7 Jenis Burung Dengan Suara Masteran yang Cocok Untuk Murai Batu

Home | Burung Murai | 7 Jenis Burung Dengan Suara Masteran yang Cocok Untuk Murai Batu

Murai batu adalah salah satu jenis burung yang cerdas. Bukan tanpa alasan. Jenis burung yang satu ini bisa menirukan berbagai kicau suara dari jenis burung lainnya. Pembawaan kicaunya pun begitu fasih dan merdu. Maka dari itu, alangkah baiknya anda mengetahui beberapa jenis burung dengan suara masteran yang cocok untuk murai batu.

Supaya murai batu kesayangan anda memiliki kicau yang menarik, pastikan anda memasternya dengan burung yang mempunyai suara khas dan unik. Untuk membantu anda, berikut kami bagikan beberapa jenis burung dengan suara masteran yang cocok untuk murai batu.

Jenis burung yang satu ini memiliki suara tembakan yang kasar, rapat, dan tajam. Kicauan tersebut pun menjadi suara andalan bagi burung murai batu untuk lomba. Terdapat dua jenis burung cililin, yakni cililin coklat dan cililin hitam. Hanya saja, cililin coklat lebih banyak digunakan sebagai masteran.

Selain cililin, jenis burung lainnya yang bisa anda gunakan untuk masteran murai batu ialah cucak jenggot. Burung cucak jenggot ini memiliki tipe suara yang keras dan kasar. Selain sebagai burung masteran, cucak jenggot ini juga sering dijadikan sebagai burung lomba.

Lovebird termasuk jenis burung pemaster murai batu yang banyak diminati para penghobi burung. Hal ini dikarenakan burung lovebird mempunyai suara yang khas. Dimana bisa ngekek panjang dan hampir sama dengan suara rapat burung cililin. Hanya saja, suara lovebird lebih bernada dengan oktaf yang naik turun.

Jenis burung yang satu ini menjadi burung masteran favorit bagi murai batu lapangan. Sekilas, suara tengkek buto hampir sama dengan suara lovebird. Hanya saja, suaranya tak terlalu nyepeed namun intonasinya lebih jelas. Akan tetapi, jika sudah nyepeed, suara tengkek buto akan lebih rapat dan kasar daripada suara cililin.

Jenis burung lainnya yang juga bisa anda jadikan sebagai masteran murai batu ialah sogok ontong. Burung mungil ini termasuk jenis burung pemakan nektar dengan suara yang sangat pedas di telinga. Burung sogok ontong ini mempunyai suara yang tajam. Terlebih lagi, perawatan burung ini terbilang sangat sederhana.

Ciblek termasuk salah satu jenis burung yang bisa anda gunakan sebagai masteran burung murai batu kesayangan anda. Jenis burung ini memiliki postur tubuh yang kecil. Namun dibalik tubuhnya yang kecil, burung ciblek mempunyai suara kicauan yang keras dan nyaring.

Kicauan suara ciblek pun disertai dengan tembakan rapat yang khas. Kicau ini biasa disebut dengan ngebren. Suara ngebren ciblek sangat bagus dan neken apabila dinyanyikan oleh murai batu. Maka dari itu, anda bisa gunakan ciblek sebagai burung masteran murai batu.

Jenis burung ini termasuk burung lomba dengan tipikal suara yang ngerol panjang. Suara roll kenari bisa berbeda dan lebih gahar jika dinyanyikan oleh murai batu, terlebih saat lomba. Untuk itu, anda bisa pilih kenari masteran murai batu yang mempunyai suara ngerol panjang dengan disertai tembakan yang rapat dan neken.

Selain menggunakan burung dengan suara masteran yang cocok untuk murai batu, sebenarnya ada alternatif masteran lain yang bisa anda pilih. Adapun alternatif memaster murai batu tersebut ialah menggunakan suara burung dari mp3. Hanya saja, memaster murai batu dengan burung gacor akan lebih optimal.

About dr.gaplek

Check Also

Ciri Khas Burung Cabai Polos dan Daerah Persebarannya

Burung cabai-cabaian memiliki berbagai macam jenis yang tersebar di berbagai wilayah dunia. Bahkan sebagian besar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *