Gudang Burung – Peneliti asal Irlandia mengklaim telah menemukan spesies burung baru di Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Burung itu bernama wakatobi flowerpecker.Dilansir melalui Iris Examiner, Kamis 5 Juni 2014, Zoologist dari Trinity Colle…

Gudang Burung – Namanya unik, sempur-hujan darat atau di dunia internasional dikenal dengan nama Black and Yellow Broadbill (Eurylaimus ochromalus). Warna bulunya klasik. Hitam mendominasi bagian atas yang disisipi kuning pada sayap dan binti…

Gudang Burung – Departemen Lingkungan Hidup Australia Selatan menyatakan kebakaran hutan di kawasan Murray Mallee di wilayah itu kemungkinan memusnahkan populasi jenis burung langka, Mallee Emu Wren.Menurut Sonia Dominelli dari departemen itu, keb…

Gudang BurungBurung-madu matari termasuk dalam keluarga burung madu, yang cukup akrab dengan kehidupan masyarakat Nusa Tenggara. Jenis ini menghuni rumpun perdu, tepi hutan, lahan budidaya, dan taman-taman dekat kota.

Masyarakat Mbeliling, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, menjulukinya “Peti” yang dalam bahasa lokal berarti burung kecil. Ini dikarenakan, ukuran tubuhnya yang mungil sekitar 11 cm, memudahkannya berpindah dari satu ranting ke ranting lain. Tak jarang, ia berakrobatik ria kala berada di kelopak bunga saat mencari nektar.
Ternyata, sebutan “Peti” tidak hanya merujuk pada jenis bernama latin Nectarinia solaris ini saja. Melainkan juga, untuk semua jenis burung berukuran kecil yang sering dilihat oleh masyarakat setempat. Untuk itu, bila ingin bertanya tentang burung-madu matari, ada baiknya menunjukkan gambar atau fotonya.
Burung-madu matari merupakan tipikal burung yang setia pada pasangannya. Saat musim berbiak, biasanya sang betina akan membuat sarang dari rerumputan kering dan serat tumbuhan yang dipadu dengan jaring laba-laba sebagai perekat. Di dalam sarang yang berbentuk kubah menggantung itulah sang betina bertelur yang jumlahnya sekitar dua butir. Sementara, sang jantan bertugas mengawasi dan memastikan keamanan sarang dari para pengganggu serta membantu membesarkan anak.
Secara umum, sang jantan memiliki warna terang pada bulu dada dan hijau mengkilap mulai dahi hingga tenggorokan. Warna bulu sang jantan ini kerap digunakan sebagai pembeda untuk sesama anggota keluarga burung madu. Sementara, sosok si betina kadang membuat kita ragu karena warnanya yang agak menyerupai kerabat dekatnya yaitu burung-madu sriganti (Nectarinia jugularis) yang juga menempati relung yang sama.

Kita mengenal beberapa jenis burung besar seperti rajawali hingga paling besar seperti ostrich atau burung unta, tapi ada salah satu spesis burung parrot yang termasuk burung paling terkecil didunia. Keunikan burung yang bisa ditemukan di kepulauan sekitar papua, papua nugini dan sekitarnya ini bukan hanya ukurannya yang kecil tetapi juga perilakunya yang jauh berbeda dengan kebanyakan burung paruh bengkok lainnya. gaya berjalannya saja seperti burung pelatuk (woodpecker) yang merayap dibatang-batang pohon untuk mencari makanannya. bukan hanya itu burung yang mempunnyai nama sebutan pygmy parrots yang merupakan sub spesis Micropsittinaeini juga sangat bergantung pada lumut dan jamur pohon sebagai makanannya, dan uniknya hanya burung ini yang melakukan hal tersebut dari burung keluarga paruh bengkok lainnya.

bahkan cara makannya pun aneh dengan ekor yang pendek dan kaku dan kaki yang panjang serta kukunya yang membengkok membuat burung ini mampu merayap batang pohon dari atas ke bawah untuk mencari makanan seperti yang biasa kita lihat pada burung jenis pelatuk bahkan bukan hanya makan jamur dan lumut saja ternyata burung ini juga doyan mencari serangga. 

Enam spesis burung pygmy parrot ini berhabitat di Papua. Papua Nugini, Kepulauan Solomon dan pulau pulau tetangganya. Penampilan mereka mirip seperti burung serindit (loriculus – hanging parrot) atau burung peruh bengkok lainnya, hanya saja ukurannya yang hampir melebihi dari jempol kita!, dengan panjang 3,5 inchi. Buff-Faced Pygmy (M.Pusio) adalah yang salah satu jenis yang  paling terkecil diantara jenis-jenis mereka.
ukurannya tidak lebih dari jempol tangan dewasa (BBC)
Burung ini sering terlihat mencari makanan diantara pepohonan yang berdaun lebar atau pomentia tomentosa, penduduk setempat bahkan melihatnya tidak seperti burung yang biasanya, mereka bergerak seperti tupai kecil yang merayapi batang pepohonan lalu menguliti kulit pohon tersebut untuk mencari makanannya yang berupa rayap, larva lebah ngengat dan juga kupu-kupu dibanding burung paruh bengkok lainnya yang menyukai buah-buahan.
Dalam berkembang biak burung ini akan mencari sarang rayap lalu dengan menggunakan paruh dan cakarnya ia akan membuat lubang dalam sarang tersebut agar bisa bertelur dan bersarang didalamnya. karena itulah burung ini sangat sulit bahkan tidak  akan mampu bertahan lama jika dikembang biakan dalam kandang penangkaran. 
pygmy menggunakan sarang rayap untuk tempat bertelurnya
Keberadaan burung ini masih banyak ditemukan di hutan hutan papua dan nugini, hanya saja sangat disayangkan karena burung ini kerap dijadikan sebagai permainan bagi penduduk sekitar terutama anak-anak kecil dengan melempari burung ini dengan batu dengan menggunakan ketapel. dan masih tidak diketahui bagaimana keberadaan spesis ini bakal terpengaruh oleh manusia diluar ‘pengketapelan’ tadi. namun sepertinya burung ini mampu beradaptasi dan bertahan dari gangguan kecil terhadap habitatnya.

beberapa spesis dari pygmy parrot
Berikut adalah daftar sub spesis dari pygmy parrot ( Micropsittinaeini )
Beccari’s Pygmy Parrots:
Spesis: ilmiah: Micropsitta pusio beccarii … inggris: Beccari’s Pygmy Parrot 
Distribusi: Papua nugini bagian barat dan selatan, Manam, Karkar dan kep Rook
Biak Pygmy Parrots:
Spesis:: Micropsitta geelvinkiana misorienses – Biak Pygmy Parrot 
Distribusi: Kep Biak ,  Schouten , Papua dan maluku


Bougainville Pygmy Parrots:
Spesis: : Micropsitta finschii nanina – Bougainville Pygmy Parrot 
Distribusi: Bougainville, Choiseul, Ysabel dan Bugotu di kep Solomon


Bruijn’s Pygmy Parrots:
Spesis:Micropsitta bruijnii bruijnii – Red-breasted Pygmy Parrot, Bruijn’s Pygmy Parrot .
Distribusi: Pegunungan di nugini, Vogelkop, Nugini bagi barat dan Papua


Buffed-faced or Buff-faced Pygmy Parrots:
Buff-faced Pygmy-parrot (Micropsitta pusio) merupakan jenis yang paling terkecil dengan ukuran 8 hingga 10 cm panjangnya dan berat sekitar 11,5 gram.
Jantan dan betina sangat mirip, kecuali tanda dikepala betina lebih kecil dan warnanya lebih kusam.. 
Spesis: Micropsitta pusio pusio-Buff-faced Pygmy Parrot, Sclater’s Pygmy Parrot 

Distribution Map: Maluku Islands

Buru Pygmy Parrots:
Spesis: : Micropsitta bruijnii pileata -Buru Pygmy Parrot … 
Distribusi: Pegunungan di Buru dan Kep Seram 


Finsch’s Pygmy Parrots:
Spesis:  Micropsitta finschii finschii -Finsch’s Pygmy Parrot … 
Distribusi: penyebarannya diawasi dengan ketat di Irlandia baru dan Bougainville di Papua nugini dan kep Solomon.
Geelvink Pygmy Parrots:
Spesis:  Micropsitta geelvinkiana geelvinkiana – Geelvink Pygmy Parrot  Distribusi: Kepulauan Numfor 


Guadalcanal Pygmy Parrots:
Spesis: Micropsitta finschii aolae – Guadalcanal Pygmy Parrot 
Distribution: Guadalcanal, Malaita dan kep Rusell di kep Solomon
Hartert’s Pygmy Parrots:
Spesis:Micropsitta bruijnii necopinata – Hartert’s Pygmy Parrot
Distribusi: Britania Raya, Irlandia dan di Bismarck Archipelago


Mayr’s Pygmy Parrots:
Species: Scientific: Micropsitta pusio harterti … English: Mayr’s Pygmy Parrot … Dutch: Mayrs Spechtpapegaai … German: Mayrs Spechtpapagei … French: Psittacule pygmée de Hartert
Distribution: Ferguson Island in the D’Entrecasteaux Archipelago


Meek’s Pygmy Parrots:
Spesis:Micropsitta meeki meeki – Meek’s Pygmy Parrot
Distribution: Admiralty Island


New Ireland Pygmy Parrots:
Species: Scientific: Micropsitta finschii viridifrons … English: New Ireland Pygmy Parrot … Dutch: New Ireland Spechtpapegaai … German: Neu-Irland Spechtpapagei … French: Psittacule pygmée à front vert
Distribution: Lihir Islands, New Hanover, New Ireland in the Bismarck Archipelago


Red-breasted Pygmy ParrotsRed-breasted Pygmy Parrots:

The Red-breasted Pygmy-Bayan (Micropsitta bruijnii) ditemukan di hutan utara, kawasan hutan subtropis atau tropis Indonesia Baru, Papua Nugini, dan Kepulauan Solomon. Mereka muncul pada ketinggian yang lebih tinggi daripada parrots kerdil lainnya, dan menggunakan pohon daripada sarang rayap di pepohonan sebagai tempat perkembangbiakan. Red breasted hanya berukuran rata-rata 8 cm atau 3 inci panjangnya. Mereka memiliki gerakan dendeng dan melekat dekat dengan kulit karena mereka mencari lumut yang tumbuh di pohon-pohon, yang merupakan makanan mereka.
Spesis: Micropsitta bruijnii bruijnii – Red-breasted Pygmy Parrot, 
Distribusi: Pegunungan di Nugini, Vogelkop, dan Papua barat


Red-crowned Pygmy Parrots:
Spesis:  Micropsitta bruijnii rosea aka Micropsitta bruijnii brevis … English: Red-crowned Pygmy Parrot 
Distribusi: Bougainville, Guadalcanal, Kulambangra di kep solomon


Saint Matthias Pygmy Parrots:
Spesis:Micropsitta meeki proxima – Saint Matthias Pygmy Parrot .
Distribusi: St. Matthias dan kep Squally


Sclater’s Pygmy Parrots:
Spesis :Micropsitta pusio pusio – Buff-faced Pygmy Parrot, Sclater’s Pygmy Parrot .
Distribusi: Bismarck Archipelago, New Guinea


Stresemann’s Pygmy Parrots:
Spesis : Micropsitta pusio stresemanni – Stresemann’s Pygmy Parrot..
Distribusi: Misima dan kep Tagula di Louisiade Archipelago


Tristams Pygmy Parrots:
Spesis: Micropsitta finschii tristami – Tristams Pygmy Parrot
Distribusi: Vella Lavella, Gizo, Kulambangra, New Georgia, Rubiana, Rendova


Yellow-capped Pygmy ParrotsYellow-breasted Pygmy Parrots:
Spesis:  Micropsitta keiensis chloroxantha aka Micropsitta keiensis sociabilis- Yellow-breasted Pygmy Parrot 
Distribusi: Papua barat, Vogelkop dan Onin Peninsulas, Nugini bagian barat


Yellow-capped Pygmy Parrots:
Species: Micropsitta keiensis keiensis –  Yellow-capped Pygmy Parrot ..
Sub-Species: keiensis, chloroxantha, viridipectus
Penyebaran: Kep Kai dan Kep Aru di provinsi Maluku 
http://majalahkicau.com