Home / Pengetahuan / 457 Burung Siap Diselendupkan Digagalkan Petugas Bandara

457 Burung Siap Diselendupkan Digagalkan Petugas Bandara

Gudang BurungPolsek Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat, menggagalkan pengiriman 457 ekor burung. Meski terbilang bukan burung yang dilindungi, namun jumlah besar membuat polisi terpaksa menangkap sang pemilik.

Kapolsek BIM, Iptu Jhon Herman, mengatakan, penangkapan terhadap OK (49), pemilik 457 ekor burung, dilakukan dini hari tadi pukul 04.30 WIB.

“Setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata pelaku hanya memegang surat sertifikasi kesehatan hewan atau surat karantina, sementara surat-surat lainnya tidak ada,” kata Jhon di BIM, Kamis (6/3/2014).

Warga Marapalam, Kecamatan Padang Timur itu berencana akan naik pesawat Lion Air JT 05.45 WIB. Saat polisi melakukan pemeriksaan di bagian cargo, petugas mencurigai dua kotak berwarna cokelat dan berlubang, Setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata isinya ratusan burung.

“Ada Murai, Kacer, Pleci, Murai Daun, Cucak Ranting, Mandarin dan Celilin. Kata pelaku untuk pernak-pernik yang ditujukan kepada M di Jakarta, tapi ini jumlahnya terlalu banyak,” ujarnya.

Seharusnya, kata Jhon, selain surat karantina OK harus memiliki surat dari BKSDA, surat izin jalan, surat angkutan. “Di sini tidak ada surat-surat itu, yang ada surat karantina dan itu pun sudah 2008. Pelaku bisa dijerat dengan UU No 5 Tahun 1990 Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya,” katanya.

Sementara petugas BKSDA Sumatera Barat, Ruslian, yang datang ke Polsek BIM menjelaskan memang burung tersebut bukan dilindungi Undang-Undang, pelaku melakukan pengiriman burung ilegal dan tidak memiliki surat izin pengangkutan, BKSDA, dan surat-surat lainnya.

“Sebenarnya pemerintah sudah tiga tahun tidak mengeluarkan kuota burung yang bisa dibawa dari luar Sumbar. Meski burung itu tidak dilindungi UU tapi kalau lihat kuota, pelaku bisa kena,” katanya.

Selanjutnya, kata Ruslian, BKSDA menyerahkan penyelidikan kasus ini ke polisi, sementara burung-burung tersebut akan dilepaskan hari ini.

Loading...

About Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pasang Iklan anda. Hubungi SMS 087888327888