burung hantu Spesies baru ditemukan di Arab

Posted on

burung hantu baru

 

Sekelompok ahli burung yang dipimpin oleh Dr Manuel Schweizer dari Natural History Museum di Bern, Swiss telah menemukan spesies burung hantu baru yang bermukim di gurun-gurun di Mesir, Israel, Arab Saudi, Yordania, Oman dan Yaman.


Spesies burung hantu tersebut diberi nama Desert tawny owl dari genus burung hantu tanpa kuping, Strix. Burung hantu ini berukuran sedang, sekitar 30-33 cm dengan bobot sekitar 140-220 g. Spesies baru yang bernama latin Strix hadorami ini memiliki kemiripan dengan burung hantu jenis Hume’s owl (Strix butleri) dan Tawny owl (Strix aluco) baik dari pola bulu maupun penampilan tubuhnya.

Burung ini menetap di kawasan Gurun Timur di Mesir, mulai dari Wadi Rabdeit, dekat perbatasan Sudan hingga ke utara Mons Porphyrites, sebelah barat laut dari pelabuhan Hurghada, dan juga di Gurun Sinai serta di sepanjang selatan dan timur Israel hingga ke Yordania dan Arab Saudi.
Para ahli mengungkapkan bahwa makanan burung ini terdiri dari hewan pengerat kecil seperti tikus dan serangga kecil, juga tokek dan beberapa burung kecil serta arthropoda sepert kalajengking, belalang dan kumbang.  


Diperkirakan, jumlah populasi burung hantu baru ini sekitar 3000 pasang di kawasan Arab, dan sekitar 200 pasang di Israel yang diamati sejak akhir 1980-an.

 

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *