Home / Pengetahuan / BURUNG MANYAR JAMBUL DI INDONESIA

BURUNG MANYAR JAMBUL DI INDONESIA

Berikut ini tiga  spesies burung manyar yang bisa dijumpai di Indonesia.
1. Manyar jambul  / streaked weaver (Ploceus manyar)
Manyar jambul (Ploceus manyar) memiliki ukuran tubuh paling kecil (sekitar 14 cm) dibandingkan dengan dua spesies lainnya.
Burung jantan memiliki bulu hitam dan tanda kuning pada kepalanya. Pada musim kawin, burung jantan akan memiliki mahkota berwarna kuning emas.
Burung betina memiliki bulu kepala berwarna cokelat, dengan coretan hitam pada mahkota, dan bercak-bercak keputihan di bagian leher.

Manyar jambul terdiri atas 4 subspesies / ras, dengan wilayah persebaran yang berbeda, yaitu:

  1. Ploceus manyar flaviceps : Habitat di wilayah tengah dan tenggara Nepal dan Pakistan, hingga India dan Sri Lanka.
  2. Ploceus manyar peguensis : Habitat di wilayah timur India, Bangladesh, wilayah tenggara Bhutan, wilayah utara dan tengah Myanmar, wilayah selatan China, dan wilayah utara Laos.
  3. Ploceus manyar williamsoni : Habitat di wilayah barat, tengah dan tenggara Thailand, Kamboja, dan wilayah selatan Vietnam.
  4. Ploceus manyar manyar: Ras inilah yang merupakan burung endemik di Pulau Jawa, Pulau Bawean, dan Pulau Bali.

Manyar jambul sering ditemukan dalam koloni besar di beberapa tempat di dataran rendah. Dulu, burung ini mudah dijumpai di pohon kelapa atau tanaman palm di halaman rumah, juga pohon-pohon di sekitar kebun atau semak-semak.
Penangkapan secara berlebihan terhadap spesies burung penenun ini membuat populasinya di alam liar kini makin menipis.
Suara kicauan manyar jambul
Manyar jambul memiliki kemampuan meniru suara burung dengan sangat baik, terutama jika dirawat sejak berusia masih trotolan atau dalam kondisi yang sangat muda.
Selain mudah dilatih, burung ini juga kerap menjadi masteran bagi jenis burung berkicau lainnya, terutama kenari dan burung finch lainnya.
Berikut video kicauan burung manyar jambul dari youtube

Loading...

About Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pasang Iklan anda. Hubungi SMS 087888327888