Masalah paling umum yang sering terjadi pada burung kenari adalah burung yang mengalami overbirahi. Hal tersebut bisa sangat mengganggu terutama pada burung yang sering dilombakan. Overbirahi bisa diatasi dengan melakukan beberapa perawatan sebagai ber…

Ketika ingin membeli burung kenari, apakah yang ada dalam pikiran anda?  apakah ingin membeli kenari untuk didengarkan suaranya atau karena tertarik dengan postur atau warnanya yang menggoda.  seperti yang kita tahu kalau burung kenari itu banyak jenis dan macamnya jadi kalau kita ingin membeli burung kenari untuk klangenan atau untuk mendengarkan kicauannya yang indah yaa beli beli kenari yang biasa (kenari penyanyi). 
ada beberapa macam type kenari diantaranya : penyanyi, postur dan warna. 


Kenari penyanyi misalnya jenis kenari lokal atau campuran (disini lazim disebut kenari AF atau Lokal Super), American Singer, German Rollers, Spanish Timbrado atau waterslagger.. kenari kenari itulah yang kerap dilombakan untuk dinilai suara dan lagunya. 


Kenari Warna merupakan jenis kenari yang memiliki variasi warna yang berbeda. dengan 35-40 warna yang berbeda , kenari jenis ini dikembang biakan secara silang untuk menghasilkan kenari yang berwarna indah.

Kenari Postur adalah kenari Type dan kenari ini bisa dilihat dari bentuk tubuhnya yang berbeda, misalnya Gloster, Fife, Yorkshire, Stafford, Parisian Frills, Lizard dan Northern Dutch Frills. kenari jenis ini ada juga beberapa yang bisa bernyanyi bagus. 

Apapun pilihannya, rawatannya tetap sama saja. mau kenari lokal atau impor kalau kita telaten dan mengerti bagaimana perawatan burung tentulah kenari burung tersebut akan membanggakan pemiliknya. nah kebetulan disini saya akan berbagi mengenai perawatan dasar burung kenari jantan yang akan terbagi dalam dua bagian. dan ini adalah bagian pertama.

Pemilihan Kandang 
Kandang untuk burung kenari sebaiknya menggunakan kandang kotak yang berukuran luas agar burung bisa leluasa bergerak sebagai salah satu cara melatihnya. tangkringan bisa dibuat dua buah dengan posisi sejajar ataupun melintang.  

Penempatan kandang 
kenari jantan akan memberi respon yang baik selama berada ditempat yang terang, gantunglah di dalam ruangan atau diteras rumah dimana anda biasa menghabiskan waktu santai saat berada dirumah, dan jika burung disimpan di dalam ruangan pastikan ruangan tersebut memiliki jendela yang bisa terkena sorotan cahaya matahari langsung dan agar burung bisa melihat berlalunya hari (dari gelap ke pagi dan sebaliknya) dan sebaiknya hindari menggantung burung didepan pintu masuk atau ventilasi udara. 

Kerodong 
Pemberian kerodong untuk burung menjelang malam sangat baik untuk burung, selain untuk menjaga kondisi tubuhnya dari terpaan angin juga menghindari burung dari gigitan nyamuk dan juga burung bisa beristirahat dengan tenang untuk mengumpulkan energinya untuk esok harinya. dan biasanya burung yang dikerodong malam harinya akan lebih optimal dalam bersuaranya karena energinya sudah terkumpul dari istirahatnya yang tanpa gangguan akibat dikerodong tersebut. 

Mandi
Kenari termasuk burung yang suka mandi. jadi jangan lupa setiap hari burung harus dimandikan , jika burung tidak mau mandi bisa dipancing dengan cara disemprot halus terlebih dahulu dengan sprayer. setelah mandi burung diangin-anginkan biar bulu-bulunya mengering baru setelah it dijemur. jangan menjemur burung sewaktu burung masih dalam kondisi basah kuyup karena hal itu bisa merusak bulu-bulunya. 

Kualitas Udara
Kenari juga termasuk burung yang memiliki indera penciuman yang sensitif, bahkan kenari pada jaman dahulu kerap digunakan untuk mendeteksi kebocoran gas beracun dalam sebuah penggalian tambang.  jauhkan dari lokasi yang jika didekat lokasi tersebut ada yang membakar sampah, asap rokok atau hal lain yang bersifat mencemari kualitas udara seperti bau knalpot, bau bensin, dll. ada beberapa jenis kenari yang akan langsung menderita sesak nafas dan dilanjut ke kematian setelah menghisap udara yang dipenuhi asap pembakaran sampah. 

