Loading...
Liputan

Penelitian Cara Memahami Settingan Lovebird Lomba dalam 1 Bulan

Setiap burung Lovebird mempunyai karakter yang berbeda-beda. Maka tak heran, jika ada kicau mania yang berbagi cara mengetahui karakter Lovebird atau settingan Lovebird di media sosial, pasti hasilnya tak akan sama. Lantas, bagaimana cara memahami karakter Lovebird atau settingan Lovebird yang benar?

Yang bisa memahami karakter Lovebird dan setingan Lovebird hanya pemiliknya saja. Dengan kata lain, Anda harus belajar sendiri mengenal karakter Lovebird lengkap dengan setingannya. Nah, karena prosesnya tidak terlalu mudah, maka dibutuhkan waktu perawatan berbagai macam setingan Lovebird kurang lebih selama satu bulan.

Dalam hal ini, Om Lolik Arya Satya telah membagikan metode penelitian sederhana cara memahami settingan Lovebird di lomba atau lapangan. Dia menyebut penelitian pengenalan Settingan Lovebird di lomba dengan nama ‘Setting Lovebird System Raport‘.

Penelitian ini sama seperti penilaian siswa sekolah selama di kelas. Hanya saja, Om Lolik menggunakan metode perawatan Lovebird yang berbeda-beda setiap minggunya.

Hasil dari uji coba setingan Lovebird di lomba selama 1 minggu dievaluasi, kemudian dibandingkan dengan minggu-minggu lainnya selama 1 bulan.

Dari situ akan kelihatan, perawatan mingguan mana yang paling bagus untuk Lovebird Anda. Selain itu, Anda juga menjadi tahu karakter Lovebird dan setingan Lovebird Anda di lomba berdasarkan hasil pengamatan mingguan selama menjalani lomba satu bulan penuh.

Baca juga: 38 Cara Setting Lovebird Jantan Untuk Lomba Biar Ngekek Panjang

Menurut penuturan Om Lolik Arya Satya, settingan Lovebird yang benar bisa diketahui dengan cara membandingkan beberapa setingan Lovebird.

Contoh sederhana:

Cara mengetahui setingan Lovebird di lomba melalui penelitian (facebook.com)

Perawatan Hari Senin-Sabtu

Lovebird mandi 3 kali sehari dengan cara semprot, kemudian jemur.Pakan milet polos.EF kangkung dan jagung.

Perawatan Hari Minggu

Sebelum gantang atau lomba, Lovebird dimandikan dulu sampai basah kuyup, lalu dijemur dan dikasih kangkung.

Hasil setingan minggu pertama = 550 poin.

Perawatan Hari Senin-Sabtu

Lovebird mandi 2 kali sehari dengan cara semprot.Pakan milet polos dan Kenari seed.Tanpa EF atau Extra Fooding.Full kerodong.

Perawatan Hari Minggu

Sebelum berangkat lomba, cukup mandi pagi saja, lalu dikasih jagung muda dan dijemur selama 10 menit.

Hasil setingan minggu kedua = 850 poin.

Perawatan Hari Senin-Sabtu

Lovebird mandi 1 kali sehari dengan cara semprot, kemudian jemur.Buka kerodong dan diumbar 2 kali seminggu.EF jagung muda.

Perawatan Hari Minggu

Lovebird dimandikan dan diembunkan, lalu dikasih milet tanpa EF.

Hasil setingan minggu ketiga = 1.500 poin.

Perawatan Hari Senin-Sabtu

Lovebird mandi 4 kali seminggu dengan cara semprot, kemudian jemur.Pakan disamakan dengan sebelumnya.Buka kerodong.

Perawatan Hari Minggu

Lovebird mandi 2 kali di rumah dan di tempat lomba.

Hasil setingan minggu keempat = 600 poin.

Nah, dari sini dapat diambil kesimpulan bahwa settingan Lovebird yang bagus adalah perawatan di minggu ketiga karena Lovebird tersebut dapat poin lomba paling besar.

Selain poin, Anda juga harus membandingkan kerja Lovebird selama di gantangan atau lomba dalam satu minggu. Jadi, setiap minggu, amati perubahan perawatan setingan Lovebird, kerja Lovebird, dan hasil poinnya.

Intinya, gonta-ganti setingan Lovebird setiap minggu selama satu bulan. Anda bebas menentukan setingannya seperti berapa jumlah mandinya, apa saja jenis pakannya, atau jenis pakan tambahannya.

Setelah itu, perhatikan performa Lovebird selama lomba. Saat diberi setingan minggu pertama apakah sudah maksimal kerjanya? Kemudian bandingkan dengan setingan Lovebird di minggu kedua, ketiga, dan keempat.

Dengan begitu, Anda akan tahu setingan burung yang bagus untuk Lovebird Anda. Biasanya, kalau settingan Lovebird sudah tahu, sedikit demi sedikit akan kelihatan karakter Lovebird Anda.

Jadi, Anda bisa dengan mudah membaca karakter Lovebird tanpa harus tanya ke master Lovebird sekalipun. Cara ini bisa digunakan untuk Lovebird Paud atau Balibu dan Lovebird dewasa.

Oh iya, evaluasi Setingan Lovebird System Raport ini sebenarnya tidak harus satu bulan, Anda bisa melakukan evaluasi selama beberapa bulan sampai didapat hasil yang pas dan bagus.

Demikian penelitian cara memahami settingan Lovebird di lomba atau lapangan dalam satu bulan. Jangan pernah putus asa, jika setingan untuk minggu pertama tidak memuaskan karena bisa jadi setingan minggu kedua atau ketiga lebih memuaskan.

Trending artikel yang sedang hits:

  1. memahami karakter lovebird
  2. setingan lomba love bird jantan
  3. setingan lovebird jantan untuk lomba
  4. setting labet full kerodong balibu
Loading...

About the author

Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Comment