Loading...
Liputan

4 Masalah saat Kaki Burung Dipasangi Ring Lengkap dengan Solusinya

Majalahkicau.com – Salah satu cara mengetahui burung yang Anda beli merupakan hasil dari penangkaran adalah adanya ring kode atau cincin pada kaki burung. Ring kode sendiri bisa dibuat sesuai keinginan pemilik penangkaran atau peternakan burung. Anda juga bebas membuat kode tulisan yang tertera pada ring.

Sayangnya, terkadang burung justru mengalami berbagai masalah saat dipasangi ring. Entah karena kesalahan dalam pemasangan atau pemilihan jenis ring yang kurang tepat. Yang jelas, burung bukannya merasa senang tetapi justru tersiksa dan terluka. Burung yang tidak bisa protes hanya mampu meronta kesakitan dan melakukan ‘demo’ pada majikan dengan cara tidak berkicau sama sekali.

Hal ini lumrah ditemui di kehidupan kicau mania. Maka dari itu, Anda harus tahu bagaimana cara memasang ring kode pada kaki burung, kapan harus memasang ring, jenis ring yang nyaman untuk burung, dan dampak yang akan terjadi setelah pemasangan ring kode.

Sekarang mari kita bahas semua masalah tentang ring di kaki burung mulai dari waktu pemasangan.

Semakin muda usia burung, maka semakin baik dipasangi ring atau cincin. Biasanya, pemasangan ring yang paling tepat dilakukan pada saat burung berusia 5-11 hari. Pasalnya, saat usia burung dalam hitungan hari (di bawah 12 hari), kakinya masih lentur, sehingga Anda akan lebih mudah memasangnya.

Setelah memasuki hari ke-12 hingga 15, kaki burung akan berkembang dan menjadi kaku. Ini ditunjukkan bagian telapak kaki yang membesar. Kalau Anda tetap memaksakan untuk memasang ring pada burung kesayangan Anda, bisa jadi kakinya akan terluka dan patah.

Belajar dari beberapa kasus yang dialami kicau mania, pemaksaan pemasangan ring karena terlambat memasang ring akan mengakibatkan kaki burung terluka, patah, bengkok, dan akhirnya cacat.

Selain itu, Anda mulai sekarang harus waspada. Sebab, tidak semua burung yang dipasangi ring merupakan burung hasil penangkaran. Beberapa oknum yang ingin mencari keuntungan, sengaja memasangkan ring pada kaki burung hasil tangkapan hutan. Jelas saja, kaki burung akan terluka karena waktu pemasangannya tidak tepat.

Jadi, intinya Anda harus memeriksa terlebih dahulu bagian kaki burung yang sudah dipasangi ring, siapa tahu ada cacat fisik yang tidak terlihat.

Pemasangan ring pada kaki burung ada caranya tersendiri. Jari kaki bagian belakang ditekuk ke atas agar ring bisa masuk dengan mudah. Proses seperti ini tidak akan menyakiti burung. Namun sebaliknya, jika Anda menekuk kaki belakang ke bawah, maka burung akan merasa kesakitan.

Pencarian Majalah Kicau Mania:
  1. Cara Memasang Ring Merpati Dewasa
  2. Memasang Ring Merpati Dewasa
  3. Cara Memasang Ring Murai Muda Hutan
  4. Cara Memasang Ring Pada Merpati Dewasa
  5. Cara Pasang Ring Murai Muda Hutan
Trending artikel yang sedang hits:
  1. cara membuat ring konin
  2. ukuran ring kolibri ninja
  3. cara membuat ring burung kolibri
  4. ukuran ring burung kolibri ninja
  5. cara membuat ring kolibri
  6. perbedaan kelamin pada burung Bilbong
  7. Ukuran ring untuk burung sogon
Loading...

About the author

Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Comment