Makanan
Kenari termasuk pemakan biji-bijian, gunakan merek yang bagus yang menggunakan campuran biji-bijian yang lengkap, untuk saat sekarang ini hampir semua merek komersial sudah sangat bagus dan berkualitas. apalagi sekarang juga sudah banyak yang memberikan burung kenari makanan yang berbentuk ‘pelet’ seperti voer selain dari makan biji-bijiannya. 

Makanan hijau
Pemberian pakan tambahan seperti makanan hijau atau sayuran sangat baik untuk menjaga kondisi kenari aar tetap lincah dan Fit. berikan sayuran setidaknya tiga kali seminggu. pakan yang paling baik adalah yang masih berupa benih tetapi bisa juga diberikan selada, bayam, brokoli dsb. sebelum diberikan sebaiknya sayuran dibersihkan dahulu dengan air bersih untuk membersihkan pestisida yang masih menempel jika sayuran tersebut menggunakan pestisida untuk mengusir hama. 
Jangan lupa juga menyertakan buah-buahan segar kedalam menu makannya setidaknya sekali atau dua kali dalam seminggu. berikan sepotong kecil jeruk atau apel, kenari sangat menyukai buah-buahan jenis apa saja kecuali alpukat. jaid sebaiknya hindari memberikan buah alpukat untuk burung anda. Bee pollen juga sangat bagus diberikan karena mengandung segudang vitamin dan mineral seperti halnya produk ganggang hijau yang disebut dengan Spirulina.  Yang jelas selama pemberian pakan tersebut hindari memberikan secara berlebihan , karena bisa membuat kenari menjadi cepat gemuk dan malas-malasan.

Makanan EggFood 
Pemberian telur rebus yang dicampur dengan sumber pakan lain seperti remah roti, wortel, sayuran, buah-buahan dan lain lain (anda bisa berkreasi sendiri menciptakan menu eggfood ini) merupakan sumber makan yang kaya protein dan sangat baik dihidangkan sewaktu mengembang biakan kenari.  

Tulang Sotong
Tulang Sotong bisa digantung dalam kandangnya. ini berfungsi sebagai sumber kalsium bagi burung kenari, juga bisa digunakan burung untuk mengasah atau membersihkan paruhnya. sediakan juga yodium sebagai mineral tambahan untuk mencegah kerontokan bulu disekitar leher dan kepala, karena kenari yang kekurangan iodium bisa botak pada kepala dan sekitar lehernya. 

Tenggeran 
Gunakan tenggeran yang aman dan nyaman bagi burung, tenggeran yang terlalu lunak atau banyak bekas potongan dahan sewaktu waktu bisa melukai burung.  tenggeran yang bagus bisa terbuat dari bahan plastik ataupun dari ranting pohon jambu biji dan ranting pohon asem, tetapi anda juga bisa menggunakan tenggeran lain yang kira-kira sesuai dengan cengkeraman dan terasa aman dan nyaman bagi burung. tenggeran yang jelek bisa mengakibatkan burung tidak betah diam dan lebih sering mengangkat kakinya karena terluka. selain itu di toko toko burung banyak juga yang menjual aneka jenis tenggeran untuk burung anda. 

Air Minum
Untuk air minum sebaiknya hindari memberikan burung dengan air yang bersumber dari ledeng, sebaiknya gunakan air sumur atau lebih bagus lagi dan jika tidak merepotkan bisa diberikan air mineral setiap harinya. jika kandang menggunakan cepuk minum biasa maka air minum harus diganti setidaknya sehari sekali untuk mencegah munculnya lumut dalam tempat air minumnya. 

Grit
Grit berfungsi sebagai tambahan mineral sepreti halnya tulang sotong dan juga berguna untuk membantu pencernaan burung, pemberian grit ini tidak mutlak kalau sudah ada sumber mineral lainnya seperti menambah tulang kerang untuk sumber mineralnya.

Vitamin
Jika menu untuk burung kenari anda berupa bee pollen, makan hijau, buah, biji-bijian yang berkualitas berarti anda sudah memenuhi kebutuhan vitaminnya, namun jika masih ingin menambahkan vitamin anda bisa memilih vitamin mana yang baik dan tepat untuk burung kenari anda. jika anda menggunakan vitamin yang larut dalam air maka bisa dicampur dengan air minumnya dan diganti setiap hari untuk menghindari tumbuhnya bakteri.  disini anda bisa  menggunakan BirdVit untuk menjaga kesehatan kenari anda. 

