Loading...
Perawatan

9 Ragam Warna Spesies Burung Lovebird

Lovebird merupakan Disorientasi satu jenis burung yang banyak digemari akhir-akhir ini, banyak orang yang menjalankan budidaya (breeding) atau sekedar memelihara untuk diikutsertakan dalam lomba. Burung ini selain cantik, juga mempunyai suara (kicauan) yang merdu. Banyak orang yang menyukai gaya burung ini dalam berkicau, hingga banyak dari mereka yang mengadakan kejuaraan untuk burung jenis ini.

Berbicara mengenai burung, tahukah kita bila ada 9 jenis lovebird yang ada di Global ini? Kesembilan jenis itu mempunyai keunikan dan ciri khasnya masing-masing. Lalu apa aja jenis burung paruh bengkok ini? berikut penjelasannya.

lovebird-holland

Jinis-jenis Lovebird 
Setidaknya ada 9 jenis burung lovebird yang biasanya dijadikan peliharaan untuk mereka yang suka dengan burung ini. Dan berikut merupakan usalasan lengkapnya.

1. Red-Faced Lovebird (Agapornis Pullarius)
Jenis ini merupakan jenis yang paling besar diantara jenis-jenis yang lain, ukuran burung ini berkisar antara 15 hingga 16 cm. Jenis ini mempunyai ciri Eksklusif, ciri tersebut terdapat di bulunya yang semuanya berwarna hijau dan di bagian wajah mempunyai warna merah. Warna merah ini untuk betina cenderung lebih sedikit, sedangkan untuk jantan cenderung lebih banyak dari betina. Habitat burung ini berada di bagian Afrika Tengah dan Afika Barat.

2. Grey-Headed Lovebird or Madagascar Lovebird (Agapornis Canus) 
Jenis ini merupakan satu-satunya jenis lovebird yang berasal dari madagaskar, ciri utama di jenis ini merupakan warna abu-abu di bagian punggung, kepala, leher dan paruhnya. Sedangkan untuk bagian perut dan sayap burung ini berwarna hijau gelap. Panjang burung ini berkisar antara 13cm hingga 14cm, bila dibandingkan red-faced burung jenis ini cenderung lebih kecil. Habitat burung ini ada di pulau Madakaskar sebelah benua Afrika.

3. Fischer’s Lovebird (Agapornis Fischeri) 
Untuk jenis ini kita akan mendapati berbagai macam warna di bulunya, ya burung ini mempunyai warna hitam di kepala, merah di paruh, putih di mata, hijau di sayap, jingga di bagian leher, dan biru untuk bagian pantatnya, sedangkan untuk ukuran burung ini mempunyai panjang sekitar 14 cm.  Habitat asli burung ini ada di daerah Tanzania di Benua Afrika.

4. Black-collared Lovebird atau Swindern’s Lovebird (Agapornis Swindernianus) 
Jenis  ini mempunyai mayoritas warna hijau di tubuhnya, hanya aja di bagian lehernya berwarna coklat, untuk tengkuknya berwarna hitam, paruhnya berwarna coklat kehitaman, sedangkan untuk ukuran Ia mempunyai panjang sekitar 13,5 cm. Habitat asli burung ini ada di Afrika Tengah dan Barat.

5. Lilian’s Lovebird Nyasa Lovebird (Agapornis Lilianae) 
Jenis ini mempunyai warna hijau di seluruh badannya. Namun untuk bagian kepala burung ini mempunyai warna jingga, paruhnya berwarna merah, sedangkan untuk matanya berwarna putih. Untuk ukuran burung ini berkisar sekitar 12 hingga 13 cm. Habitat asli burung ini ada di Tanzania, Malawi, dan Mozambique di daerah Afrika.

6. Jenis Sayap hitam (Agorpornis Taranta) 
Burung ini mempunyai warna hijau untuk tubuhnya dan warna hitam di bagian bawah sayapnya. Untuk membedakan yang jantan dan betina biasanya dibedakan dengan warna jingga di bagian kepala, sedangkan untuk ukuran burung ini sekitar 13 samapi 14 cm. Ia mempunyai habitat asli di daerah Ethiopia di benua Afrika.

7. Jenis Muka Salem (Agorpornis Roseicollis) 
Umunya burung ini mempunyai warna hijau untuk tubuhnya, namun Ia mempunyai warna kuning di bagian paruh, dahi dan mata yang berwarna merah, sayap bagian belakang yang berwarna biru, dan kaki yang berwarna abu-abu. Burung ini mempunyai tipe albino dengan warna bulu yang putih dan warna mata yang merah, tipe lutino dengan warna tubuh kuning dan warna mata yang merah, dan tipe cinamon yang mempunyai warna coklat, dan masih banyak tipe burung lain yang berjenis muka salem ini. Untuk habitatnya sendiri Ia ada di daerah Afrika.

8. Jenis Muka Topeng (Agorpornis Prosantha) 
Jenis lovebird ini memilki warna hijau untuk bagian tubuhnya, warna kuning untuk bagian leher, warna coklat kehitaman untuk bagian pipi, warna merah untuk bagian paruh, warna htam untuk bagian wajah, dan warna putih untuk bagian mata. Sedangkan untuk habitat asli burung ini merupakan di Afrika sebelah barat daya.

9. Jenis Kacamata Pipi Hitam (Agorpornis Nigrigenis) 
Burung ini mempunyai warna tubuh hijau dan mempunyai warna coklat kehitaman di bagan dahi. Sedangkan untuk bagian dada atas berwarna jingga, paruh berwarna merah, sedangkan untuk kaki dan ekor berwarna abu-abu dan warna putih di bagian matanya. Sedangkan untuk habitat aslinya ada di daerah Zimbabwe dan Zambia di benua Afrika.

Mayoritas burung Lovebird berasal dari benua Afrika, dan satu dari mereka berasal dari pulau Madagaskar. Walaupun burung impor tapi peminatnya sangat banyak di Indonesia, hal itu dilihat dari banyaknya orang yang memelihara burung ini dan menjadiknya sebagai burung untuk kejuaraan dan lomba.

About the author

Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Comment