Loading...
Pengetahuan Perawatan Pleci Tips

Panduan seputar cara perawatan burung pleci

Panduan seputar cara perawatan burung pleci

Panduan seputar cara perawatan burung pleci

Burung pleci memang tidak seramai beberapa tahun yang lalu, tapi itu tidak berarti pleci bukan lagi burung favorit karena hingga masih banyak pleci-pleci mania yang tetap bertahan dengan burung pleci miliknya. Bahkan tidak sedikit pula yang memanfaatkan saat-saat ini untuk menangkarkan burung pleci miliknya. Untuk membangkitkan kembali kecintaan kita akan burung pleci, berikut beberapa tips dan trik seputar perawatan burung pleci.

Dalam perawatan burung pleci dan juga burung-burung jenis lainnya kita tak harus berkutat pada bentuk perawatan harian yang umum saja. Artinya kita hanya memberikan bentuk perawatan yang itu-itu saja setiap harinya, cobalah sesekali lakukan hal lain yang bervariasi yang sesuai dengan karakter dari burung tersebut. Seperti beberapa tips dan trik berikut ini yang mengulas mengenai bagaimana perawatan pleci bisa dibuat menjadi lebih bervariasi.

Tips ketika memandikan pleci
Pleci termasuk jenis burung yang sangat suka mandi, dan umumnya ketika berada di alam liar burung pleci ini akan sering terlihat mandi bersama kelompoknya. Mereka melakukan hal tersebut sebagai bentuk bersenang-senang dengan rekan-rekan koloninya. Nah, ketika kita mempunyai beberapa ekor burung pleci peliharaan, kita pun bisa membuat pleci bersenang-senang dengan semua burung pleci yang kita pelihara, dengan cara saling mengumpulkan sangkar mereka dalam bentuk lingkaran lalu memandikan burung tersebut secara bersama-sama dengan memasukkan bak mandi ke dalam sangkarnya, atau bisa juga dengan menyemprot burung pleci tersebut satu-persatu.

Selain dengan menggunakan cara di atas, burung pleci diketahui sangat menyukai guyuran air yang menerpa tubuhnya. Karena itu ketika anda hanya mempunyai satu – dua ekor burung pleci dan tidak sempat melakukan hal seperti di atas, maka anda bisa memberikan kesenangan pada pleci dengan cara yang lain, yaitu memandikan burung dalam karamba mandinya, sekaligus disemprot halus dengan semprotan/sprayer mandinya.  Hal tersebut selain merupakan bentuk memberikan kesenangan pada burung pleci juga sebagai salah satu bentuk terapi penjinakkan atau terapi membangkitkan mental pleci yang ngedrop.

Seperti disebut di atas, burung pleci sangat menyukai guyuran air yang menerpa tubuhnya. Nah, ketika kebetulan pada pagi hari hujan turun dengan intensitas yang ringan (rintik-rintik) anda bisa membawa burung pleci tersebut untuk mandi dalam karamba mandinya sambil dihujan-hujankan. Burung sangat menyukai momen-momen tersebut. Namun perlu diperhatikan bahwa guyuran air hujan yang baik dan bermanfaat adalah guyuran hujan yang dimulai pada pagi hari hingga pukul 09:30 siang, sedangkan hujan yang turun pada siang hingga sore, dan malam harinya mengandung zat asam yang tidak baik bagi tubuh.

Tips ketika menjemur burung pleci
 Burung pleci bukan termasuk jenis burung yang tahan cuaca panas, dan hal tersebut harus menjadi perhatian ketika kita hendak menjemur burung pleci milik kita dalam paparan cahaya matahari. Penjemuran pleci yang baik adalah selama 30 menit saja yang dilakukan pada pagi hari, dan 30 menit berikutnya pada sore hari ketika matahari mulai terbenam.

Selain itu burung pleci yang jarang terkena paparan sinar matahari / jarang dijemur pun kurang baik bagi kesehatannya karena pleci akan sering mengembangkan bulu-bulunya dan bisa membuat burung kegemukkan yang berakibat burung menjadi malas beraktivitas termasuk menjadi jarang berkicau.
 
Jangan remehkan burung lain di dekat sangkarnya
Hal yang perlu diperhatikan pula oleh penggemar burung pleci bahwa jangan menganggap remeh burung peliharaan yang lain ketika menggantung burung tersebut berdekatan dengan burung pleci.

Di alam liar, burung pleci bisa menjadi mangsa dari burung-burung jenis pentet, srigunting, cililin, gagak, elang, dan burung hantu. Karena itu menggantung sangkar mereka dengan saling berdekatan bisa memberikan efek yang kurang baik bagi burung pleci tersebut. Selain burung akan terus merasa tidak nyaman, burung pun akan merasa terintimidasi sehingga membuat mereka menjadi mudah stress dan burung yang tadinya jinak bisa berubah menjadi kembali liar karena dorongan dari naluri bertahan hidupnya (survive).
 
Jauhkan sangkar pleci dari keberadaan burung-burung tersebut, dan jangan anggap remeh meski anda menganggap tidak terjadi apa-apa pada mereka. Di negara tetangga saja pemilik pleci akan langsung mengamankan burung plecinya begitu mengetahui ada burung predator yang berkeliaran di halaman maupun di luar rumahnya.

Pleci senang bertemu dengan pleci lain diluar kelompoknya
Tahukah anda, cara singkat membuat pleci cepat buka paruh adalah sering mengajak pleci jalan-jalan untuk bertemu dengan burung pleci lain di luar kelompoknya atau diluar burung pleci yang selama ini selalu menemaninya di rumah.

Umumnya ketika bertemu dengan pleci lain, burung tersebut akan menunjukkan kegembiraannya dengan suara kicauan yang lebih lantang, bahkan ada sebagian burung yang loncat-loncat bahkan jumpalitan di sangkarnya untuk mengungkapkan perasaan gembiranya telah bertemu kelompok burung yang lainnya.

Bawalah pleci sekedar jalan-jalan untuk berkumpul bersama rekan-rekan satu komunitas seminggu sekali ditempat yang ditentukan, misalnya di warung-warung makanan sambil ngadon ngopi atau dilapangan sambil melatih mereka. Usahakan pula setiap seminggu sekali itu tempat berkumpul dilakukan di lokasi yang berbeda-beda, misalnya minggu pertama di warung makan, minggu kedua di lapangan, minggu ketiga di mall, dan minggu keempat bisa kembali ke warung makan, begitu seterusnya.

Putarkan suara terapi untuk pleci
Kalaupun anda tidak mempunyai waktu untuk mengajak jalan-jalan burung pleci anda setiap akhir pekan, maka anda bisa melakukan alternatif lainnya yaitu, memutarkan suara terapi alam untuk burung pleci.

Itulah beberapa tips dan trik seputar perawatan burung pleci, mudah-mudahan hal tersebut bisa menarik minat banyak penggemar burung untuk kembali meramaikan pleci mania sebagaimana beberapa tahun yang lalu.

Semoga bermanfaat
 
 
 

Trending artikel yang sedang hits:

  1. perawatan pleci
  2. foto manfaat mizone untuk pleci
Loading...

About the author

Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Comment