Makanan berwarna
Makanan berwarna disini dikhususkan bagi anda yang memelihara kenari warna untuk menjaga warnanya tetap alami dan tidak berubah seperti kenari merah. makanan yang mengandung beta-carotene sangat dibutuhkan untuk menjaga warna burung agar tidak cepat berubah warnanya sewaktu mengalami masa pergantian bulu. makanan yang mengandung pewarna ini (beta carotene) meliputi wortel, sayuran dll.

Kenari tidak mau bunyi
Kenari jantan pasti akan berkicau untuk menarik pasangannya, jika kenari jantan tidak mau berbunyi ada kemungkinan kenari tersebut sedang akan menghadapi masa mabung (rontok bulu) atau kondisi kesehatannya terganggu, tetapi jika kenari tersebut baru anda beli, maka tunggulah hingga sekitar dua minggu untuk burung bisa beradaptasi dengan lingkungan baru dan sekitar kandangnya. pancinglah dengan suara mengalun dari Musik Klasik atau suara kicauan kenari lain dari MP3 untuk memancing kenari tersebut mau bersuara. 

–>
Begitulah perawatan dasar kenari yang akan saya tulis dalam dua bagian. dan dalam bagian kedua nanti akan dijelaskan bagaimana perawatan dasar kenari jika mengalami masalah seperti penyakit dan pergantian bulu.  ©aries.munandi

http://majalahkicau.com

Menyambung artikel terdahulu mengenai ragam jenis burung kenari impor bagian 1, berikut adalah ulasan mengenai ragam jenis burung kenari impor.KENARI GLOSTERRata rata kenari yang memiliki warna ataupun bentuk tubuh yang unik jarang mempunyai lagu yan…

Saat burung kenari mabung adalah hal wajar bagi burung dan terjadi setidaknya beberapa kali dalam setahun dan pekerjaan kita pun menjadi bertambah,, membersihkan kandang dari bulu bulu yang berserakan didasar kandangnya. tetapi apa boleh bisa dikata, proses mabung adalah proses alamiah burung dalam merenovasi dirinya. Untuk kenari proses pergantian bulu adalah proses dimana mereka harus merontokan bulu lama dan kemudian menumbuhkan bulu baru, proses ini bisa memakan waktu sekitar 1-2 bulan untuk tumbuhnya bulu baru. untuk kenari dewasa proses mabung biasanya dimulai dengan bulu sayap lalu menyebar ke kedua sisi dari tubuhnya dan selesai pada bagian leher dan kepala. setidaknya sekitar 2000 bulu hilang dan akan tumbuh kembali sewaktu proses ini berlangsung.


Lalu bagaimana jika kita ingin mempercepat proses pergantian bulu pada kenari kita? Jawaban yang paling cepat dan akurat adalah ‘Makanan bergizi’. Makanan yang bergizi tinggi sangat diperlukan untuk mempromosikan pertumbuhan bulu bari dari tubuh kenari yang sedang mengalami proses mabung tersebut.

Bulu burung terdiri dan terbuat dari portein utama, protein protein ini terdiri dari 21 jenis protein berbeda yang mengandung asam amino . dan 2 yang paling penting dalam asam amino ini adalah lysine dan Methionine sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan bulu baru. kedua unsur asam ini cenderung lebih cepat habis didalam tubuh kenari yang sedang mengalami pergantian bulu atau mabung. oleh karena itu burung kenari membutuhkan banyak asam amino yang penting. Sejumlah besar energi yang terkandung dalam karbohidrat, vitamin, lemak dan mineral juga dibutuhkan burung untuk mempercepat tumbuhnya bulu baru dan mengembalikan kondisi mereka seperti sedia kala. dan dengan menyediakan nutrisi yang tepat burung mampu merontokan dan mengganti bulu lebih cepat. selain itu bulu baru akan menjadi lebih kuat.

