Tips Mengatasi Lovebird Agresif & Jarang Ngekek

Posted on

mengatasi lovebird agresif

karateristik individu mempenaruhi agresifitas burung lovebird


Seperti halnya manusia, hewan pun juga dapat mengalami perubahan perilaku atau sifat, salah satunya ialah Lovebird. Burung paruh bengkok yang satu ini termasuk salah satu jenis burung ocehan yang perilaku dan sifatnya bisa mengalami perubahan secara tiba-tiba. Seperti misalnya, pada awalnya Lovebird merupakan burung yang berperilaku dan bersifat biasan atau kalem dan rajin ngekek, tiba-tiba secara mendadak ia berubah menjadi burung yang sangat agresif, galak, namun malas berbunyi atau berkicau. Burung yang tiba-tiba berubah perilaku kemudian malas berkicau tentu akan menimbulkan keresahan dan kegalauan bagi pemiliknya. Lebih-lebih apabila burung peliharaannya tersebut merupakan jenis burung yang sering diikutsertakan dalam kontes/ lomba burung, atau burung masteran.


Burung yang tiba-tiba berubah perilaku, yaitu galak dan malas berbunyi tentu disebabkan oleh beberapa hal. Hal-hal yang mungkin menjadi penyebab perubahan perilaku tersebut biasanya berkaitan dengan kondisi burung yang OB atau over birahi, atau bisa juga dikarenakan perawatan atau penanganan yang kurang tepat seperti misalnya pemberian EF yang terlalu berlebihan, yang tentu akan mendongkrak birahinya. Kemudian bisa juga disebabkan oleh waktu penjemuran yang terlampau lama, jarang dimandikan, dan mengalami stress karena terlalu lama sendiri atau tidak ditemani pasangan atau teman. Selain itu, perubahan perilaku Lovebird yang demikian juga akan berpengaruh pada penampilannya. Biasanya, Lovebird digunakan untuk memaster burung Murai Batu atau Cucak Ijo. Namu, ketika perubahan perilaku itu terjadi, tentu semua proses pelatihan akan terhambat. Atau, ketika dilombakan burung tersebut terlihat banyak tingkah dan gerak sehingga mampu mengurangi poin atau nilai. Nah, berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi Lovebird agresif . artikel terkait:

Untuk mengurangi perilakunya yang galak dan agresif, mandikan Lovebird lebih sering dari biasanya. Namun, jangan lupa tetap memperhatikan cuaca apakan mungkin memandikannya terlalu sering.Waktu penjemuran sebaiknya dikurangi, jangan terlalu lama, yaitu sekitar kurang lebih 30 – 60 menit saja, dengan menggunakan kandang umbaran atau kandang harian. Kemudian pindahkan sarang ke tempat teduh.Pakan utama cukup dengan memberikan millet putih saja. Pakan tambahan berupa jagung atau kangkung dapat diberikan beberapa kali dalam seminggu.Pada sore hari, sebaiknya burung diangin-anginkan seusai dimandikan. Kemudian sangkar di kerodong agar burung dapat beristirahat.Jika memang dibutuhkan, pada malam hari dapat dilakukan terapi mandi, tentu saja dengan tetap memperhatikan kondisi dan cuaca.Sediakan teman atau pasangan untuk mengatasi lovebird agresif dan malas berkicau. Bisa dilakukan dengan mengggantung kedua sangkar secara berdekatan pada malam hari, dan jauhkan pada pagi dan siang hari agar Lovebird dapat bersuara gacor lagi. Namun, jika belum bisa memberikan atau menyediakan teman atau pasangan, cukup berikan mainan di dalam sangkarnya.

Deskripsi: Lovebird yang mengalami perubahan perilaku galak dan malas bunyi biasanya dikarenakan perawatan yang kurang tepat atau kesepian tidak memiliki kawan atau pasangan.


 

Trending artikel yang sedang hits:
  1. download suara emprit sawah