Pilih Lovebird Paruh Merah Atau Lovebird Paruh Putih

Posted on

Ketika membicarakan masalah paruh burung, Lovebird memiliki dua jenis warna paruh yang unik, yakni merah dan putih. Masing-masing warna Lovebird tersebut mempunyai karakter yang berbeda. Apabila Anda disuruh memilih antara Lovebird paruh merah dan Lovebird paruh putih, Anda pilih yang mana?

Dalam hal ini, tentu kicau mania di seluruh nusantara mempunyai alasan yang tak sama. Ada yang memilih Lovebird paruh merah karena mudah dalam perawatan. Ada pula yang memilih Lovebird paruh putih karena mempunyai durasi ngekek lebih panjang.

Semua jenis Lovebird memang memiliki kelebihan dan kekurangan. Begitu juga dengan Lovebird paruh merah dan Lovebird paruh putih. Maka dari itu, mari kita bahas satu persatu, mulai dari kelebihan dan kekurangan Lovebird paruh merah.

Lovebird Paruh merah
Lovebird Paruh merah

Kelebihan Lovebird paruh merah

  • Lovebird paruh merah lebih sering menang di hampir semua gantangan atau lomba di Indonesia.
  • Setingan Lovebird paruh merah lebih mudah.
  • Lovebird paruh merah 75 persen menyukai penjemuran.
  • Lovebird paruh merah suka cuaca panas.
  • Lovebird paruh merah mempunyai gaya ngekek yang khas yaitu kepala ke belakang, ndangak, atau ndeglak.
  • Lovebird paruh merah usia paud sudah aktif turun ke lapangan.
  • Umumnya Lovebird paruh merah memiliki karakter petarung atau fighter.
  • Lovebird paruh merah lebih cepat mapan dan stabil.
  • Lovebird paruh merah mempunyai beberapa tipe ngekek di antaranya 50 persen rajin ngekek pendek, 25 persen rajin ngekek menengah, 15 persen ngekek panjang tapi ngetem lama, dan 10 persen rajin ngekek panjang.

Kekurangan Lovebird paruh merah

  • Lovebird paruh merah mudah stres dan gampang birahi.
  • Lovebird paruh merah mengikuti lawan yang fighter tapi jika lawan diam, dia ikut diam.
  • Lovebird paruh merah mudah naik birahi dan over birahi.
  • Lovebird paruh merah lebih cepat mapan, tapi waktu gantang terbatas karena harus produksi anak atau kawin.
  • Apabila musim penghujan atau dingin, Lovebird paruh merah cenderung tidak mau kerja.
  • Lovebird paruh merah mau kerja di lapangan jika diberi EF atau Extra Fooding terlebih dahulu.
  • Umumnya harga Lovebird paruh merah lebih murah, tapi tergantung kualitas dan kemampuan di lapangan.

Setelah membahas kelebihan dan kelemahan Lovebird paruh merah, sekarang saatnya membahas kelebihan dan kekurangan Lovebird paruh putih.

Jangan kaget, jika kedua jenis warna paruh Lovebird ini mempunyai perbedaan yang signifikan. Bahkan, beberapa poin justru terlihat berkebalikan, misal Lovebird paruh merah suka cuaca panas dan hangat, sementara Lovebird paruh putih suka ngekek saat cuaca dingin dan sejuk.

Lovebird Paruh Putih
Lovebird Paruh Putih

Kelebihan Lovebird paruh putih

  • Lovebird paruh putih mempunyai durasi ngekek yang panjang kurang lebih 75 persen.
  • Umumnya Lovebird paruh putih mempunyai volume yang lebih kasar dan keras.
  • Jika suasana hati (mood) Lovebird paruh putih sedang bagus, dia akan mengeluarkan seluruh performa dan kemampuannya.
  • Lovebird paruh putih mudah gacor dan aktif di lapangan.
  • Lovebird paruh putih menyukai cuaca dingin dan sejuk seperti musim hujan.
  • Lovebird paruh putih biasanya ngekek sambil berdiri tegap.
  • Lovebird paruh putih usia balibu sudah aktif dan bisa turun di lapangan.
  • Lovebird paruh putih memiliki warna yang bagus

Kekurangan Lovebird paruh putih

  • Lovebird paruh putih memang mempunyai durasi ngekek yang panjang tetapi terlalu banyak ngetem atau diam saat dilombakan.
  • Lovebird paruh putih memiliki performa angin-anginan, maksudnya kadang kerja bagus, kadang biasa.
  • Lovebird paruh putih lebih agresif saat dilombakan.
  • Karakter Lovebird paruh putih kurang fighter.
  • Lovebird paruh putih lebih lama dalam menaikkan birahi.
  • Lovebird paruh putih membutuhkan kesabaran dalam menuju ke titik kemapanan.
  • Lovebird paruh putih sulit kerja jika cuaca panas.
  • Lovebird paruh putih biasanya perlu ditrek dulu sebelum naik gantangan.
  • Harga Lovebird paruh putih relatif lebih mahal.

Mengenal Dekat Karakter Burung Love Bird Paruh Putih

Untuk anda yang belum Mengenal Dekat Karakter dari jenis Burung Love Bird yang memiliki warna Paruh Putih pada kesempatan kali ini akan memberikan informasi untuk anda. pada umumnya jenis dari burung love bird yang memiliki warna paruh putih ini kebanyakan sangat suka sekali di panasi sebelum mereka di turunkan pada ajang arena perlombaan. akan tetapi kekurangan dari burung love bird jenis ini yaitu burung jenis ini tentunya sangat susah sekali dalam hal ngekek dengan durasi yang panjang. dan masalah seperti ini bisa anda atasi dengan cara di angin – anginkan terlebih dahulu sebelum perlomban di mulai, maka dari itu tentunya jenis dari Burung Love Bird yang memiliki warna Paruh Putih ini jarang menjuarai perlombaan.

Nilai Plus – Minus, Setelan dan cara perawatan lovebird paruh putih

Nilai Minus lovebird paruh putih

1. Lovebird paruh putih sulit di tebak karakternya

Karakter ini yang paling membingungkan lovebird paruh putih di gantangan terkadang mau tampil bagus dari awal hingga akhir tapi di lain hari lovebird paruh putih tidak mau tampil sedikitpun ini di pengaruhi dari mod lovebird paruh putih yang tidak setabil bahkan ketika berada di rumah gacor rajin ngekek tidak menjamin lovebird paruh putih mau tampil maksimal di gantangan hal ini yang paling sering di temukan pada lovebird paruh putih.

2. Lovebird paruh putih ngekek di jeruji

Mencari ke cocokan pangkringan lovebird paruh putih juga cukup sulit walaupun sobat telah mengutak ngatik pangkringan lovebird paruh putih tetap narik di jeruji sehingga mengurangi nilai di mata juri

3. Lovebird paruh putih gacor di rumah gembos di lomba

Ya ini lah kebiasaan lovebird paruh putih ketika di rumah narik-narik panjang dan ketika di trek pun jalan yang bikin bingung kenapa di gantangan tidak mau tampil hanya mompa-mompa saja.

4. Kurang fighter

Banyak yang beranggapan lovebird paruh putih tidak memiliki mental yang bagus sebagai burung lomba bisa saja itu benar tapi tidak 100% karena banyak lovebird paruh putih yang juga moncer di lomba lokal dan nasional tentu ini menjadi bukti nyata bahwa perawatan yang terpenting dan genetik dari burung lovebird itu sendiri

Nilai Plus lovebird paruh putih

1. Volume lovebird paruh putih cukup pedas

Kebanyakan lovebird paruh putih memiliki suara yang nyaring di atas rata-rata lovebird lain meskipun tidak semua lovebird paruh putih memiliki karakter suara seperti ini hanya saja dominan lovebird paruh putih memiliki volume yang lebih kasar dan keras.

2. Jika modnya sedang bagus tampil akan tampil maksimal

Lovebird paru putih bilamana modnya sedang bagus akan mengeluarkan seluruh performanya bisa di sebut tidak setengah setengah ini ke unggulan paling menarik yang ada pada lovebird paruh putih.