Berikut adalah daftar daftar makanan yang mengandung nutrisi yang baik untuk kenari yang sedang mengalami masa mabung:

  1. BIJI BIJIAN BERKECAMBAH
    Biji bijian yang terlebih dahulu direndam dengan air agar tumbuh kecambahnya.
  2. BEE POLLEN
    Bee Pollen Salah satu sumber protein yang paling lengkap, Bee Pollen berasal dari kata Bee (lebah) dan Pollen (serbuk sari bunga jantan), jadi Bee Pollen berarti Serbuk Sari Bunga Jantan yang diambil oleh lebah dan digunakan sebagai makanan pokok dari seluruh koloni lebah madu. Istilah yang sering digunakan oleh para peternak untuk Bee Pollen adalah “Roti Lebah”. Proses pengambilan Bee Pollen itu sendiri sangat sederhana. Sewaktu lebah menghisap nektar (bakal madu) dari bunga, serbuk sari bersama nektar dan liur lebah terkumpul kemudian disimpan pada kantung pollen yang terdapat pada kakinya
  3. TELUR REBUS
    Telur rebus adalah sumber protein yang baik, rebus telur hingga matang lalu berikan setelah kondisi telurnya dingin. hati hati jangan memberikan telur rebus yang masih panas atau hangat.

  4. SAYUR SAYURAN
    Sayur sayuran yang diutamakan adalah sayuran yang berwarna hijau gelap karena sayuran yang demikian ini mengandung protein lebih tinggi dari yang selama ini anda pikirkan.
  5. GRIT YANG MENGANDUNG MINERAL
    Grit adalah sebuah sumber mineral yang sepenuhnya dicerna dalam lambung burung untuk kebutuhan kalsium dan mineral lainnya yang dibutuhkan untuk pertumbuhan bulu.

  6. KULIT TIRAM
    adalah sumber utama dari kalsium dan yodium
  7. TULANG SOTONG
    banyak mengandung kalsium dan mineral
  8. SPIRULINA
    tumbuhan mikroganggang yang hidup sejak 3,6 milyar tahun yang lalu, merupakan sumber nutrisi alami yang paling lengkap bila dibandingkan dengan sumber nutrisi lain yang pernah ada. (baca informasi mengenai spirulina disini )
  9. BIRDMOLT ( BMT )
    BirdMolt/BMT terdiri dari multi vitamin dan multi mineral cair yang dilengkapi dengan suplemen lain yang lengkap dan seimbang disertai bahan aktif yang diracik khusus untuk mendorong pelepasan bulu lama dengan cara menumbuhkan bulu baru, mencegah bulu baru pecah-pecah, kusam dan tumbuh tidak rata.Produk ini bisa anda dapatkan disini
  10. VITAMIN
    Vitamin tambahan untuk mendukung kesehatan ,pertumbuhan dan mengembalikan kondisi burung setelah masa mabung, contohnya BirdVit
Cara lain untuk membantu burung kenari melewati proses mabungnya adalah meberinya latihan dan mandi, dengan menyediakan sangkar yang luas dengan jumlah tangkringan yg berjauhan agar burung bisa terbang dengan leluasa serta Mandi setiap hari juga membantu mendorong bulu bulu tua agar cepat rontok dan mempercepat tumbuhnya akar bulu, akar bulu ini akan menyebarkan minyak ke bulu keseluruhan yang bisa menyehatkan bulu dan sekaligus membuatnya berkilau.

Tentunya proses dan perawatan mabung untuk setiap jenis burung akan berbeda beda, akan tetapi dengan pemberian makanan yang tepat dan bernutrisi tinggi seperti yang telah saya sebutkan diatas, setidaknya bisa mempercepat proses pertumbuhan bulu dimasa pergantian bulu. dan dalam waktu yang tidak terlalu lama burung kenari akan bisa bernyanyi dan menghibur tuannya dengan riang. (@ariesmunandi)

http://majalahkicau.com

Persilangan antara finch dengan burung kenari sering juga disebut dengan ‘kenari mule’ atau yang pada dasarnya dikenal dengan sebutan kenari hybrid. Persilangan kenari dengan finch ini akan menghasilkan burung dengan nada yang lebih merdu dan irama yan…

