Home / Liputan / 17 Cara Membedakan Ciri Fisik Perkutut Lokal dan Perkutut Bangkok

17 Cara Membedakan Ciri Fisik Perkutut Lokal dan Perkutut Bangkok

Jenis burung Perkutut yang paling banyak dipelihara di Indonesia adalah Perkutut Lokal dan Perkutut Bangkok. Keduanya sama-sama memiliki kelebihan dari sisi mistis hingga kemampuan suara di lomba.


Namun, ternyata masih banyak dari kalangan Kung Mania yang masing bingung membedakan Perkutut Lokal dan Perkutut Bangkok. Sebab, kalau dilihat sekilas kedua burung tersebut mempunyai ciri-ciri fisik yang sama.


Kendati demikian, kalau diperhatikan dengan saksama, ada perbedaan ciri fisik di antara burung Perkutut Lokal dan Perkutut Bangkok. Sayangnya, perbedaan ini hanya mudah diketahui bagi Kung Mania yang sudah berpengalaman atau para penangkar.


Sementara penghobi burung biasa tentu masih kesulitan menemukan perbedaan Perkutut Bangkok dan Perkutut Lokal. Oleh karenanya, kami ingin membantu dengan menunjukkan beberapa ciri-ciri fisik burung Perkutut Lokal dan Perkutut Bangkok.


Ciri Perkutut Lokal (youtube.com)


Ciri Perkutut Lokal (youtube.com)


Ukuran Tubuh: Dibandingkan dengan Perkutut Bangkok, ukuran tubuh Perkutut Lokal terlihat lebih kecil.


Kepala dan Leher: Burung Perkutut Lokal mempunyai kepala yang kecil dan membulat. Selain itu, lehernya tampak pendek.


Warna Kacamata: Jika diperhatikan lingkaran kacamata di sekitar mata berwarna abu-abu sedikit kebiruan dan ukuran lebih kecil serta tipis.


Garis di Leher: Muncul garis-garis halus dileher dan warna bulu dadanya lebih gelap.


Ukuran dan Warna Kaki: Panjang kaki Perkutut Lokal terlihat pendek dan warnanya ungu atau merah kehitaman.


Ekor: Coba perhatikan bagian ekornya. Burung Perkutut Lokal mempunyai ekor yang lumayan panjang dan bagian ujungnya lebih lancip.


Asal: Perkutut Lokal rata-rata berasal dari tangkapan hutan sehingga kebanyakan dari mereka tidak mempunyai ring atau cincin.


Warna Bulu: Lihatlah dengan saksama, Anda akan mendapati bahwa warna bulu Perkutut Lokal didominasi warna cokelat.


Suara Burung: Perkutut Lokal memiliki suara yang cenderung pelan dan tipis. Namun, irama suaranya cepat dan suara kung terdengar patah-patah.


Ciri Perkutut Bangkok yang bagus (rcannon992.com)


Ciri Perkutut Bangkok yang bagus (rcannon992.com)


Postur Tubuh: Perkutut Bangkok mempunyai tubuh yang besar dibandingkan dengan Perkutut Lokal.


Kepala dan Leher: Tak hanya tubuh, kepala Perkutut ini juga tampak lebih besar. Di samping itu, lehernya juga panjang sehingga suara kung jadi lebih panjang.


Kacamata: Burung Perkutut Bangkok mempunyai lingkar kacamata yang besar dan tebal, tapi warnanya pucat.


Warna Bulu: Untuk Perkutut Bangkok mayoritas warna lebih cerah, terutama di bagian dadanya.


Ukuran dan Warna Kaki: Tadi Perkutut Lokal memiliki kaki berwarna ungu atau merah kehitaman, sementara Perkutut Bangkok kakinya berwarna merah keunguan. Kaki Perkutut Bangkok lebih panjang dari Perkutut Lokal.


Ekor: Walau ukuran tubuhnya besar, ternyata ekor Perkutut Bangkok terlihat pendek dan bagian ujungnya tumpul atau papak.


Asal: Perkutut Bangkok berasal dari penangkaran atau peternakan sehingga rata-rata Perkutut ini mempunyai ring atau cincin.


Suara Burung: Banyak Kung Mania yang tertarik dengan Perkutut Bangkok karena suaranya besar, tebal, dan ngebass. Irama dan ketukan terdengar jelas serta harmonis. Ujung suara kung panjang dan dlosor.


Perbedaan Perkutut Lokal dan Perkutut Bangkok (bukalapak.com)


Perbedaan Perkutut Lokal dan Perkutut Bangkok (bukalapak.com)


Perbedaan Perkutut Lokal dan Perkutut Bangkok dapat dengan mudah dilihat dari bagian kakinya dulu. Pasalnya, kaki Perkutut Bangkok memiliki ring, sedangkan Perkutut Lokal tidak dikasih ring.


Ukuran tubuhnya juga bisa dijadikan acuan karena Perkutut Lokal lebih kecil dari Perkutut Bangkok. Hal ini juga terjadi pada bagian kepala, leher, dan tubuhnya.


Kalau sulit dibedakan secara fisik, Anda bisa mendengarkan suaranya. Perkutut Bangkok mempunyai suara yang ngebass, tebal, dan panjang. Sementara Perkutut Lokal suaranya kecil, tipis, dan suara kungnya pendek-pendek.


Demikian cara membedakan burung Perkutut Lokal dan Perkutut Bangkok. Semoga Anda bisa dengan mudah membedakan keduanya. Sehingga, saat membeli Anda tidak perlu bingung lagi.


Sumber: Burungnya.com


Loading...

About Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pasang Iklan anda. Hubungi SMS 087888327888