Loading...
Pengetahuan

Burung Mallee Emu Wren, Terancam Karena Kebakaran Hutan

Gudang Burung – Departemen Lingkungan Hidup Australia Selatan menyatakan kebakaran hutan di kawasan Murray Mallee di wilayah itu kemungkinan memusnahkan populasi jenis burung langka, Mallee Emu Wren.

Menurut Sonia Dominelli dari departemen itu, kebakaran hutan yang terjadi Januari lalu berdampak pada 98 persen Kawasan Lindung Billiat, yang terletak dekat Alawoona. Alawoona terletak sekitar 175 kilometer dari Adelaide.


Kebakaran hutan menghancurkan ribuan hektar habitat satwa, dan banyak spesies asli daerah tersebut yang terkena dampaknya, termasuk spesies burung langka Mallee Emu Wren.
“Prediksi kami, kemungkinan bertahan hidup bagi Mallee Emu Wren sangat rendah,” ucap Dorminelli.
Kehilangan habitat juga akan mempengaruhi sejumlah spesies khas lainnya.
“Lahan-lahan itu semacam rumah terakhir bagi burung-burung Mallee, jadi ini kehilangan yang cukup besar,” jelas Dorminelli. “Pemulihan setelah kebakaran yang begitu besar adalah proses yang sangat lama.”

Burung Mallee Emu Wren, yang berukuran kecil dan berbulu cerah, saat ini masih terdapat di bagian barat Negara Bagian Victoria dan bagian paling timur Australia Selatan.

About the author

Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Comment