Loading...
Kenari Pengetahuan

Pengaruh bulu rangkap pada burung kenari

Selama ini muncul anggapan bahwa burung kenari yang berbulu tebal atau rangkap termasuk jenis yang sulit untuk berkicau atau lama berkicauanya, selain itu burung itu pun susah untuk dibiakkan karena sulit untuk birahi.Nah setelah mengumpulkan beberapa …

kenari 4

Selama ini muncul anggapan bahwa burung kenari yang berbulu tebal atau rangkap termasuk jenis yang sulit untuk berkicau atau lama berkicauanya, selain itu burung itu pun susah untuk dibiakkan karena sulit untuk birahi.

Nah setelah mengumpulkan beberapa informasi dari berbagai sumber, berikut beberapa pengaruh ketebalan bulu pada burung kenari.

Anggapan yang beredar di kalangan kenari mania:

  1. Kenari dengan bulu tebal atau istilahnya “bulu rangkap,” cenderung lama untuk bisa bernyanyi secara maksimal. 
  2. Kenari dengan bulu tipis atayu istilahnya “bulu satu,” lebih cepat berbunyi dengan capaian lagu maksimal.

Cepat lambatnya kenari bunyi juga bisa dibedakan berdasarkan warna dominan pada bulu:

  1. Kenari yang memiliki warna dominan cerah (putih, kuning, orange) cenderung lama untuk bisa bernyanyi secara maksimal. 
  2. Kenari yang tidak memiliki warna dominan cerah (putih, kuning, orange) lebih cepat berbunyi dengan capaian lagu maksimal. Warna hijau-kuning.

Kelebihan dan kelemahan kenari berdasar ketebalan bulu:

  1. Kenari berbulu tebal/rangkap lebih bisa membawakan lagu dengan cengkok yang terdengar lebih jelas ketimbang kenari berbulu satu/tipis karena dalam membawakan suara hanya sedikit ditingkahi dengan gaya baik sayap, maupun jalan kanan-kiri.
  2. Kenari berbulu tipis lebih lincah dan bisa bergaya dengan mengandalkan suara-suara tembakan. 

Meski begitu tidak semua kenari berbulu tebal bisa dianggap sulit bunyi atau susah birahi, karena tergantung perawatannya terutama pemberian makanan yang mengundang birahi, vitamin, dan penjemuran bisa membuat kenari tersebut jadi lebih rajin berbunyi. 

Semoga bermanfaat

Loading...

About the author

Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Comment