Gudang Burung – Avi bird fram  orbitan Suhardi alamat Mutihan Gergunung Klaten Utara  Rt 01 Rw 07  Hp. 081227722569 Dia Konsentrasi beternak 1,5 tahun terakhir atau sejak awal 2012. Suhardi awalnya hanya sebagai penggemar rumahan dan meningkat lomba dan beternak.

Dari kediamannya Suhardi yang kesehariannya juga salah satu anggota satuan keamanan (Satpam) BRI Klaten,  1 tahun yang lalu setelah tahu prospek perkutut maka usaha  ini di geluti hingga menghasilkan sebuah usaha yang dapat menjadi bagian pemasukan keuangan keluarga dengan mendirikan kandang farm burung sebanyak 42  petak kandang.
Dari sejumlah petak kandang di lantai  atas terdapat 36 kandang dan bawah 6, kandang meski  sebagian ada di ruang tersendiri. Untuk di lantai atas blok B telah produksi sebanyak  5 kandang, mulai dari 2 b s/d 7 b. Sedang bagian timur blok C 7 kandang telah produksi.
Induk perkutut yang tergolong pavorit dan telah menghasilkan piyik di kandang  1,c 5,c, 4 c, Telah menelurkan piyik-piyik  yang kedepan layak untuk lomba dan di ternakan.  Ada satu induk ngetop yakni trah jawara nasional Golden Boy masih dalam penjodohan.  
Suhardi mengungkapkan, saya masih harus banyak belajar breeding perkutut hal ini  di maksud  agar lebih profesional “ Kata Suhardi.
Tercatat Pemilik AVI BF ini saat ada lomba perkutut di wilayah  DIY dan Jateng hadir bahkan sering moncer meraih prestasi bersama Wawan Widya Tulung Klaten, Dan sementara  burung jagoan yang bernama Tanaka masuk sepuluh besar LPPJ 2013.
Terlihat sejumlah kandang yang di buat juga sangat bagus dan profesional karena terbuat dari Aluminum yang kuat dan tahan lama, selain lokasi kandang di desain ada sirkulasi udara  dan induk perkutut juga di buatkan  penyejuk dengan tanaman dalam Pot di sekitar Farm.
Meski saya baru 1.5  tahun beternak, namun saya tak asal breeding karena saya banyak belajar dengan  yang telah sukses, selain memakai tips beternak dengan penyeleksian induk individual selection dan darah yang bagus maka, mampu menghasilkna piyik yang bagus pula.
Sedang bagian keberhasilan seorang peternak, kandang harus bersih, makanan bersih, dan bervitamin serta perawatan intensif perlu di jalankan hal ini agar  dalam breeding berhasil ‘Papar Suhardi mengakhiri  perbincangan

Gudang Burung – Kandang peternakan burung perkutut ragam konsep ada yang sederhana mewah bahkan ada yang super mewah.Kemewahan ataupun super bagus tentu hal ini menjadi bagian seni yang dapat membuat seseorang senang sehingga perkututnya juga bisa…

Gudang BurungPeternak perkutut yang satu ini memiliki sedikitnya  40 kandang ketika media burung berkunjung di farmnya Dia mengaku  sebelumnya telah  mengenal  perkutut  sejak  masih remaja.

Istiadi yang tinggal di jalan Pleret, Jambidan Banguntapan Bantul ini pernah juga  memiliki sejumlah induk dan kandang ternak perkutut sebelum gempa bumi tahun  2007

Dari  hasil liputan media  farm yang beralamat   Jl Pleret  Km 4 Tegal  Jatimulyo RT  01 Jambidan Banguntapan Bantul ini, ternyata memiliki kandang yang diisi dengan burung piyik perkutut.
Yang menarik, perkututnya sudah ada yang mampu menghasilkan  atau produksi dan laku di beli penggemar, meski baru  sebanyak  10 pasang yang produktif. Dia sangat gembira bisa berhasil dalam breeding perkutut.
Pria yang berprofesi di bagian dari kru reporter RRI itu memberikan nama  usaha dan ring di kaki perkutut Jati emas.  Saya belajar dari sejumlah peternak  sukses, sedang  materi  yang ada seperti Palem sk 53 ring 777.
Kandang yang produksi, no ring 891 x 859 jantan  trah  dari sk 2 adik Hikayat Cinta yang pernah meraih prestasi nasional  di kawin silang “kata Itiadi, yang fotonya diambil di depan farmnya tersebut
K2  wat mataram 782 x wat porseason wat 719 burung ini berasal dari tpp 604 T 10 MLt 915 N2. Betina KPP 13 888 K 3, Darah kpp 131000 K. 168.
Yang  telah produksi  K 1 , 3, 4, 6, 7,9,10,12,  sementara konsentrasi mengejar kualitas dan sebisa mungkin akan ikut burung lomba agar perkutut  saya bisa luas marketingnya” pungkas bapak Istiadi yang dapat di kontak di Nomor HP  EXL  , 087739076823