zaitun, tenggorokan agak keputihan dengan bagian dada hingga perut kuning terang.

 

Spesies ini termasuk burung pemalu, karena suka bersembunyi dalam rerimbunan pohon. Mereka sering terlihat pada pohon pisang dan jahe-jahean untuk menghisap nektar.

Pijantung kecil banyak ditemukan di daerah perkebunan, pekarangan, dan kawasan hutan di Sumatera, Kalimantan, Jawa, dan Bali. Secara umum, spesies ini memiliki 13 subspesies / ras yang tersebar secara global, di mana 7 ras bisa dijumpai di Indonesia.

Suara kicauannya cukup tajam, dan sering terdengar saat terbang. Untuk ras yang ada Kalimantan dan Sumatera, suara panggilannya berbeda dengan ras yang ditemukan di Jawa dan Bali.

Suara kicauan burung pijantung kecil | DOWNLOAD

 2. Pijantung besar ( Arachnothera robusta )

Pijantung besar (Arachnothera robusta)
Burung pijantung besar (Arachnothera robusta).

Pijantung besar / long-billed spiderhunter tampak berbeda dari jenis pijantung lainnya. Meski memiliki ukuran tubuh besar, yaitu 22 cm, burung ini tampak ramping dengan paruh tebal yang sangat panjang.  Tubuh bagian atas berwarna zaitun, dan tubuh bagian bawah kekuningan.

Burung pijantung besar memiliki dua subspesies / ras yang menyebar di Thailand, Malaysia, dan Sunda Besar (Sumatera, Jawa, dan Kalimantan).

Pijantung besar termasuk burung yang sulit ditemui, biasanya mereka berada di kawasan hutan pada ketinggian 400 – 1.400 meter dari permukaan laut.

 

Spesies ini termasuk cukup sulit ditemukan di dataran rendah Kalimantan. Sifatnya agresif dan suka mengejar burung pijantung lainnya agar keluar dari wilayah kekuasaannya.

Suara kicauannya terdiri atas decitan tajam yang monoton, dan terkadang dilantunkan dengan lambat namun kadang juga cukup cepat.

Berikut suara kicauan dari pijantung besar | DOWNLOAD

 

3. Pijantung kampung ( Arachnothera crassirostris )

Pijantung kampung ( Arachnothera crassirostris )
Burung pijantung kampung (Arachnothera crassirostris).

Burung pijantung kampung / thick-billed spiderhunter memiliki ukuran hampir serupa dengan pijantung kecil, dengan panjang sekitar 17 cm, namun memiliki paruh tebal yang lebih pendek, tenggorokan yang lebih abu-abu, memiliki lingkaran mata yang cukup menonjol.

Pijantung kampung hanya tersebar di wilayah Semenanjung Malaysia, Sumatera, dan Kalimantan. Spesies ini menghuni hutan-hutan dataran rendah hingga ketinggian 1.300 meter dari permukaan laut.

Suara kicauannya monoton, hanya berupa suara decitan yang berulang-ulang.

Suara kicauan dari pijantung kampung | DOWNLOAD

4. Pijantung tasmak (Arachnothera flavigaster )

Pijantung tasmak (Arachnothera flavigaster )
Burung pijantung tasmak (Arachnothera flavigaster).

Pijantung tasmak atau pijantung kacamata / spectacled spiderhunter memiliki lingkaran mata yang lebih lebar dan berwarna terang seperti halnya burung pleci / kacamata.  Spesies ini memiliki ukuran  besar, dengan panjang tubuh 22 cm, yang merupakan ukuran terbesar dari seluruh spesies pijantung.

Burung ini dapat dijumpai di hutan terbuka di Sumatera dan Kalimantan. Mereka juga sering ditemukan di perkebunan kelapa, ladang perkebunan, dan hutan belukar hingga ketinggian 1.300 meter dari permukaan laut.

Seperti halnya jenis pijantung lainnya, burung ini sangat agresif terutama saat mempertahankan wilayah kekuasaannya ketika mencari makanan.

Suara kicauan pijantung tasmak | DOWNLOAD

5. Pijantung telinga kuning ( Arachnothera chrysogenys )

Pijantung telinga kuning (Arachnothera chrysogenys )
Pijantung telinga kuning (Arachnothera chrysogenys).

