Loading...
Kenari Pengetahuan Tips

Tips menjodohkan kenari sebelum penangkaran

kenariSebelum menangkarkan kenari, salah satu hal yang harus dilakukan sebelumnya adalah menjodohkan kenari yang terdiri dari jantan dan betina. Berikut bagaimana memasangkan kenari dengan cepat.


Menjodohkan kenari dengan cepat bisa dilakukan jika burung kenari tersebut telah mempunyai umur yang cukup, dalam hal ini burung betina sudah berumur lebih dari 8 bulan sedangkan burung jantan lebih dari 1 tahun umurnya. Karena pada umur tersebut keduanya sudah memasuki usia matang kelamin.

Selain itu, pastikan pula anda memiliki sepasang kenari yang terdiri dari jantan dan betina. Untuk membedakan kenari jantan dan betina, anda bisa melihat gambar berikut ini:

Keterangan: kenari jantan mempunyai kloaka yang menonjol dan tampak lancip, sedangkan kenari betina mempunyai bentuk kloaka yang lebar, bulat dan tampak rata. Proses perjodohan


Simpan kedua burung kenari tersebut dalam sangkarnya masing-masing (terpisah), jika kenari baru pertama anda dapatkan maka selama beberapa hari sebaiknya mereka dijauhkan dahulu dan tidak saling melihat satu sama lainnya. Dengan begitu mereka akan saling sahut menyahut yang bisa membantu menjodohkan kenari dengan cepat karena birahi yang terus meningkat.

Setelah beberapa hari, dan  setelah kenari betina selalu menunjukkan sikap gelisah dan tidak mau diam ketika mendengar kicauan kenari betina, maka sudah saatnya kita mendekatkan keduanya.

Tempel sangkar mereka dengan sangat berdekatan dan posisi tenggeran keduanya yang sejajar. Selama proses tersebut terus amati perkembangan keduanya, dan sambil tetap memberikan pakan EF yang bisa meningkatkan birahi seperti telur puyuh rebus, daun hijau, dan jagung muda.

JIka keduanya mulai sering berkejaran, ditandai burung betina yang selalu mengikuti burung jantan, dan juga ketika malam harinya mereka tidur berdempetan di pinggir sangkarnya. Maka pada pagi harinya, keduanya kita tempatkan dalam kandang ternaknya yang sudah dilengkapi dengan sebuah tempat bersarang lengkap dengan bahan sarangnya.

Jika selama beberapa hari kenari jantan tidak mau juga mengawini burung betina, cobalah untuk membuat kenari jantan merasa tersaingi dengan mendekatkan kenari jantan lain yang rajin bunyi (gacor) ke sangkar mereka. Biasanya begitu melihat pesaingnya, kenari jantan akan segera mengawini burung betina.

Biarkan saja mereka berdua di kandangnya, karena seringkali terjadi beberapa proses perkawinan dalam satu hari.

Setelah beberapa hari burung betina akan mulai sibuk membenahi sarangnya, dan selanjutnya akan bertelur. Pada saat itu anda bisa mengangkat burung jantan jika diperlukan atau tetap bersama pasangannya.

Itulah bagaimana cara menjodohkan kenari dengan cepat pada saat akan menangkarkan burung kenari. Selain cara-cara tersebut , salah satu hal yang bisa membantu upaya penangkarannya berjalan sukses dan lancar adalah berusaha untuk meminimalisir gangguan terhadap mereka.

Semoga sukses

Loading...

About the author

Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Comment