Home / Liputan / 9 Cara Membuat Burung Nagen dan Mencegahnya Turun dari Tangkringan

9 Cara Membuat Burung Nagen dan Mencegahnya Turun dari Tangkringan

Majalahkicau.com – Burung-burung di perlombaan yang gemar naik turun tangkringan dianggap kurang baik oleh sebagian besar kicau mania. Mengapa demikian? Sebab, burung yang sering turun tangkringan biasanya malas berbunyi. Sementara, burung yang nagen dan tidak turun tangkringan akan lebih fokus dalam berkicau serta mendapat nilai tambah dari juri-juri di lapangan.

Baca juga: 3 Juri Cantik Lomba Burung yang Bikin Mata Kicau Mania Tak Berkedip

Untungnya, kebiasaan buruk burung yang suka turun tangkringan ini dapat diatasi dengan memasang berbagai penghalang di lantai sangkar. Cara-cara ini sering dilakukan para kicau mania dan terbukti berhasil. Mereka menambahkan berbagai penghalang di lantai sangkar dan ajaibnya burung tidak mau turun dari tangkringan lagi.

Penghalang yang ditempatkan di lantai sangkar cukup beragam, mulai dari bola berwarna, karet pentil, duri, es batu, lilin, kipas angin, rumput plastik, hingga shampo. Meskipun, penghalang atau jenis ranjaunya berbeda-beda, tapi tujuannya sama, yakni mencegah burung turun dari tangkringan.

Baca juga: 14 Cara Mengatasi Burung Salto dalam Hitungan Hari

Langsung saja ya, biar tidak penasaran. Berikut beberapa cara membuat burung nagen dan tidak turun dari tangkringan.

Bola warna-warni untuk mengatasi burung turun dari tangkringan (facebook.com/burungnyadotcom)Posisi tangkringan atas bawah (klubkicau.com)

Agar burung tidak naik turun tangkringan, maka solusinya adalah memasang tangkringan dengan model menyilang. Selain itu, Anda juga bisa menambah jumlah tangkringan, dari yang semula satu menjadi tiga atau empat. Tujuannya agar burung kesulitan saat turun ke dasar sangkar.

Ilustrasi es batu (okezone.com)

” data-image-title=”Ranjau duri (olx.co.id)” data-image-meta='{“aperture”:”0″,”credit”:””,”camera”:””,”caption”:””,”created_timestamp”:”0″,”copyright”:””,”focal_length”:”0″,”iso”:”0″,”shutter_speed”:”0″,”title”:””,”orientation”:”1″}’ data-comments-opened=”1″ data-orig-size=”555,436″ data-orig-file=”https://i2.wp.com/burungnya.com/wp-content/uploads/2017/02/Ranjau-duri-olx.co_.id_.jpg?fit=555%2C436″ data-permalink=”http://burungnya.com/9-cara-membuat-burung-nagen-dan-mencegahnya-turun-dari-tangkringan/ranjau-duri-olx-co-id/” data-attachment-id=”1366″ sizes=”(max-width: 555px) 100vw, 555px” srcset=”https://i2.wp.com/burungnya.com/wp-content/uploads/2017/02/Ranjau-duri-olx.co_.id_.jpg?w=555 555w, https://i2.wp.com/burungnya.com/wp-content/uploads/2017/02/Ranjau-duri-olx.co_.id_.jpg?resize=300%2C236 300w” data-recalc-dims=”1″>Ranjau duri (olx.co.id)

Dari bentuknya memang terlihat menakutkan, tapi sebenarnya ranjau duri tidak membahayakan keselamatan burung. Soalnya, duri-duri ini terbuat dari bahan lunak, seperti kertas kaku berbahan plastik yang lentur. Sehingga duri-duri tadi aman untuk kelangsungan hidup burung.

Pencarian Majalah Kicau Mania:
  1. Cara Membuat Gelang Untuk Burung Dara
  2. Membuat Gelang Burung Pleci
  3. Cara Membuat Sendiri Gelang Untuk Burung
  4. Cara Tangkringan Love Bird
Loading...

About Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pasang Iklan anda. Hubungi SMS 087888327888