Tips Menjinakkan Burung Cucak Kombo

Posted on

Burung Cucak Kombo merupakan salah satu jenis burung kicau yang memiliki label dilindungi alasan kenapa karena burung cucak kombo juga salah satu jenis burung pemakan nektar bunga. Dengan begitu cucak kombo akan membantu penyerbukan bunga yang secara tidak langsung perkembangbiakan tumbuhan di hutan akan terjadi secara alami. Salah satu karakteristik cucak kombo dapat kalian lihat bentuk paruhnya yang sama dengan burung kolibri atau sejenis burung penghisap madu.


cucak kombo


Panjang tubuhnya adalah sekitar 12 – 16 cm. Persebaran cucak kombo banyak ditemukan di pulau Bali dan kepulauan Nusa Tenggara. Sedangkan habitat asli burung ini adalah di sekitar hutan rindang yang terdapat banyak air seperti hutan bakau yang terdapat banyak macam makanan utamanya seperti nektar dan serangga kecil. Burung ini selalu terbang mengelilingi pohon – pohon untuk mencari makanannya dengan sedikit memperlihatkan keindahan cara terbangnya yang berhenti pada satu titik seperti helikopter. dengan menghisap sari- sari bunga. Selain itu, pada musim kawin cucak kombo akan bersembunyi disemak-semak belukar dan bersuara diujung pucuk sebuah pohon untuk menarik perhatian pasangannya. Nah bila anda memiliki burung ini dan susah untuk anda jinakan, kami punya tips menjinakn burung tersebut di bawah ini:


cucak kombo jinak


Agar burung cepat bersosialisasi dengan lingkungan baru, yaitu berteman dengan manusia, kendaraan dan hewan lainnya yang dianggapnya predator maka burung sebaiknya digantung ditempat yang dekat dengan lalu lalang manusia, seperti diteras rumah yang tidak terlalu tinggi agar bisa melihat aktivitas manusia, kucing yang tidak mengancamnya juga kendaraan.Burung yang baru dibeli dari pasar burung dan burung yang baru ditangkap dari hutan sebaiknya jangan langsung di mandikan, biarkan burung mau makan apa yang kita berikan berupa nektar buatan maupun serangga hidup, seperti UH atau telur semut (kroto).


Mandikan burung di hari ke empat dipagi hari, kemudian burung dijemur sekitar 1 jam atau sampai bulu-bulunya kering. Kemudian gantung lagi burung ditempat yang kita kehendaki agar burung cepat jinak seperti diteras atau dibawah pohon. Makanan berupa nektar buatan jangan sampai kehabisan, untuk itu pantau terus ketersediaannya, bila habis segera di tambahi, bila telah kotor segera diganti, atau ganti nektar setelah 2 hari. Karena aktivitas kita mengganti dan menambah nektar makanan Cucak Kombo tadi akan terus di ingat dan dianggap kita bersahabat dengan burung tersebut, untuk itu lakukanlah secara rutin.


Disiang hari burung tak perlu dikerodong, biarkan burung terbiasa dengan lingkungan barunya bersama kita. dan kita bisa terus memantau kesehatan dan keadaannya. Setelah 1 bulan burung tidak juga tampak jinak dengan mandi 1 kali di pagi hari setiap hari, barulah kita tingkatkan perawatannya dengan memandikan burung di malam hari sekitar pukul 18.30. dengan air hangat-hangat kuku. Semprot burung dengan cukup basah saja (sebelumnya ambil dulu makanannya), kemudian gantung burung ditempat yang diterangi cahaya lampu. Setelah bulu tampak kering masukkan kembali nektar buatan, biarkan burung menghisap sari gula tersebut, kemudian burung dikerodong dan biarkan burung istirahat sampai pagi hari.Lakukanlah terapi mandi malam untuk menjinakkan burung cucak kombo yang benar-benar giras 3 hari sekali, sampai burung menunjukkan prilaku bersahabat.



Hal yang tidak perlu dilakukan untuk menjinakkan burung cucak kombo adalah mencabuti bulu sayap atau memotong bulu sayap agar burung tidak bisa terbang seperti yang dilakukan oleh banyak pecinta burung merpati dan ayam.Selain cara diatas, kita juga bisa menggunakan terapi lapar, yaitu dengan memberi makanan dalam jumlah yang pas dan tidak berlebihan agar burung selalu berharap di datangi dan kita beri makan. Cara ini juga efektif untuk menjinakkan berbagai jenis burung lain yang masih liar.Setelah burung tampak jinak dan kita ingin mengetahui kicauannya, setelah mandi coba taruh burung ditempat yang agak tinggi untuk menjemurnya, kemudian anda juga bisa mencoba menggantungnya di bawah pohon yang rindang dan sepi, karena burung ini suka dengan tempat yang teduh. Untuk memancing burung ini berkicau, kita juga bisa memaster burung Cucak Kombo dengan burung Trucukan yang rajin bunyi, burung kenari maupun burung cucak jenggot.


Lakukan secara rutin pada hari-hari selanjutnya mengganti nektar, air minum/mandi, bersihin kandang agar selain jinak burung tersebut akan sehat.

Trending artikel yang sedang hits:
  1. cucak kombo macet bunyi
  2. berapa kali burung kepodang di mandikan