Loading...
Kenari Pengetahuan Perawatan Tips

Bentuk perawatan burung kenari bakalan

kenari bakalan

Burung kenari adalah burung peliharaan paling popular di seluruh dunia. Spesies burung ini memiliki beragam varietas dan jenisnya. Tetapi meski berbeda jenis dan varietasnya, secara umum semua bentuk perawatan kenari adalah sama termasuk perawatan kenari bakalan agar rajin berbunyi.

Ketika kita mendapatkan kenari yang masih bakalan atau berusia sekitar 3 – 5 bulan, maka hal yang harus diperhatikan adalah jenis kelamin dari burung kenari tersebut. Kenari harus berjenis kelamin jantan agar bisa mempunyai suara yang lebih bervariasi. 


Membedakan jenis kelamin pada burung kenari yang masih bakalan bukanlah sesuatu yang mudah, perlu trik-trik khusus dalam pemilihan burung jantan tersebut di antaranya : 

Memperhatikan jarak mata dengan garis paruh
Yaitu memperhatikan jarak mata dengan garis paruh yang sejajar terutama pada kenari yang masih berusia antara 2 – 4 bulan. (lihat gambar) 

 

Menggunakan metode perabaan 
Pada usia yang masih bakalan atau masih sangat muda tentu akan sulit sekali melihat jenis kelamin hanya memperhatikan kloaka dari burung tersebut. Mengingat pada usia tersebut organ kelamin burung masih belum matang, sehingga antara burung jantan dan betina pun tidak memiliki perbedaan sebagaimana ditemukan pada burung kenari dewasa. Cara yang bisa dilakukan hanyalah meraba supit udang dari burung tersebut, yaitu dengan merasakan renggang tidaknya supit udang, jika supit udang sempit itu berarti burung jantan dan jika lebar itu adalah burung betina. 

 Setelah mendapatkan burung kenari yang anda inginkan ,selanjutnya adalah memberikan perawatan harian yang disesuaikan, yaitu: 

  • Pagi hari burung kenari dimandikan dengan cara disemprot lalu di angin-anginkan dan setelah burung tidak basah, kemudian dijemur dalam cahaya matahari selama dua -tiga jam. 
  • Gantung burung di tempat yang teduh dan terhindar dari polusi udara seperti asap atau angin yang kencang. 
  • Berikan pakan biji-bijian yang tinggi nutrisi seperti Canary seed, egg food, dan sayur-sayuran seperti daun sawi, tomat, parutan wortel, dan sebagainya. 
  • Pakan tambahan bisa diberikan berupa buah-buahan segar seperti apel, pir, dan sebagainya. 
  • Untuk merangsang kenari agar rajin bunyi bisa disediakan pucuk daun mengkudu atau daun mengkudu yang masih muda.  
  • Jika anda memelihara lebih dari satu burung kenari di rumah, sebaiknya sangkar mereka digantung dalam jarak yang berjauhan dan tidak saling melihat. Karena kenari bakalan yang saling melihat cenderung jarang berbunyi.
  • Sering melatih burung dengan suara rekaman dari burung kenari lain.
  • Berikan vitamin atau multivitamin untuk membantu perkembangan burung cepat dewasa. 


Secara umum, burung kenari bakalan mempunyai tahapan-tahapan dalam mengeluarkan suara kicauannya, yaitu:

  • Umur 1 – 3 bulan : Burung hanya ciak-ciakan saja. 
  • Umur 3 – 5 bulan : Suara burung mulai terdengar ngerecek pelan dan kadang ada suara ngeroll yang pendek. 
  • Umur 5 – 7 bulan : Burung mulai ngeriwik kasar dan mulai belajar ngeroll.
  • Umur 7 – 9 bulan : Burung mulai cenderung ngeroll meski masih terpotong-potong, sedangkan burung betina cenderung hanya suara panggilan saja. 
  • Umur 9 – 12 bulan : Burung mulai rajin ngeroll dan terkadang diselingi dengan suara isiannya. Sedangkan burung betina cenderung rajin bersuara panggilan.
  • lebih dari 1 tahun : Burung mulai gacor, sdangkan  burung betina mampu bersuara ngeroll meski pendek. Pada usia tersebut burung sudah bisa ditangkarkan.


Selain merawat kenari dari segi pakan, menjaga kualitas lingkungan juga sangat menentukan apakah burung itu akan menjadi rajin bunyi atau malas berbunyi. Misalnya lokasi lingkungan yang terlalu ramai bisa membuat burung cepat stress, misalnya suara bising dari kenalpot atau klakson kendaraan atau burung terlalu dekat dengan spesies burung bersuara keras seperti kacer, cendet, murai batu atau poksay.  Begitu juga dengan kondisi lingkungan yang kotor, berbau dan penuh asap pembakaran sampah atau asap kenalpot dari kendaraan. 

Semua hal-hal yang sebelumnya dianggap remeh itu bisa memberikan pengaruh yang besar terhadap perkembangan dari burung kenari bakalan tersebut nantinya. 

Semoga bermanfaat


Trending artikel yang sedang hits:
  1. burung kenari
  2. cara memelihara kenari lebih dari satu
  3. perawatan kenari mabung umur 3 bulan
  4. perbedaan buntut kenari jantan dan betina
  5. memelihara kenari lebih dari satu
  6. cara merawat kenari umur 2 bulan agar cepat gacor
  7. Kenari umur 3 bulan
  8. merawat kenari lebih dari satu
  9. cara merawat kenari bakalan
  10. merawat kenari bakalan

About the author

Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Comment