Loading...
Kolibri Sogok Ontong Suara Burung Tips

Tips perawatan burung sogok ontong agar rajin bunyi

Tips perawatan burung sogok ontong agar rajin bunyi

burung sogok ontong

Tips perawatan burung sogok ontong agar rajin bunyi,  Burung-madu sriganti atau banyak orang lebih suka menyebutnya dengan sogok ontong adalah jenis burung yang berasal dari keluarga nectariniidae. Spesies ini sangat menggemar nektar dari tanaman dan bunga sebagai pakan utamanya.  

Karena cukup popular, banyak kicaumania yang tertarik merawat sogok ontong agar rajin berbunyi. Berikut tips agar burung sogok ontong rajin berbunyi. 

Merawat burung sogok ontong agar rajin bunyi tentu diperlukan perawatan yang rutin setiap harinya, terutama dari segi pemberian pakan yang bisa membangkitkan staminanya. 

Untuk itu, jangan pernah abaikan pemberian nektar untuk hariannya, nektar itu sendiri bisa anda buat sendiri atau beli dalam bentuk serbuk atau cairan. 

Nektar buatan bisa diberikan dengan cara mencampurkan 1 gelas air putih matang dengan 4 sendok teh gula putih. Dalam beberapa penelitian, manfaat dan kandungan yang ada dalam nektar buatan tidak jauh berbeda dengan yang terdapat dalam nektar alami, jika menggunakan bahan-bahan yang bersih dan bebas dari bahan kimia. 

Selain memberikan nektar, air putih bersih juga harus diberikan sebagai air minum pendampingnya, karena d sini cairan nektar tersebut berfungsi sebagai pakan.  

Kolobri sriganti atau sogok ontong biasanya memiliki karakter yang sangat giras, sehingga sebelum melatihnya agar rajin bunyi, anda harus melatih burung untuk jinak terlebih dahulu. 

Selain pakan utama yang berupa nektar dan air minumnya, sogok ontong harus juga ditawari dengan pakan serangga lainnya, seperti jangkrik kecil atau tepung jangkrik dan ulat hongkong. 

Sedangkan perawatan lain yang bisa dilakukan adalah rutin memandikan sogok ontong pada pagi hari, lalu setelahnya burung diangin-anginkan, baru kemudian dijemur seperlunya saja. 


Dengan melakukan Tips perawatan burung sogok ontong agar rajin bunyi serta pemasteran untuk sekedar melatih mentalnya. 


Salam!

Loading...

About the author

Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

1 Comment

Leave a Comment