Home / Liputan / 13 Manfaat Memelihara Burung yang Hanya Dirasakan Pria

13 Manfaat Memelihara Burung yang Hanya Dirasakan Pria

Majalahkicau.com – Memelihara burung sudah menjadi hobi dan tradisi sejak dulu kala. Kebanyakan yang memelihara burung adalah seorang pria, sementara wanita terkadang justru marah-marah ketika melihat pasangannya memelihara burung. Meski demikian, saat ini para wanita mulai banyak yang memelihara burung untuk hiburan dan ada pula yang dipelihara untuk ikut lomba.

Murai-Batu-Hammer-YouTube
Manfaat Memelihara Burung

Untuk Anda yang memiliki pasangan pecinta burung, tentunya memelihara burung merupakan hobi yang sangat menyenangkan. Sebab, memelihara atau merawat burung mempunyai manfaat untuk kesehatan dan hiburan penghilang stres.

Sebenarnya, manfaat utama memelihara burung lebih banyak lagi, tidak hanya untuk kesehatan dan penghilang stres. Kami telah merangkum beberapa manfaat memelihara burung seperti yang biasa dirasakan para kicau mania di seluruh nusantara.

Setelah seharian kerja atau sekolah, cobalah beristirahat sambil mendengarkan suara burung peliharaan Anda. Apa yang Anda rasakan? Tentu rasa penat, stres, dan depresi akan hilang seketika. Hati Anda juga akan merasa tenang, damai, tentram, dan badan menjadi fresh kembali. Ya, suara burung memang dapat menjadi media relaksasi untuk menenangkan pikiran. Lebih bagus lagi efeknya kalau suara burung tadi dikombinasikan dengan suara gemercik air atau suara binatang lain.

Saat burung meloncat atau terbang ke sana ke mari, mata Anda akan dilatih untuk mengikuti gerakan burung. Mata bergerak ke kanan, ke kiri, ke atas, dan ke bawah. Hal ini merupakan salah satu terapi untuk menjaga kesehatan mata, terutama para penderita stroke.

Memelihara burung dapat meningkatkan kemampuan kita dalam bekerja. Setelah mendengar suara kicauan burung, otak akan kembali fresh dan segar, sehingga kerja menjadi lebih maksimal. Anda tidak akan mudah mengantuk dan malas-malasan lagi. Di samping itu, demi burung tercinta, Anda akan termotivasi untuk kerja lebih giat karena harga kebutuhan burung sehari-hari cukup mahal. Jadi, mau tak mau Anda harus kerja lebih keras dari sebelumnya.

Seperti yang disampaikan oleh NewBuryPortNews, proses memberi pakan burung ternyata memiliki banyak efek positif, seperti mengembangkan keterampilan motorik, melatih jari atau tangan yang kaku, menjadikan seseorang memiliki tujuan hidup, merasakan kebebasan, dan mengurangi depresi (jika memberi pakan dilakukan di luar rumah). Efek positif ini akan lebih terasa untuk orang tua yang sudah lanjut usia.

Konon katanya, mendengarkan musik klasik sangat baik untuk perkembangan otak bayi. Nah, suara burung juga memiliki efek yang sama seperti musik klasik. Bahkan, variasi kicauan burung katanya berdampak positif pada syaraf-syaraf di otak manusia.

Beberapa kicau mania yang sering melakukan latihan bersama atau ikut perlombaan burung, pasti mempunyai lebih banyak teman dan koneksi. Mereka biasanya saling berbagi pengalaman dan ilmu tentang cara merawat burung. Tak hanya itu, grup-grup komunitas burung di media sosial seperti Facebook juga bermanfaat untuk mempererat hubungan sosial dan persaudaraan.

Bagi Anda yang pernah memenangkan lomba burung, tentu akan merasa bangga. Anda pasti juga dipuja dan dipuji para kicau mania. Kalau beruntung, burung juara Anda akan dibeli dengan harga yang sangat mahal. Namun, sebenarnya bukan masalah harga burung yang bikin bangga, tapi usaha keras dalam merawat burung hingga menjadi juara yang membuat pecinta burung merasa bangga.

Penghobi burung di Jawa percaya bahwa burung bisa membawa rezeki dan keberuntungan, terutama burung Perkutut. Mitosnya, suara burung Perkutut dapat melapangkan rezeki bagi pemiliknya. Selain itu, ada yang beranggapan bahwa suara burung Perkutut merupakan pertanda akan ada tamu baik yang mendatangi rumah Anda.

Anda akan merasa lebih bahagia jika memelihara burung yang sudah jinak. Sebab, burung-burung ini lebih patuh pada pemiliknya sehingga Anda bisa mengajaknya jalan-jalan atau bermain bersama. Untuk melatih burung agar cepat jinak, Anda bisa menyimak artikel 5 Cara Menjinakkan Semua Jenis Burung Kicau Tanpa Mengeluarkan Biaya.

Burung-burung pintar yang bisa bicara dapat menjaga rumah Anda dari orang-orang yang berniat jahat. Mereka akan berkicau keras sekali untuk memperingatkan Anda bahwa ada orang di depan rumah Anda. Namun, burung seperti ini biasanya burung yang sudah terlatih. Jadi, tidak semua jenis burung bisa melakukannya.

Terlalu banyak memelihara burung, terkadang merepotkan. Jalan satu-satunya yang menguntukan adalah menjualnya. Hal ini bisa dijadikan bisnis sampingan. Selain lebih mudah, Anda tidak perlu usaha ekstra karena semua rencana dan pelaksana bisnisnya dijalankan berdasarkan hobi.

Jika Anda ingin rumah terasa lebih hidup dan asri, maka peliharalah burung kicau. Burung-burung seperti ini akan meramaikan rumah Anda yang sepi dan menciptakan suasana seperti berada di alam. Jadi, Anda akan merasa bebas, meski berada di dalam rumah.

Bagi yang sudah memiliki anak, memelihara burung bisa dijadikan media belajar mengenal dunia hewan. Anak akan belajar mengenal suara burung, mengenal warna burung, merawat burung, dan menjaga burung dengan baik. Semua pembelajaran tadi bisa Anda lakukan jika Anda memelihara burung di rumah.

Demikian beberapa manfaat memelihara burung yang hanya dirasakan para pria. Mengapa hanya pria? Sebab, sebagian besar wanita tidak akan tahu betapa nikmatnya memelihara burung di rumah. Kebanyakan wanita justru marah-marah bila ada yang memelihara burung. Jika Anda termasuk pria yang sering kena marah gara-gara memelihara burung, Anda bisa membaca artikel 10 Cara Membuat Istri Menyukai Burung Peliharaan. Suami Semoga bermanfaat.

Loading...

About Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pasang Iklan anda. Hubungi SMS 087888327888