Sempur Hujan Darat, Burung kecil yang Langka

Posted on
 
Namanya unik, sempur-hujan darat atau di dunia internasional dikenal dengan nama Black and Yellow Broadbill (Eurylaimus ochromalus). 
Warna bulunya klasik. Hitam mendominasi bagian atas yang disisipi kuning pada sayap dan bintik putih pada ujung ekor. Bagian bawahnya merah jambu bergradasi dengan pita hitam melintang di dada atas.
Ukurannya juga mungil, sekitar 15 cm. Meski begitu, suaranya melengking dan mudah dikenal. Namun jangan sampai salah, sepintas suaranya mirip dengan sempur-hujan rimba. 
Perbedaannya adalah Eurylaimus ochromalus ini tidak mengawali kicauannya dengan siulan pendahuluan atau suara yang perlahan menghilang.
 
 
Sempur-hujan darat secara global tersebar di Semenanjung Malaysia, Sumatera dan Kalimantan. Kebiasaannya di hutan adalah memburu serangga dari tenggeran yang rendah serta senang berlama-lama di tajuk bagian bawah atau atas pepohonan. 
Jenis ini termasuk dalam suku Eurylaimidae yaitu suku burung Asia dan Afrika yang sedikit anggotanya namun memiliki bulu warna-warni. Beberapa jenisnya merupakan pemakan buah-buahan.
Burung ini masuk dalam kategori Near Threatened (NT) atau Nyaris Terancam dalam Daftar Merah IUCN.
Trending artikel yang sedang hits:
  1. burung kecil langka
  2. burung langka
  3. burung kecil suara merdu
  4. makanan sempur hujan darat
  5. Burung kecil
  6. burung sempur hujan
  7. harga sempur hujan darat
  8. Burung kecil unik
  9. burung kicauan langka
  10. makanan sempur hujan sungai