3. Lovebird paruh putih memiliki warna yang menarik

Lovebird paruh putih memang memiliki ke unggualan yang tidak bisa dilihat hanya dari performa di gantangan saja tapi dari fisik lovebird paruh putih memang lebih sejuk di pandang dan memiliki harga jual di atas lovebird jenis pastel lainya.

4. Harganya lebih mahal ketimbang warna pastel

Sepertinya ini lebih cocok untuk breeding lovebird memilih lovebird paruh putih akan meningkatkan pemasukan meskipun perawatanya tetap sama dengan jenis lovebird lain akan sangat menuntungkan bukan.

Misteri perawatan lovebird paruh putih

  • Karena sulitnya menebak karakter burung lovebird paruh putih sering di bilang burung ghoib kadang mau tampil bagus dan kadang tidak mau tampil sama sekali
  •  Lovebird paruh putih memiliki keunikan dalam setiap settinganya mulai dari pakan dan porsi penjemuran lovebird paruh putih biasanya lebih tinggi dari lovebird berparuh merah.

Perawatan lovebird paruh putih

  • Keluarkan lovebird paruh putih pukul 07.00 untuk di angin-anginkan selama 15 menit jika lovebird paruh putih sudah pukul 07.15 mandikan lovebird paruh putih hingga kuyup pemandian dilakukan sesuai dengan kebiasaan lovebird sobat bisa dengan cepuk atau dengan sprayer setelah lovebird mandi biarkan hingga bulu-bulu kering kira-kira pukul 08.00 jemur lovebird paruh putih 1-1.5 jam saja.
  • Setelah penjemuran berikan 2 butir jagung muda bisa juga dengan separuh daun sawi putih berikan juga 1 tetes vitamin di air minum lovebird paruh putih dan biarkan 15 menit kemudian kerodong kembali lovebird sobat.
  • Settingan lomba lovebird paruh putih di lakukan sejak H-3 lovebird paruh putih sudah tidak di mandikan dan full krodong di H-2 lovebird paruh putih juga tidak perlu di mandikan porsi pakan tetap dengan perawatan harian di H-1 berikan 5 butir jagung muda di pagi hari dan 5 butir di sore hari dan di mandikan di malam hari.
  • Di hari H keluarkan lovebird sebelum mengeluarkan lovebird lain lihat birahi dan modnya jika lovebird paruh putih mulai narik-narik panjang kerodong kembali hingga menuju arena perlombaan ,tapi jika di hari H lovebird sobat narik – narik pendek mandikan lovebird paruh putih cukup sedikit basah saja tunggu hingga kering dan kerodong.
  • Di arena lomba buka kerodong lovebird sobat biarkan beradaptasi dengan lingkungan jika mau narik-narik panjang kerodong lagi dan tunggu hingga sesi lovebird di mulai.

Demikian perbedaan Lovebird paruh merah vs Lovebird paruh putih. Jika diminta untuk memilih salah satu, Anda pilih yang mana? Anda juga bisa berbagi pengalaman, apabila Anda sudah mempunyai peliharaan Lovebird paruh merah atau Lovebird paruh putih.

Trending artikel yang sedang hits:
  1. gambar lovebird paruh putih anakan
  2. settingan lovebird paruh merah untuk lomba
  3. ciri anakan lovebird paruh putih dan merah
  4. cara mengobati luka diatas paruh burung kacer
  5. kacer paruh atas lebih panjang
  6. cindil labet
  7. umur berapa paruh ciblek hitam
  8. cara cepat membuat burung opior paruh tebal bunyi dan gacor
  9. ciri bayi lovebird paruh putih
  10. https://yandex ru/clck/jsredir?from=yandex ru;search;web;;&text=&etext=1830 Czo3e4hSJUA1-gKKa7XPwDKD7LsXwpK5xcS7oD3eC2Q47mEhCzxHSLjheYNdmrls dbd98f5345090069bcf43ce5bba37ddb52aab531&uuid=&state=_BLhILn4SxNIvvL0W45KSic66uCIg23qh8iRG98qeIXme