Home / Pengetahuan / Tips / Perawatan Burung Kacer Yang Baik

Perawatan Burung Kacer Yang Baik

Burung kacer pada dasarnya merupakan jenis burung hutan, maka dari itu diperlukan cara merawat burung kacer yang baik biar jinak dan cepat berkicau. Kesulitan baik dalam merawat maupun menangkar burung kacer sudah menjadi masalah klasik dikalangan penggemar burung. Cara merawat burung kacer yang baik tidak hanya semata-mata untuk mendapat kepuasan atas keindahan kicauannya, namun juga agar mereka tetap sehat selalu. Dan kali ini kami akan memberikan tips memilih burung buat jadi juara pada lomba dan juga cara perawatannya yang baik.

burung-kacer

Sebenarnya ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam pemilihan bahan atau bakalan pada burung kacer yang akan anda jadikan peliharaan yang baik dalam segi kicauannya:

ciri-ciri burung Kacer jantan dapat dilihat warna bulu hitam yang tegas mengkilap dan kontras. Atau agar anda gampang membedakannya tinggal dilihat postinyan kami sebelumnya yang menjelaskan perbedaan jantan dan betina dari burung kacer tersebut.

Sebaiknya pilih bentuk paruh burung kacer anda yang berpangkal lebar, tebal, besar dan panjang. Paruh bagian bawah harus lurus. Jangan memilih bahan yang memiliki paruh bengkok. Posisi lubang hidung pilih sedekat mungkin dengan posisi mata.

Kepala berbentuk kotak, mata bulat besar dan melotot

Ini menandakan burung ini mempunyai mental tempur yang baik karena dengan postur kepala biasanya menandakan burung yang kuat mental.

Anda pilihlah bahan yang berpostur sedang dengan panjang leher, badan dan ekor serta kaki yang serasi. Jangan memilih bahan yang berleher dan berbadan pendek. Karena biasanya mempengaruhi dalam kicauannya.

Sayap mengepit rapat dan kaki mencengkram kuat

Sebenarnya ini menandakan bahan tersebut  sehat. Pilihlah Kaki yang besar dan terlihat kering. Warna kaki tidak berpengaruh terhadap mental burung.

Lincah dan bernafsu makan besar

Burung yang seperti ini biasanya memiliki mental yang baik buat dijadikan atau diikut lombakan dalam perlombaan burung.

Menandakan burung ini akan mengeluarkan power suara secara maksimal, karena postur seperti ini memiliki suara yang keras dan kuat.

Selanjutnya inilah cara perawatan yang baik buat burung kacer seperti yang sudah anda pilih seperti yang sudah dijelaskan diatas:

BKacer

Setiap pagi hari jam 07.00 samapai 07.30 burung kacer diangin-anginkan di teras.Setelan itu burung dimandikan. Bisa pakai karamba mandi atau semprot, tergantung pada kebiasaan anda.Selanjutnya bersihkan kandang setiap hari dan ganti atau tambahkan Voer dan air minum.Berikan Jangkrik 3 ekor pada cepuk EF. Jangan pernah memberikan Jangkrik secara langsung pada burung.Pada saat penjemuran dapat dilakukan selama 1-2 jam/hari mulai pukul 08.00-11.00. Selama penjemuran, sebaiknya burung tidak melihat burung sejenis.Setelah dijemur, angin-anginkan kembali burung tersebut diteras selama 10 hingga 15 menitSelanjutnya burung bisa istirahat atau diperdengarkan suara master untuk melatih suara burung tersebut. Pada saat itu sebaiknya sangkar dikerodong.Pada sore harinya jam 15.30 burung diangin-anginkan kembali diteras, boleh dimandikan bila perlu.Setelah memandikan tinggal berikan Jangkrik 2-5 ekor, kroto atau yang lainnya pada cepuk EF.Terakhir Jam 18.00 burung kembali dikerodong dan diperdengarkan suara Masterselama masa istirahat sampai pagi harinya.

Catatan Pemberian Extra Food

Pemberian Cacing diberikan 1 ekor 2x seminggu.Kroto segar diberikan 1 sendok makan maksimal 4x seminggu.Pengumbaran di kandang umbaran dapat dilakukan 4 jam perhari selama 4 hari dalam seminggu.Berikan Multivitamin yang dicampur pada air minum seminggu sekali saja.

Penanganan Pada Saat Over Birahi

Pangkas porsi Jangkrik menjadi 2 pagi dan 2 soreLakukan pengembunan (jam 05.30-06.00)Berikan Cacing 2 ekor 2x semingguFrekuensi mandi dibuat lebih sering, misalnya pagi-siang dan soreLamanya penjemuran dikurangi menjadi 30 menit/hari sajaWaktu pengumbaran dibuat lebih sering dan lebih lama

Penanganan Pada Saat Burung Kacer Drop

Berikan Kelabang 2 ekor seminggu sekaliTingkatkan porsi pemberian Jangkrik menjadi 5 pagi dan 5 soreMandi dibuat 2 hari sekali sajaBurung segera diisolasi, jangan melihat dan mendengar burung Kacer lain dahuluLamanya penjemuran ditambah menjadi 2-3 jam/hari

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

About Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pasang Iklan anda. Hubungi SMS 0818420218