Balai Karantina serahkan 6 Burung Sitaan ke GLZoo

Posted on
 
Balai Karantina Pertanian Kelas II Yogyakarta menyerahkan enam ekor burung murai batu (Copychus malabaricus) ke Gembira  Loka Zoo (GLZoo). Burung-burung  yang pandai berkicau ini merupakan hasil sitaan petugas karantina dari Bandara Adistutjipto.

Penyerahan enam burung tersebut dilakukan langsung oleh Kepala Balai Karantina Pertanian setempat, Ir Heru Wahyupraja kepada Kabag Nutrisi dan Kesehatan Satwa GLZoo,  drh Noor Fitrianingsih, di Klinik dan Karantina kebun binatang setempat,  Senin.
Seksi Karantina Pertanian kelas II Yogyakarta,  Ina Sulistiyani,  menjelaskan, burung-burung  tersebut merupakan kiriman dari Banjarmasin, lewat  penerbangan non komersial menggunakan  pesawat Herkules. “Setelah kami periksa ternyata jumlahnya tidak sesuai yang tercantum dalam dokumen. Ada kelebihan jumlah burung, maka kemudian kami sita,” katanya.
Menurut peraturan, enam burung itu harus dimusnahkan ketika dalam tiga hari tidak diurus dokumennya oleh pemiliknya. “Tapi karena kondisi burung-burungnya sehat, maka kami serahkan ke GLZoo sebagai lembaga konservasi,” jelas Heru.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *