Gudang Burung – Namanya unik, sempur-hujan darat atau di dunia internasional dikenal dengan nama Black and Yellow Broadbill (Eurylaimus ochromalus). Warna bulunya klasik. Hitam mendominasi bagian atas yang disisipi kuning pada sayap dan binti…


Gudang Burung – Sebanyak 200 burung cantik mulai dihadirkan di Gembira Loka Zoo (GLZoo) untuk nantinya dipajang mengisi Taman Burung GLZoo, yang kini sudah dalam tahap penyelesaian pembangunannya.


Burungburung eksotis ini didatangkan dari seorang peternak di Jakarta, sedangkan burung-burung jenis lokal nantinya cukup didatangkan dari Solo.

Kabid Perawatan Satwa GLZoo, Miftah Nur Khasan menjelaskan, ratusan burung paruh bengkok berbulu warna-warni itu didatangkan dari Jakarta sejak Peburari lalu. “Burung-burung eksotis itu di Jakarta ’kan ada peternaknya. Itu kami datangkan ke GLZoo melalui beberapa tahap, melalui angkutan kereta api,” katanya, Rabu.
Menurutnya, di sejumlah kandang taman burung juga mulai diisi sejumlah burung, seperti burung rangkok, elang, kakatua, dan angsa. Burung-burung  lokal koleksi GLZoo ini digunakan sebagai uji coba apakah nanti  merasa nyaman atau tidak  dikandangkan di kompleks taman burung.
Miftah menjelaskan, burung-burung eksotis ini sebelum didisplay di taman burung, perlu dikarantina lebih dulu di karantina satwa kebun binatang setempat.


Gudang Burung – Burung rambatan atau munguk beledu atau velvet-fronted nuthatch ( Sitta frontalis ) termasuk salah satu jenis burung yang mudah dipelihara, bahkan lebih mudah daripada prenjak dan ciblek.

Meski gayanya di alam bebas cenderung terburu-buru, seperti grusa-grusu, burung dari keluarga Sittidae ini mudah dijinakkan. 

Kalau sudah jinak, burung rambatan tidak akan takut ketika Anda memasukkan tangan ke dalam sangkarnya, dan tetap mampu mengeluarkan suara-suara tembakannya.
Bagi beberapa penggemar murai batu, rambatan seperti menjadi isian wajib, meski ada juga yang menjadikannya sebagai pengganti cililin. MB Aladin milik Om Khadafi, misalnya, memiliki isian ciamik dari burung rambatan. 
Adapun Om Heri (GAT Bird Farm Salatiga) menjadikan rambatan sebagai isian wajib bagi anis kembangnya, agar suaranya makin tajam.Harga  rambatan di pasar burung juga cenderung murah. 
Kalau beli masih bakalan, harganya mulai dari Rp125.000 hingga Rp 175.000. Tetapi kalau sudah jadi bisa mencapai Rp 250.000 – Rp 300.000, bahkan ada juga yang dibanderol Rp 400.000. Soal harga memang relatif, tergantung stok saat Anda membeli, juga kepandaian Anda dalam tawar-menawar.
Kalau dipetakan, burung rambatan yang memiliki suara dengan speed cepat dan rapat sangat cocok untuk isian bagi burung-burung berkicau berikut ini:
  • Murai batu
  • Kacer
  • Cendet / pentet
  • Anis merah
  • Anis kembang
  • Cucak hijau
  • Pleci
  • dan sebagainya


Gudang Burung – Majalah tentang burung di Australia ini mengadakan pemungutan suara tentang burung favorit di Australia.Yang cukup mengejutkan, pemenangnya bukanlah burung kookaburra yang memiliki suara khas seperti tawa manusia, melainkan burung berbulu biru Superb Fairy-wren.

Superb Fairy-wren mengalahkan kookaburra, yang menempati urutan ke empat, dan juga burung berwarna hitam putih, magpie.
“Kami cukup terkejut. [Superb Fairy-wren] bukanlah burung ikon Australia,” komentar Sean Dooley, editor majalah tersebut.
Urutan kedua ditempati oleh magpie dan ketiga oleh hooded plover, yang hanya terdapat di pantai-pantai laut lepas bagian selatan Australia. Sebanyak 8.000 orang berpartisipasi dalam pemungutan suara tersebut, dan jumlah jenis burung yang dipilih adalah 52 jenis.

Gudang Burung – Burung Horned Sungem merupakan satu-satunya wakil dari genus Heliactin. Burung ini masih termasuk kedalam spesies burung hummingbirdyang terkenal dengan badannya yang super mungil. Nama ilmiah burung ini “bilophus” t…

Gudang Burung  – Burung Cucak Biru ini memiliki ukuran agak besar, sekitar 24 sampai 27 cm panjang. Mata berwarna merah serta kelopak mata berwarna merah muda. Sang jantan berwarna biru laut cerah pada bulu atas, yang dikombinasikan deng…

Gudang Burung – Burung Cucak Biru (Irena puella), yang dalam bahasa Inggrisnya bernama Asian Fairy-bluebird, adalah suatu jenis burung pemakan buah-buahan dan serangga kecil, yang merupakan burung lokal Indonesia. Tersebar di beberapa wi…

Gudang Burung – Disini tersedia gambar burung dimana burung-burung ini adalah burung nasional tercantik di dunia. Setiap negara pasti mempunyai burung khasnya masing-masing oleh sebab itu disini kami sediakan 10 gambar burung nasional yang paling …