Penjodohan burung kenari dapat dilakukan dengan beberapa macam cara. Menurut seorang pakar kenari sebagaimana dikutip Sridadi dalam buku “Beternak burung kenari”, penjodohan dapat dilakukan dengan tiga macam cara, yakni: (1) penjodohan dengan pasangan tetap, (2) penjodohan dengan pasangan tidak tetap, dan (3) penjodohan secara massal.
Proses penjodohan ini dilakukan setelah Anda melakukan pemilihan induk burung kenari.
1. Pasangan TetapPenjodohan dengan pasangan tetap adalah proses penjodohan yang diiakukan dengan menggunakan pasangan yang sama. Penjodohan dengan pasangan tetap dapat juga dibedakan menjadi dua pengertian, yakni:
(1) penjodohan dengan pasangan tetap dan hanya satu pasang, dan
(2) penjodohan dengan pasangan tetap dengan beberapa indukan (2—4 induk).
Artinya, untuk satu pejantan dapat dijodohkan dua sampai empat indukan secara bergantian.
Penjodohan dengan pengertian pertama umumnya antara induk betina dan pejantan tidak pernah dipisahkan sejak proses penjodohan, bertelur, menetas, dan membesarkan anak. Induk jantan dan betina bersama-samamembesarkan anak-anaknya. Dengan demikian, induk jantan tidak terforsir untuk mengawini beberapa indukan betina sehingga kondisi kesehatannya tetap baik.
Penjodohan dengan pasangan yang tetap menurut beberapa peternak dianggap kurang efektif karena satu jantan hanya dikawinkan dengan satu betina. Padahal, satu induk jantan dapat dikawinkan dengan beberapa induk betina selama waktu istirahat dan menu makanannya terjamin.
2. Pasangan Tidak TetapPenjodohan dengan pasangan tidak tetap umumnya dilakukan oleh penangkar yang hanya memiliki induk jantan terbatas, sedangkanjumlah induk betina cukup banyak. Proses penjodohannya hanya berdasarkan situasi, misalnya ketika ada induk betina yang sudah dijodohkan karena anak-anaknya sudah dapat makan sendiri.
Jika induk betina tersebut sudah tampak siap kawin lagi, maka dapat segera dijodohkan dengan induk jantan lain supaya tidak terlambat untuk bertelur lagi.
Keuntungan penjodohan burung kenari dengan pasangan yang tidak tetap adalah produksi telur dan anakan kenari dapat berlangsung terus-menerus sampai batas waktu tertentu.
Sedangkan kelemahan penjodohan burung kenari dengan pasangan yang tidak tetap adalah kualitas anakan kenari yang dihasilkan kurang bagus, baik dan segi warnanya maupun suaranya. Sebab, penangkar umumnya tidak memperhatikan latar belakang penjodohan tersebut, mereka hanya berorientasi padajumlah produksi yang dihasilkan.
Di samping itu, induk jantan yang digunakan secara terus-menerus dan kurang beristirahat menyebabkan vitaÍitasnya cepat menurun. Burung kenari jantan yang terlalu diforsir untuk mengawini induk kenari akan menghasilkan anakan kenari yang kualitasnya kurang bagus.
Agar kualitas pejantan selalu dalam kondisi prima, maka kualitas pakan dan kebutuhan menu pakan harus sungguh-sungguh diperhatikan. Makanan yang diberikan harus lebih baik daripada biasanya agar kebutuhan energi dan nilai kalori yang masuk ke dalam tubuh kenari seimbang dengan tenaga yang dikeluarkan.
Jika tenaga yang dikeluarkan lebih besar daripada kebutuhan energi, maka lama kelamaan kondisi burung tersebut akan semakin menurun dan akhimya dapat menyebabkan kematian.
3. Penjodohan secara Massal

Penjodohan burung kenari

Penjodohan burung kenari secara massal dilakukan dengan cara memasukkan beberapa kenari j antan dan betina menjadi satu dalam sangkar yang cukup besar.
Cara penjodohan kenari secara masal ini umumnya sudah ditinggalkan oleh para penangkar. Keuntungan penjodohan kenari secara massai ini adalah pemberian pakan relatif cepat. Sedangkan keiemahan penjodohan kenari secara massal adalah:
a) burung-burung kenari tersebut lebih lama mencari jodoh;
b) proses perkawinan terganggu karena sifat pejantan adalah suka bertarung dengan sesama pejantan lain;
c) burung kenari yang kalah akan sedikit mengkonsumsi makanan sehingga menjadi kurus dan mudah terserang penyakit;
d) jika satu atau dua burung kenari terinfeksi penyakit dan tidak segera ditangani, maka penyakit tersebut akan menular kepada burung kenari yang lain dengan cepat. (Bersambung)

http://majalahkicau.com

Burung kenari saat ini mulai naik daun lagi sebagai obyek penangkaran setelah beberapa waktu lalu sempat turun pamornya karena orang lebih terfokus pada penangkaran burung lovebird. Berkaitan dengan hal itu ada baiknya kita simak lagi beberapa referensi tentang penangkaran burung kenari.
Pada blog ini pernah diulas secara umum tentang penangkaran burung kenari. Namun untuk kali ini, akan dibahas lebih detil tentang pemilihan calon indukan dan ciri-ciri burung kenari yang siap tangkar.
Untuk mendapatkan burung kenari jantan dan betina yang benar-benar telah siap kawin perlu pengalaman yang cukup. Sebagai gambaran umum, burung kenari jenis Holland secara normal biasanya pada usia 7 — 8 bulan, baik jantan maupun betina, sudah siap melakukan reproduksi.
Memilih calon indukan
Para penangkar pemula yang belum berpengalaman memang sering mengalami kesulitan untuk mengetahui burung kenari yang sudah siap melakukan reproduksi (siap kawin). Cara yang sederhana untuk mengetahui burung kenari yang sudah siap kawin adalah melihat dan mendengarkan secara langsung burung tersebut sudah berbunyi nyaring atau belum (jika jantan).
Umumnya, burung kenari jantan pada usia 7—8 bulan telah berbunyi cukup nyaring, sedangkan burung kenari betina sudab mengalami perubahan fisik, yakni perut sekitar alat kelamin menjadi lebih besar dan kencang seperti bisul mau pecah. Indukan burung kenari (jantan dan betina) yang akan ditangkarkan sebaiknya dipilih yang memiliki bentuk tubuh ideal, wama bulunya mulus, tidak terlalu gemuk dan tidak terlalu kurus, tidak cacat fisik baik paruh, sayap, maupun kakinya, dan tidak sedang dalam proses ganti bulu.
Indukan kenari memiliki irama pernapasan yang normal, jika bernafas badan dan bulu ekor tidak tampak ikut bergerak. Burung kenari yang ketika bernapas badan dan bulu ekor tampak ikut bergerak menandakan bahwa burung tersebut saluran pernafasannya terganggu. Jika tidak ditangani secara sungguh-sungguh, maka burung tersebut akan mengalami kematian.
Indukan burung kenari (jantan dan betina) yang akan ditangkarkan tidak menunjukkan adanya tanda-tanda kesulitan buang kotoran. Burung kenari yang mengalami kesulitan dalam mengeluarkan kotoran (berak) berarti di dalam tubuhnya sedang terjadi gangguan pencernakan.
Ciri burung kenari jantan siap tangkar

Burung kenari jantan siap tangkar 
Burung kenari jantan yang telah benar-benar siap untuk dijodohkan/ dikawinkan jika telah menunjukkan ciri-ciri sebagai berikut:
1. suaranya nyaring dengan irama yang panjang dan tidak terputus-putus;
2. jika didekati oleh burung kenari betina pada saat berbunyi menunjukkan gerakan naik turun sangkar (jawa: ngruji); 
3. jika dipegang dan diamati, alat kelaminnya tampak menonjol besar dan panjang berwarna kemerah-merahan.

Ciri burung kenari betina siap tangkar

Burung kenari betina siap tangkar 
Burung kenari betina yang baik dan telah siap untuk dijodohkan/dikawinkan jika telah menunjukan ciri-ciri sebagai berikut: 
1. gelisah jika mendengan suara/bunyi kenari jantan; 
 2. bulu sayap dikepak-kepakkan sambil berbunyi mencicit jika mendengar suara burung kenari jantan; 
3. sering mengangkut bulu atau serat-serat daun yang telah kering atau menarik-narik atau untuk dibawa kesana kemari sambil terbang (Jw: nggondol susuh); 
4. jika dipegang dan diamati, sekitar alat kelamin (sekitar anus) sudah tampak halus bersih dan bulu dan berwarna kemerah-merahan; jika disentuh dengan ujung jari tangan akan terasa seperti bisul mau pecah; 
5. jika diamati secara teliti, anus tempat terjadinya proses perkawinan sudah tampak terbuka Iebih lebar daripada biasanya dan di sekitarnya tampak mengkilat/berminyak. (Bersambung – Lihat artikel lain pada label penangkaran burung kenari)
Referensi: Beternak burung kenari Sridadi.
 
http://majalahkicau.com