Pijantung telinga-kuning / yellow-eared spiderhunter merupakan burung yang mirip pijantung tasmak, namun ukuran tubuhnya lebih kecil (sekitar 18 cm), dan memiliki paruh lebih ramping, bercak kekuningan di pipi dan lingkaran mata yang lebih halus.

Spesies ini merupakan burung penetap di hutan dataran rendah yang berada di Kalimantan dan Sumatera hingga ketinggian 1.400 meter dari permukaan laut. Namun ada beberapa catatan di mana pijantung telinga-kuning juga berbiak di hutan-hutan dataran rendah di Jawa, tetapi tidak pernah dijumpai di Bali.

Seperti halnya burung pijantung lainnya, mereka gemar mencari bunga di pohon pisang dan jahe-jahean.

Suara kicauan pijantung telinga kuning | DOWNLOAD

6. Pijantung gunung ( Arachnothera affinis )

Pijantung gunung (Arachnothera affinis)
Burung pijantung gunung (Arachnothera affinis).

Pijantung gunung / streaky-breasted spiderhunter adalah burung pijantung berukuran sedang, dengan panjang sekitar 17 cm. Warna tubuhnya dominan hijau dan abu-abu, dengan tubuh bagian atas hijau-zaitun, tubuh bagian bawah abu-abu, dan memiliki coretan hitam pada bagian tenggorokan dan dada. 

Burung pijantung gunung memiliki dua subspesies dengan daerah sebaran lokal di Kalimantan (utara dan tengah), Jawa dan Bali. Mereka senang mendiami kawasan hutan pesisir, hutan dataran rendah, hingga kawasan perbukitan hingga ketinggian 1.000 meter dari permukaan laut.

Spesies ini juga sering terlihat mengunjungi rumpun pisang liar dan pohon-pohon yang sedang berbunga, seperti pohon dadap Erythrina.

Pijantung gunung termasuk burung yang bisa beradaptasi dengan lingkungan manusia, bahkan terbiasa dengan kehadiran manusia di sekitarnya, seperti halnya burung cabe-cabean atau burung pleci. Suara kicauannya terdengar parau tetapi tajam.

Berikut suara kicauan pijantung gunung | DOWNLOAD

7. Pijantung kalimantanArachnothera everetti )

Pijantung kalimantan (Arachnothera everetti)
Burung pijantung kalimantan (Arachnothera everetti).

Pijantung kalimantan memiliki daerah persebaran terbatas di Kalimantan, termasuk wilayah utara yang merupakan bagian dari negara Malaysia dan Brunei Darussalam.

Adapun nama ilmiah burung ini, Arachnothera everetti, mengacu pada sang kolektor zoologi yang juga administrator kolonial dari Inggris, Alfred Hart Everett.

Suara kicauan pijantung kalimantan | DOWNLOAD

8. Pijantung whitehead ( Arachnothera juliae )

Pijantung whitehead (Arachnothera juliae )
Burung pijantung whitehead (Arachnothera juliae).

Pijantung whitehead atau pijantung kepala putih merupakan burung endemik di wilayah utara Kalimantan. Ukuran tubuhnya sedang, dengan panjang sekitar 18 cm.

Tubuh berwarna kecokelatan dengan garis-garis putih yang melintang. Ekor dan sayapnya berwarna kehitaman, adapun punggung dan penutup sayap bawah berwarna kuning.

Spesies ini biasa dijumpai di pegunungan tinggi di wilayah utara Kalimantan, misalnya Pegunungan Kinabalu hingga ke selatan sampai Usun Apau dan Gunung Dulit hingga Gunung Mulu dengan ketinggian 1.000 – 1.500 meter dari permukaan laut.

Suara kicauannya berupa pekikan cukup kencang dan dibawakan berulang-ulang terutama ketika berada di tajuk pohon paling atas atau ketika sedang terbang.

Suara pijantung whitehead | DOWNLOAD

Sumber: Omkicau

Trending artikel yang sedang hits:
  1. makanan burung pijantung besar
  2. suara burung pijantung besar
  3. suara burung pijantung
  4. kolibri pijantung
  5. download suara burung pijantung mp3
  6. download suara burung pijantung
  7. Download mp3 suara pijantung
  8. membedakan pijantung besar jantan dan betina
  9. download suara burung pijantung besar
  10. suara pinjantung betina

About the author

Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Comment