Home / Liputan / 10 Cara Meningkatkan Volume Suara Agar Kacer Gacor Ngeplong

10 Cara Meningkatkan Volume Suara Agar Kacer Gacor Ngeplong

 Kacer termasuk tipikal burung fighter yang pintar menirukan suara burung lainnya. Sayangnya, kalau burung Kacer malas bunyi atau cuma ngriwik saja, tentu hal ini terlihat kurang bagus di mata juri. Oleh karena itu, volume suaranya harus ditingkatkan agar Kacer gacor ngeplong.


Masalahnya, setiap burung Kacer mempunyai karakter yang tidak sama satu sama lain. Ada burung Kacer yang sudah gacor sejak lahir karena faktor keturunan. Ada pula burung Kacer yang harus dilatih atau diberi perawatan agar jadi gacor ngeplong dan berkicau lantang.


Kacer Gacor (wikimedia.org)

Kacer Gacor (wikimedia.org)

Untuk perawatan burung Kacer yang tujuannya meningkatkan volume suara, maka Anda tidak bisa hanya mengandalkan makan voer setiap hari dan cuma diberi minum saja. Ini terlalu standar, tak heran burung Kacer Anda tidak mau gacor ngeplong.


Anda harus merawat Kacer seperti burung yang akan dilombakan. Perawatan dilakukan setiap hari, tapi dengan tindakan khusus yang beda dari pola perawatan harian.


Berikut perawatan burung Kacer agar gacor dan ngeplong:


Setiap hari burung Kacer harus diembunkan. Tujuannya agar Kacer rajin bunyi dan berkicau lantang. Sembari mengembunkan burung Kacer, Anda bisa memberikan pakan tambahan berupa 1 sendok teh kroto.


Pengembunan bisa dilakukan pagi hari sebelum matahari terbit. Jika Anda setelah solat Subuh tidak ada kegiatan, maka gunakan waktu luang tersebut untuk mengembunkan burung Kacer.


Tidak hanya pengembunan, burung Kacer juga harus dimandikan setiap hari. Minimal setiap pagi Anda harus memandikan burung Kacer. Manfaat mandi pagi untuk Kacer bisa menyegarkan tubuh dan membuat tubuh Kacer selalu bersih dari gangguan kutu serta tungau.


Ternyata Kacer juga harus diumbar agar staminanya tetap terjaga. Burung Kacer yang sering diumbar biasanya mempunyai stamina yang kuat dan jarang terkena penyakit.


Pengumbaran pada burung Kacer dapat dilakukan setiap 2-3 kali seminggu. Waktu pengumbaran kalau bisa sebelum burung Kacer dijemur.


Burung Kacer cukup sensitif dengan penjemuran. Jika terlalu lama, burung Kacer jadi malas bunyi. Namun, jika kurang durasi penjemuran, burung Kacer kurang maksimal kicauannya.


Oleh karena itu, jemur burung Kacer maksimal 2 jam. Anda bisa melakukan penjemuran sejak matahari terbit. Yang terpenting jangan menjemur Kacer melewati jam 09.00 pagi, karena sinar matahari sudah cukup panas.


Kacer yang baru dijemur tentu suhu tubuhnya akan meningkat atau memanas. Maka dari itu, Anda harus membuat suhu tubuhnya normal kembali dengan meletakkan burung Kacer di tempat yang sejuk.


Cari tempat sejuk dengan sedikit tiupan angin. Kalau Anda memilih di bawah pohon yang rindang, maka Anda harus mengawasinya karena pohon merupakan daerah kekuasaan ular dan hewan predator lainnya.


Oh iya, jangan lupa membersihkan sangkar burung Kacer setiap hari. Jadi, sambil memandikan burung, Anda bisa membersihkan kotorannya dan cepuk air minum serta cepuk pakan. Jangan lupa, tangkringan Kacer juga perlu dibersihkan agar kakinya sehat dan mampu mencengkram dengan kuat.


Berikan pakan yang setiap hari disukai burung Kacer. Kalau burung Kacer sudah suka voer merek A, maka jangan tiba-tiba mengganti dengan voer merek B. Ini membuat burung Kacer stres dan malas makan.


Akibatnya, burung Kacer macet bunyi dan tidak mau berkicau lagi. Kalau sudah begini, penanganannya cukup merepotkan. Oleh karena itu, jika Anda baru membeli burung Kacer, sebaiknya tanyakan merek voer yang sering diberikan dan kalau bisa beli tangkringannya sekalian.


Pakan voer untuk harian sebenarnya memang sudah cukup. Namun, untuk membuat burung Kacer gacor ngeplong, maka diperlukan pakan tambahan atau extra fooding (EF). Apa saja EF yang bagus untuk Kacer? Pakan tambahan Kacer bisa berupa jangkrik, ulat Hong Kong, kepompong, dan belalang.


Kebersihan merupakan sebagian dari iman. Jadi, kebersihan tempat makan dan minum burung Kacer juga harus diperhatikan. Setiap hari pakan dan minum diganti agar tidak ditumbuhi jamur dan lumut.


Untuk meningkat volume burung Kacer agar gacor dan ngeplong, maka diperlukan pemasteran. Anda bisa memaster Kacer dengan burung lain yang fighter atau suara audio MP3 dan video YouTube. Jika bingung mencarinya, Anda bisa mengunduh aplikasi suara masteran.


Waktu pemasteran bisa dilakukan sejak sore hari sampai keesokan harinya. Suara masteran burung cukup pelan saja, yang penting mengalun-alun suaranya. Jangan lupa saat dimaster, burung Kacer dikerodong agar hasilnya maksimal.


Kacer Ngeplong (laughingfrogphotography.com)

Kacer Ngeplong (laughingfrogphotography.com)

Dari beberapa perawatan tadi dapat diambil kesimpulan bahwa perawatan untuk meningkatkan volume suara Kacer gacor ngeplong, intinya membuat burung nyaman.


Coba perhatikan, mulai dari awal burung diembunkan agar tubuhnya fresh dan saluran napasnya lancar. Kemudian dimandikan, dijemur, serta diumbar. Tujuannya untuk memperkuat stamina agar tubuh Kacer fit dan tidak mudah terserang penyakit.


Ditambah pula asupan makanan bergizi dari Extra Fooding dan vitamin. Tak lupa, burung Kacer juga selalu mendapat tempat yang nyaman karena sangkar bersih dan udara sejuk.


Jika sudah nyaman, burung Kacer dipancing dengan suara masteran. Sehingga, seolah-olah dia mempunyai teman bermain atau teman untuk latihan berkicau. Jadi burung Kacer tidak merasa kesepian.


Sumber: Burungnya.com

Loading...

About Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pasang Iklan anda. Hubungi SMS 087888327888