Tips Mudah Merawat Perkutut Agar Rajin Manggung

Posted on

Bagi Anda yang mengaku sebagai pecinta burung kicau, tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan burung Perkutut. Burung yang satu ini merupakan salah satu burung yang termasuk sebagai burung berkicau. Hanya saja peminat burung yang satu ini tidak terlalu banyak seperti burung-burung lainnya. Ini karena burung Perkutut memiliki kicauan yang monoton dan datar. Walaupun begitu, burung ini masih menjadi pilihan bagi orang-orang Jawa. Pasalnya, banyak mitos yang beredar mengenai pemeliharaan burung Perkutut.

Burung Perkutut dan Kualitas Suaranya burung perkutut


Mitos yang beredar yaitu burung Perkutut dapat membawa rezeki, memberikan kesehatan serta menjaga kedamaian rumah. Mitos-mitos inilah yang membuat burung Perkutut tetap menjadi incaran orang Jawa. Walaupun peminatnya tidak sebanyak burung lain, namun peminat burung Perkutut tidaklah sedikit. Umumnya, pemilik burung Perkutut melakukan perawatan khusus untuk mendengar kicau perkutut yang gacor. Baik untuk burung Perkutut lokal ataupun burung Perkutut Bangkok. Bagi Anda yang memiliki burung Perkutut, berikut ini ada beberapa tips merawat burung Perkutut. Dengan perawatan berikut ini Anda dapat melatih burung Perkutut agar memiliki suara juara.


Ini dia tips merawat burung Perkutut:


Tips yang pertama adalah dengan memilih burung Perkutut jantan. Pasalnya jenis kelamin sangat menentukan suara gacor burung tersebut. Untuk membedakan antara yang betina dan jantan, cukup perhatikan sumpit kerapatan kaki. Jika burung Perkutut jantan umumnya memiliki jarak sumpit kaki kurang lebih 1 cm. Sedangkan burung Perkutut betina sumpitnya sangat renggang. Selain itu, burung Perkutut jantan memiliki postur besar dan tegak serta ekor yang menyatu.


Tips yang selanjutnya yaitu dengan memandikan burung Perkutut secara teratur dan rutin. Gunakan semprotan dengan spray yang lembut atau halus. Untuk hasil yang memuaskan, Anda dapat memanfaatkan air beras dan daun sirih. Caranya yaitu campur air beras dan daun sirih, gunakan untuk memandikan burung Perkutut secara rutin.


Tips agar suara perkutut juara selanjutnya adalah dengan menjemur burung Perkutut setiap hari. Jangan menjemurnya terlalu lama, cukup jemur dari jam 7 sampai jam 9 pagi. Hal ini dapat membuat burung Perkutut tahan panas.


Dalam merawat burung Perkutut, hal yang sangat penting untuk Anda lakukan adalah memberi makanan. Makanan untuk burung Perkutut diantaranya yaitu rumput, biji-bijian dan padi-padian. Anda dapat memberikan makanan dengan protein yang cukup tinggi. Beberapa makanan yang dapat Anda berikan untuk burung Perkutut Anda yaitu jagung, beras merah ataupun produk makanan burung Perkutut buatan pabrik.


Itulah tips mudah merawat burung Perkutut agar dapat memiliki suara gacor dan tumbuh sehat. Dengan perawatan tersebut burung Perkutut Anda tidak akan mudah sakit serta dapat memiliki suara yang gacor. Lakukan perawatan tersebut secara rutin agar burung Perkutut Anda memiliki suara juara dan rajin manggung. Cukup mudah bukan cara merawat perkutut tersebut.

Trending artikel yang sedang hits:
  1. memandikan perkutut malam hari
  2. cara merawat burung perkutut
  3. cara menjinakan perkutut
  4. cara memandikan perkutut
  5. cara menjinakan burung perkutut
  6. mengatasi perkutut giras
  7. cara menjinakkan perkutut
  8. cara menjinakKan burung perkutut
  9. cara merawat perkutut lokal
  10. Cara memandikan burung perkutut
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *