PerbedaanSingkat Burung Blackthroat dan Sanger

Posted on
Budidaya burung sanger
Burung Sanger


Untuk mengetahui  dan membedakan burung Blackthroat dengan burung sanger bisa kita memperhatikan dan lihat dalam beberapa hal :
UKURAN TUBUH
Ciri fisik yang pertama untuk membedakan burung tersebut adalah dari ukuran badannya, Jika burung Blackthroat berukuran antara 12 – 15 cm, maka burung elder sanger berkisar antara 10 – 12 cm.
EKOR
Pada burung jenis Blackthroat terdapat warna kuning mencolok, sedangkan burung jenis sanger warna ekor putih bersih (seperti kapas, atau warna putih dibagian atas ekor murai batu)


budidaya burung blackthroat
burung blackthroat


POLA WARNA
Burung Blackthroat berpola hitam dan nampak lebih tegas dengan pembatas warna hijau kekuningan seperti warna stabilo pada setiap sisi luar sayapnya.
Untuk pola warna burung sanger berwarna hitam tanpa warna pembatas. Untuk warna dasar burung sanger adalah abu – abu, sedangkan  burung Blackthroat warna dasar cenderung putih keabu – abuan atau pada daerah tertentu Blackthroat berwarna kecoklatan. Warna dasar ini juga dapat menjadi alasan mengapa warna hitam Blackthroat tampak lebih jelas.
 
SUARA
Jika kita sudah terbiasa mendengar salah satu suara kedua burung tersebut, akan sulit untuk membedakan. namun, jika kita sudah terbiasa mendengar suara keduanya secara bersamaan, maka akan terdengar perbedaan karakter irama lagu kedua jenis burung ini.
 
Burung Blackthroat memiliki karakter suara yang lebih jelas pada perubahan intonasi nada, atau dalam kata alain memilik cengkok ( sedotan) yang jelas dengan nada yang lebih dinamis dan power yang lebih kuat atau suara yang lebih keras. Jika dikonotasikan dengan tangga nada maka dapat berpola 11723711723711727……dst, ada lonjakan perbedaan nada yang jelas.
 
Pada Burung sanger, lebih mengandalkan pada kecocokan atau roll yang panjang dengan dinamisasi nada yang lebih rata, namun panjang dan senantiasa bervariasi, namun tidak tiba-tiba berubah, yaitu seperti : 111222444221112244422.
 
Demikianlah Beberapa cara untuk membedakan burung Jenis Blackhtroat dengan jenis sanger, semoga bisa membantu.

Sedangkan dalam bahasa ilmiah Edel Sanger si pemakan biji-bijian yang berperawakan kecil ini dinamakan crithagra leucopygius atau serinus leucopygius. Pengicau satu ini asli nya berasal dari Afrika. Adapun habitat aslinya yaitu padang rumput kering, perkebunan bahkan prekampungan penduduk seperti artikel pada laman Wikipedia.


Namun bila kita tertarik dan ingin membeli edel sanger, kini kita Bisa mendapatkannya dari peternak sanger di Indonesia. Walaupun penangkar dan populasi sanger di tanah air tak sebanyak kenari dan blackthroat. Jadi sedikit dibutuhkan usaha untuk mencarinya ke penjual.

Trending artikel yang sedang hits:
  1. pancingan burung blackhroat
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *