Teknik melatih dan menjinakan burung kutilang bakalan

Posted on

kutilangKutilang adalah burung yang mempunyai karakter mudah beradaptasi dan mudah jinak. Saking jinaknya, burung kutilang sejak dulu banyak dipelihara tanpa menggunakan sangkar hariannya. Meski begitu cara ini tidak sebaiknya tidak dilakukan jika di lingkungan anda banyak hewan liar berkeliaran terutama kucing.

Melatih kutilang akan lebih efektif jika burung dirawat sejak berusia anakan. Tetapi karena karakternya mudah jinak, burung bakalan pun bisa dengan dilatih setelah sebelumnya diberikan terapi penjinakan. Berikut tips bagaimana menjinakkan dan melatih burung kutilang.

Menjinakkan burung kutilang bakalan

Menjinakkan burung kutilang hasil tangkapan hutan bisa dilakukan dengan sering memandikannya dengan tangan kita. Metode ini sama seperti penggemar perkutut saat memandikan burung kelangenannya.

Awalnya, burung kutilang kita pegang dan dimandikan dalam bak kecil berisi air, sambil diusap-usap. Usai mandi, burung diangin-anginkan sejenak, kemudian diberi pakan kesukaannya seperti ulat hongkong, juga dengan tangan kita. Jika hal ini dilakukan rutin, maka tidak butuh waktu lama burung menjadi jinak.

Melatih burung kutilang
Kutilang termasuk burung yang pintar. Karena itu, kita bisa melatihnya secara bertahap. Bentuk pelatihan paling dasar adalah menyuruh kutilang terbang menghampiri kita dengan kode tangan atau siulan.  Berikut bagaimana melatih burung kutilang agar mau terbang ke arah kita.

  • Keluarkan burung dari sangkarnya dengan tangan, lalu letakkan di atas sangkar dengan pelan-pelan, sambil mengusap bagian tengkuk dan kepalanya hingga burung merasa nyaman.
  • Silakan Anda berdiri dalam jarak sekitar 1 meter, lalu sodorkan ulat atau pakan lainnya sambil Anda menjentikkan jari.
  • Ketika burung terbang menghampiri dan bertengger di lengan kita, segera berikan pakannya.
  • Lakukan hal ini secara rutin, dengan jarak yang berangsur-angsur makin menjauh.
  • Jika burung makin terlatih, Anda bisa menjentikkan jari tanpa memegang pakan. Burung akan tetap menghampiri. Namun untuk membuat burung tetap pada kondisinya, biasakan memberinya pakan sebagai hadiah, ketika burung selesai melakukan apa yang kita suruh.
  • Untuk melatih burung dengan siulan, Anda bisa melakukannya hal yang sama. Namun kali ini bukan dengan menjentikkan jari, melainkan dengan siulan untuk mengambil perhatian burung.

Catatan:

Syarat pelatihan ini adalah burung masih remaja / bakalan dan sudah jinak. Lokasi latihan bisa di dalam atau luar ruangan. Yang penting lingkungan aman dari hewan predator seperti kucing.

Melatih kutilang bertengger di tempat yang kita tunjuk

Caranya hampir sama dengan melatih burung agar menghampiri kita. Hanya saja dalam latihan ini kita tidak memberikan kode tertentu, tetapi menunjuk pada suatu tempat atau lokasi burung untuk bertengger.

Misalnya ketika burung masih berada di atas sangkar, arahkan pakannya pada pundak Anda. Setelah burung menghampiri dan bertengger di pundak Anda, segera berikan pakannya. Lakukan hal ini secara rutin.

Jika burung sudah mulai terlatih, Anda bisa menunjuk pundak meski tanpa memegang pakan. Burung pun akan mulai mengerti dan langsung menuju ke pundak Anda, setelah itu berikan pakan sebagai hadiahnya.  Lakukan hal yang sama pada lokasi lain yang Anda inginkan.

Itulah beberapa cara melatih burung kutilang. Dengan memiliki burung terlatih, Anda tentu makin semangat untuk merawat dan terus melatihnya pada tingkatan yang lebih rumit.

Trending artikel yang sedang hits:
  1. Burung kutilang
  2. cara melatih burung kutilang
  3. anakan kutilang
  4. kutilang jinak
  5. makanan burung kutilang
  6. jenis kutilang yang bagus
  7. cara merawat burung kutilang
  8. harga burung kutilang
  9. kutilang
  10. cara merawat kutilang lolohan
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *