Loading...
Pengetahuan

Perawatan Murai Batu Mabung – Ekor


Gudang Burung – Mabung, seperti kebiasaan tahunan bagi setiap burung yang aktif terbang dengan sayapnya. Mabung adalah proses pelepasan lapisan bulu lama yang diganti dengan lapisan bulu pengganti ataupun bulu yang lebih baru.Ini juga terjadi dengan Murai Batu.
Biasanya Murai Batu mulai mabung setelah memasuki usia 1 tahun atau lebih. Biasanya ketika mabung, Murai Batu perlu mendapatkan perhatian lebih oleh si empunya burung. Yang tak akan pernah luput dari perhatiannya adalah ekor Murai Batu yang terkenal eksotik serta lentik. Para penggemar Murai Batu terkadang merasa was-was jika Murai Batunya mabung, tetapi ekornya tumbuh tidak sebagus sebelum mabung.
Dalam keadaan mabung yang normal, Murai Batu akan menyisakan bulu berwarna putih yang berada di bawah bulu utama yang panjang dan berwarna hitam. Bulu ekor yang berwarna putih ini diyakini sebagai penyangga bagi ekor utama yang akan tumbuh nantinya.
Tak hanya sebatas itu saja, bulu ekor yang berwarna putih ini juga diyakini menjaga serta melindungi keutuhan dan kerapian dari pertumbuhan ekor utama burung. Ekor putih ini nantinya juga akan jatuh dengan sendirinya ketika ekor utama burung mulai sedikit panjang dan terlihat kokoh, sehingga tidak perlu untuk disangga.
Demikian sedikit tips yang dapat saya bagikan. Bukan bermaksud menggurui, hanya sekedar berbagi tentang pengalaman pribadi serta pengalaman teman-teman penghobi burung kicau yang lain. Salam kicau. (rsp)

About the author

Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Comment