Home / Pengetahuan / BURUNG MANYAR UNTUK MASTERAN

BURUNG MANYAR UNTUK MASTERAN

Tahukah anda burung Manyar? Artikel dibawah ini saya kutip langsung dari www.omkicau.com yang menjelaskan mengenai 3 jenis burung manyar yang masih jarang di ketahui oleh banyak orang pecinta burung atau pecinta kicau burung.
Silahkan dibaca-baca mas, om, bang, kakak pecinta burung, jangan lupa jika ingin menitipkan burung hubungi kami.

Selama ini, burung manyar hanya dikenal dari suaranya yang melengking tinggi, dengan beberapa variasi suara yang oleh sebagian kicaumaniia dinilau kurang enak didengar.
Tetapi, dalam perkembangannya, burung manyar ini bisa dilatih dengan berbagai macam suara, terutama suara burung kenari, blackthroat, dan mozambik.
Burung manyar memiliki kemampuan meniru kicauan ketiga jenis burung tersebut dengan sangat fasih. Bahkan tidak menutup kemungkinan kalau burung ini mampu meniru suara kicauan jenis burung lainnya.
Manyar termasuk dalam keluarga Ploceidae. Di seluruh dunia terdapat 119 spesies burung yang termasuk dalam keluarga ini. Dari jumlah tersebut, empat spesies di antaranya terdapat di Asia Tenggara, dan tiga di antaranya bisa dijumpai di Indonesia, yaitu :

  1. Manyar tempua (Ploceus philippinus)
  2. Manyar jambul (Ploceus manyar)
  3. Manyar emas (Ploceus hypoxanthus)

Perilaku reproduksi burung manyar
Burung manyar memiliki keunikan dalam membuat sarang. Seperti halnya burung namdur yang membuat sarang secantik mungkin untuk memikat burung betina, burung manyar jantan juga memiliki perilaku yang demikian.
Burung manyar jantan mulai menenun sarangnya menjelang musim kawin tiba. Si jantan akan membangun sarang yang cantik, untuk dipersembahkan kepada burung betina.
Di alam liar, terkadang bobot sarang burung manyar bisa mencapai 1 ton. Ah, Om Kicau bercanda nih! Jika tidak percaya, silakan lihat kembali tulisan berikut ini: Bobot sarang burung manyar mencapai 1 ton.
Burung betina juga matere. Dia tak mau begitu saja menerima rayuan burung jantan. Karena itu, dia mesti melakukan inspeksi mendadak ke dalam sarang. Dari sidak inilah, si betina akan mengambil keputusan: ho-oh, atau emoh!
Jika sarang memang oke, burung  jantan berhak mengawininya. Jika sarang acak-acakan, murahan, maka si jantan akan tereliminasi sebagai calon pasangannya.

Sarang manyar memiliki bentuk yang sangat rumit. Burung jantan akan menganyam sarang begitu detail, lengkap dengan “pintu tipuan”. Disebut tipuan, karena pintu ini sengaja dibuatnya untuk menipu burung-burung predator yang kerap masuk ke dalam sarangnya.
Pintu tipuan tampak begitu jelas terbuka, namun sebenarnya buntu di dalam. Adapun pintu asli menuju sarang malah tersembunyi. Ketika pemangsa mencoba memasuki sarang melalui pintu tipuan, maka dia akan menjumpai area buntu.

Trending artikel yang sedang hits:
  1. suara manyar asli
Loading...

About Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pasang Iklan anda. Hubungi SMS 087888327888