Sarang Burung Murai batu Dari Bahan Palem

9

Sebanarnya untuk membuat sarang Murai Batu tidaklah masalah apa pun bahan pembuatnya, yang tepenting sarang tersebut haruslah nyaman dan enak ditinggali oleh Murai tersebut. Umumnya, seekor Murai Batu mempunyai sarang berbentuk lingkarang, dan tak sedikit juga yang berbentuk kotak. Ya kotak, memang terkandang seorang breeder memakai glodok atau sarang yang berbentuk kotak.

Sedangkan untuk bahannya sendiri merupakan kayau atau multipleks. Lalu, adakah bahan lain yang cukup nyaman untuk sarang Murai? Ada, beberapa breeder menjalankan beberapa inovasi di sarang Murai, dan Disorientasi satunya merupakan sarang Murai Batu dari bahan palem. Untuk mengetahui lebih jauh, berikut merupakan penjelasannya.

Baca Juga:  Tips perawatan murai batu bakalan untuk pemula
sarang murai batu, sarang murai


Membuat Sarang Murai Batu Dari Bahan Palem
Palem merupakan Disorientasi satu jenis Flora yang mempunyai banyak fungsi, termasuk untuk sarang Murai. bagus daun ataupun Ebonit palem, keduanya Bisa kalian jadikan sebagai bahan utama pembuat sarang Murai.

Lalu, bagaimana dengan kenyamannya? bila berbicara mengenai kenyamanan, itu tergantung dari kondisi kandang dan lingkungan sekitar kandang itu sendiri. apa pun bahannya, tapi bila memang temperatur sekitar kandang tak nyaman, maka Bisa dibilang sarang pun akan tak nyaman pula.

Tapi yang jelas, gunakannya bahan yang sekiranya tak terlalu panas, dan mampu untuk menahan dingin. Lalu, apakah bahan tersebut? Untuk bahan dengan kriteria tersebut, kalian Bisa memakai Ebonit palem. adapun cara pembembuatan sarang Murai Batu dari bahan palem ini merupakan sebagai berikut:

Baca Juga:  Tips Memilih Murai Trotol yang bagus

1. Siapkan Ebonit palem, lalu potong dengan ukuran 40 cm.
2. setelah itu boboklah isi Ebonit palem, lalu keluarkan isinya. Pastikan seluruh isi Ebonit tersebut keluar dan kosong.
3. Setelah seluruh isi Ebonit tak ada, kalian Bisa lanjutkan dengan melubangi permukaan Ebonit tersebut. di karenakan lubang ini akan difungsikan sebagai pintu masuk untuk sang Murai. Tapi ingat, lubangi permukaan Ebonit dengan ukuran yang ideal dan pas dengan ukuran tubuh burung tersebut.
4. bila permukaan Ebonit sudah terlubangi, kalian Bisa tambahkan tripleks di bagian atas dan bawah Ebonit. Triplek di sini akan berfungsi sebagai Epilog Ebonit, dengan cara begitu Ebonit tersebut akan melindungi Murai dari udara dingin.
5. Setelah sudah tertutupi, kalian Bisa memasukan bahan-bahan untuk sarang murai ke dalam Ebonit tadi.
6. Dan sarang pun siap di tempati.

Baca Juga:  Cara memilih dan membedakan murai batu jantan dan betina

Tapi ingat, dalam membuat sarang Murai Batu dari bahan palem ini wajib disesuaikan dengan kondisi kandang. Selain itu, kalian juga wajib menempatkan sarang di tempat yang ideal, artinya tak terlalu panas, tak terjangkau Fauna lain, dan terhindar dari paparan udara dingin.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here