Loading...
Info Harga

Update Harga Burung Walet November 2017

Harga Burung Walet – Burung Walet atau Collocalla Vestita merupakan burung yang sangat terkenal di berbagai belahan dunia. Burung ini memiliki popularitas yang tinggi karena bisa menghasilkan sarang yang merupakan komoditas dengan nilai jual sangat mahal. Burung yang termasuk dalam famili Apodidae ini hidup secara berkelompok dan menyukai tempat-tempat gelap sebagai rumahnya.

Gambar Burung Walet
Gambar Burung Walet


Di alam liar, Walet bisa dijumpai hidup di sekitar gua yang berada di sekitar bibir pantai. Burung Walet yang hidup bebas memiliki harga jual sarang yang jauh lebih tinggi dibandingkan Walet yang diternak. Hal tersebut berkaitan dengan proses memanen sarang Walet yang tidak mudah dan penuh dengan resiko. Salah satu wilayah yang terkenal menghasilkan sawang Walet alam ada di Cilacap, Jawa Tengah.


Burung Walet berkerabat dekat dengan burung Kolibri dan Sriti. Bahkan bagi orang awam sulit membedakan antara burung Walet dan Sriti karena penampilan fisik yang sangat mirip. Namun, keduanya bisa dibedakan dengan membandingkan ukuran tubuh. Panjang rata-rata tubuh burung Walet sekitar 9 cm hingga 10 cm sementara burung Sriti bisa mencapai dua kali lipat lebih besar. Bagian ekor Walet terlihat lebih pendek dan tidak terlalu runcing sedangkan Sriti memiliki ekor yang lebih panjang dan lancip. Berfokus pada burung Walet, sayapnya terlihat runcing saat sedang terbang. Warna bulu yang membalut tubuhnya hanya terdiri dari dua warna gelap, yaitu cokelat tua dan hitam.

Gambar Burung Walet Putih Gambar Burung Walet Putih


Walet merupakan burung yang tidak dapat bertengger atau berdiri di atas ranting pohon, tidak seperti burung pada umumnya. Hal tersebut disebabkan oleh kakinya yang sangat pendek. Namun, kaki Walet justru dapat digunakan untuk menempel pada dinding gua atau bangunan. Sekilas memang cara hidup Walet mirip dengan Kelelawar. Saat tinggal di suatu tempat, burung Walet akan membentuk sarang yang terbuat dari air liur. Air liur dikumpulkan hingga mengeras dan digunakan sebagaitempat untuk membesarkan anak-anaknya. Sarang dari burung Walet itu yang kemudian menjadi komoditas yang harganya jauh lebih mahal dibandingkan harga burung.


Harga burung Walet per ekor tidak bisa dibilang murah juga, walaupun tidak bisa menyaingi harga sarang yang bisa mencapai puluhan juta. Jika Anda berniat untuk memelihara Walet maka sangat perlu memperhatikan banyak hal. Mengingat burung ini memerlukan treatment khusus agar dapat menghasilkan air liur yang baik. Bagi para pengusaha pemula yang baru saja menggeluti dunia usaha Walet sering bingung dan kewalahan terutama untuk membuat tempat tinggal Walet. Anda setidaknya harus menyediakan ruangan khusus yang bercahaya redup bahkan gelap. Atur suhu di ruangan agar selalu lembap sehingga burung tertarik untuk hidup di dalamnya.

Foto Burung Walet Asli Foto Burung Walet Asli


Memulai usaha Walet sangat dianjurkan sejak burung masih kecil. Kalau bisa pelihara burung sejak baru menetas. Anda bisa mendapatkan telur burung Walet di pasaran dengan harga yang relatif murah. Jika Anda membeli burung Walet yang sudah besar akan sulit untuk dilatih dan dibiasakan untuk pulang ke tempat yang telah Anda sediakan. Harga burung Walet saat ini juga lebih mahal dibanding harga telurnya.  Selama masa perawatan Anda harus sering membersihkan ruangan atau rumah Walet, paling tidak lakukan sebanyak 3 kali dalam seminggu. Saat burung sudah mulai dewasa maka bisa mulai memproduksi sarang. Biasanya semakin tua usia burung maka sarang yang dihasilkan semakin keras sehingga saat diolah perlu dimasak dalam waktu yang lebih lama.

Loading...

About the author

Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Comment