Loading...
Lovebird

Sekali lagi Mengenai Cara Membedakan Labet Jantan dan Betina

Burung labet atau love bird, merupakan salah satu burung yang banyak digemari untuk dipelihara. Hal tersebut karena burung ini memiliki tubuh yang cantik serta suara yang merdu. Umumnya, jenis burung labet yang sering diikutkan dalam perlombaan adalah burung labet jantan. Sebab, kicauan dan ketahanan fisiknya lebih baik dari pada yang betina.

Gambar Labet

Gambar Labet

Lalu bagaimana cara membedakan labet jantan dan betina? Dengan melihat ciri labet jantan dan betina, tentunya Anda bisa melihat perbedaannya. Caranya yaitu:

Bentuk paruh

Jika dilihat dari paruhnya, Anda bisa melihat perbedaan labet jantan dan betina. Yaitu, pada labet jantan memiliki paruh dengan bentuk yang langsing, kecil, mancung dan runcing. Sedangkan ciri-ciri labet betina yaitu memiliki bentuk paruh yang lebih besar, lebar dan tumpul.

Bentuk fisiknya

Dari ukuran tubuhnya, Anda juga bisa melihat perbedaan labet jantan dan betina. Ciri-ciri labet betina yaitu memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan labet jantan. Sedangkan kepalanya, labet jantan lebih datar sedangkan labet betina lebih melengkung.

Bentuk sayap

Ketika burung labet sedang diam atau tak menggerakan sayapnya, coba perhatikan. Jika ujung sayapnya menyilang maka itu merupakan labet jantan, dan jika memiliki sayap dengan ujungnya yang tak menyilang maka itu merupakan labet betina.

Bagian ekor

Perbedaan labet jantan dan betina selanjutnya yaitu dengan melihat bagian ekornya. Biasanya labet jantan mempunyai ekor yang lancip dan runcing. Sedangkan labet betinanya memiliki ekor yang lebar dan rata.

Gambar Labet Biola

Gambar Labet Biola

Janis burung labet sendiri banyak macamnya. Sebelum Anda mengamati jenis kelamin burung labet, tentunya Anda harus menentukan jenis burung abet yang akan Anda beli. Dengan demikian, maka tak heran jika banyak yang mencari informasi tentang  jenis labet dan harganya.

Beberapa jenis lebat yang bisa Anda temukan yaitu:

Gambar Labet Batman

Gambar Labet Batman

Seperti halnya dengan namanya yaitu labet batman, maka warna labet ini yaitu abu-abu dan putih. Bahkan ketika telah dewasa, warnanya akan menjadi hitam dan gelap, sehingga benar-benar terlihat seperti batman.

Gambar Labet Pastel Violet

Gambar Labet Pastel Violet

Labet pastel olive merupakan satu diantara tiga jenis labet warna hijau. Diantarnya yaitu hijau standar atau wide colour, dark green atau dan double dark green atau olive. Sehingga bila Anda melihat labet dengan warna hijau yang sangat tua, maka itu merupakan jenis labet pastel olive

Gambar Labet Pastel Biru

Gambar Labet Pastel Biru

Seperti namanya, labet pastel biru ini memiliki burung dengan warna biru muda yang mencolok dan sangat indah. Dengan warna kalem dan lembung, membuat jenis labet ini juga banyak digemari pecinta labet belakangan ini.

Gambar Labet Pastel Ijo

Gambar Labet Pastel Ijo

Labet pasjo atau pastel ijo banyak dimintai, sebab warnanya memang cantik. Ciri khas dari jenis labet ini yaitu memiliki bulu dengan warna pastel ijo serta dengan kombinasi warna kekuningan.

Selain beberapa jenis burung labet yang dijelaskan tersebut, tentunya masih banyak lagi jenis labet lainnya yang sesuai dengan warna labet. Misalnya ada labet kuning, labet hijau, labet merah, labet pastel kuning, labet albino dan masih banyak lainnya.

Trending artikel yang sedang hits:

  1. manfaat sawi putih buat lovebird
Loading...

About the author

Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Comment