Tips Merawat Burung Cipoh/Sirtu Tangkapan Yang Sudah Dewasa

Posted on

Merawat cipoh bahan tangkapan hutan (liar)

Burung cipoh atau sirdung merupakan tipe burung yang agak-agak sulit ditaklukan jika dipelihara di dalam sangkar rumah, apalagi jika burung merupakan burung bahan tangkapan hutan.
Masalah dan keluhan yang sering dilontarkan oleh penyuka Cipoh adalah burung jadi macet bunyi dan tidak mau berkicau dalam waktu yang cukup lama dan bisa berlangsung hingga berbulan-bulan.
Burung Sirtu atau Ciph yang banyak Diminati di 2017
Burung Sirtu atau Ciph yang banyak Diminati di 2017
Hal tersebut di atas yang sering membuat pemilik burung Sirpu atau Cipoh menjadi frustasi dan enggan membeli burung Sirpu, permasalahan tersebut sebenarnya dapat diminimalisir dan dikurangi jika kita bisa mengerti sedikit celah perawatan burung Sirpu bahan tangkapan hutan supaya bisa dan mau bunyi ketika kita rawat dan pelihara di rumah.
Berikut ini cara dan perawatan burung Sirpu cipoh tangkapan hutan supaya mau bunyi, dengan catatan burung harus berjenis kelamin jantan karena burung Cipoh betina tidak bisa bersuara dan berbunyi merdu seperti burung jantan. Jika Sobat belum bisa membedakan jenis kelamin jantan dan betina burung Sirpu, dapat menyimaknya terlebih dahulu di membedakan jantan dan betina burung Sirpu.

Perawatan Cipoh bahan tangkapan hutan.

Jika burung baru saja dibawa pulang, lebih baik sangkar kita kerodong full selama kurang lebih 1 mingguan dengan pakan kroto atau ulat kandang  yang selalu tersedia dan terpantau jangan sampai kehabisan.

  • Jangan coba-coba mengadu/menjejerkan burung Sirpu dengan burung sejenis yang sudah gacor, jika dipaksakan dan burung kalah mental justru akan berakibat fatal karena burung bahan akan menjadi macet bunyi.
  • Setelah burung melalui masa penyesuaian selama beberapa hari, burung bisa mulai diembunkan pagi hari. Akan lebih baik jika burung diembunkan di pepohonan yang rindang atau dikerek di ketinggian di pohon dengan sebelumnya diberi pakan UH putih sebanyak 3-4 ekor.
  • Selesai pengembunan dan penjemuran, burung kita beri kroto 1 Sdm dan dilanjut dengan digantang di teras-teras rumah atau di dalam rumah di tempat yang sejuk dan nyaman.
  • Jika ingin lebih cepat memancing burung Sirpu berbunyi dengan siulannya yang khas, sangkar Sirpu bisa Anda gantang di dekat kamar mandi atau di tempat yang sering terdengar suara gemricik air mengalir. Biasanya burung akan terpancing berbunyi jika mendengar suara gemricik air kran.
  • Selain didekatkan dengan suara gemricik air supaya Sirpu terpancing bunyi, menyediakan burung lain yang bersuara gacor juga diperkenankan namun jangan diperlihatkan langsung. Burung lain yang bisa dipergunakan untuk memancing Sirpu berbunyi bisa burung rambatan, prenjak, Ciblek atau burung Sirpu betina.
Ketika burung sudah mulai mau bunyi dan mengeluarkan suara siulannya yang khas dan terdengar mulai rajin berbunyi, maka Sobat dapat mulai melatihnya untuk memakan pakan kering berupa Voer. Cara melatih burung Sirpu agar mau makan voer tidak jauh berbeda caranya dengan burung lain pemakan serangga seperti Ciblek, Pleci atau Prenjak, dapat disimak di artikel melatih Ciblek makan voer dalam 7 hari.
Sobat Kicau mania, akan lebih baik jika jangan merubah atau memindah sangkar Cipoh jika burung sudah mau bunyi. Karena burung Sirpu kadang bisa menjadi macet bunyi hanya karena sangkarnya dipindah saja.

Membuat Sirpu Rajin Berkicau dan Cepat Gacor, Tutorial Trik Perawatan Harian Sirpu / Cipow / Sirtu / Cipoh / Cito / Sito sangat fluktuasi tergantung kolaborasi spec dan trah kurasa. Pada umumnya burung Cipoh/Sirtu/Cito sangatlah mudah bunyi dan sebenarnya tidak ada cara khusus dalam merawat burung Cipoh/Sirtu/Cito agar cepat bunyi, yang penting dalam pemilihan bakalan burung harus benar-benar tahu kualitas burung.

Tips perawatan harian sederhana burung Sirpu /Cipoh/Sirtu/Cito agar cepet gacor:

  1. Pada pagi hari setelah subuh kira-kira sudah mulai sedikit terang, coba keluarkan burung ( di embunkan hingga keluar sinar matahari menghangatkan tubuhnya secukupnya saja.
  2. Setelah itu, mandikan burung Cipoh dengan semprot/sprey yang lembut atau sesuai keinginan hingga basah, biasanya dalam memandikan dengan semprot, dan biasanya setelah disemprot burung akan melanjutkan mandi sendiri, maka coba sediakan tempat mandi agar burung mandi sendiri, namun jika sudah selesai mandi agar diambil lagi tempat mandinya agar tidak membuat kandang menjadi basah. Tinggalkan tempat minum burung secukupnya.
  3. Setelah mandi hingga basah, jemur secukupnya akan tetapi biarkan hanya air minum saja yang ada di dalam sangkar.
  4. Kira-kira stengah jam, angkat Cipoh dan taruh ditempat yang teduh, berikan ulat hongkong kecil yang berwarna putih ( 2-3 ulat hongkong yang sedang ganti kulit ) tapi sebelumnya beri makan berupa buah baik pisang, pepaya ataupun buah lainnya atau voer jika burung sudah makan voer.
  5. Untuk serangga bisa juga menggunakan ulat kandang, jangkrik yang kecil, atau kroto, dan kroto tidak perlu terlalu sering.
  6. Boleh juga dengan memberikan madu ditempatkan khusus atau tempat yang kecil, atau bisa juga anda memberikan madu dengan mengolesnya di buah pisang tersebut ( biasanya, jika sudah ada madu, pisang tidak akan dimakan )
  7. Setelah itu biarkan hingga sore menjelang, sore boleh di mandikan sesuai kebutuhan.
  8. Dan nikmati ocehan burung Cipoh anda saat itu setelah di mandikan, jemur, dan di teduhkan, dan yang terakhir
  9. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah jangan lupa dengan pemasteran suara yang bagus, diantara caranya yaitu sandingkan suara burung Cipoh yang sudah pernah manjadi jawara dan juara di dekat burung yang kita punya, atau dengan cara bunyikan rekaman suara burung Cipoh yang sudah bagus dalam bentuk mp3 yang bisa kita dapat dari berbagai sumber di internet baik melalui download ataupun cara lain, maka akan menjadikan burung Cipoh yang kita miliki semakin terlatih.

Bila anda berhasil membuat burung sirpu menjadi gacor ngerol maka tutorial tips trik point diatas cocok buat burung sirpu anda, dan bagi yang belum berhasil, kemungkinan ada faktor yg lain sehingga anda gagal menjadikan sirpu anda sukses gacor, bisa jadi tahap umur dan mental mempengaruhi, lingkungan dan kwalitas makanan dari sudut kebersihan bisa saja menjadi efek negatif, jadi anda sabar saja, cari sampai anda puas dan berhasil sukses menyulap sirpu anda menjadi gacor cangap, sukur kalau ada lomba burung sirpu, sehingga gacoan anda mendapat juara koncer 1 atau 2 ataupun 3 besar.

Mohon maaf bila ada salah pada tutorial diatas, kritik dan saran saya harapkan, selamat upgrade gaco sirpu anda dan artikel ini berposting tentang Membuat Sirpu Rajin Berkicau dan Cepat Gacor

Trending artikel yang sedang hits:
  1. cara merawat sirtu tangkapan hutan
  2. download suara burung cipoh betina
  3. suara burung sirdung gacor ngerol
  4. perawatan sertu hasil tangkapan
  5. masalah burung sirdung
  6. cara merawat sertu baru dapat
  7. cara merawat cipau bahan tangkapan hutan
  8. cara merawat burung sirtu tangkapan agar cepat bunyi
  9. cara merawat burung sirtu baru dapet mikat
  10. cara mengatasi qpleci yang ngegembung